Dalam pencarian tren baru, Cadillac meluncurkan CTS 2003 setelah pengembangan intensif di jalur balap Nurburgring. Desainnya berubah secara radikal dari apa yang diketahui sebelumnya. Mobil tampak segar dan siap untuk mengatasi BMW 5-Series dan Mercedes-Benz E-Class. Bukan mobil tua itu terlihat. Manajemen Cadillac akhirnya mengerti bahwa pelanggan muda tidak akan membeli mobil yang tampak tua bahkan ketika itu baru. CTS berubah itu dan gaya origami adalah kejutan buruk bagi pelanggan yang lebih tua dan kabar baik untuk yang lebih muda. Dengan lampu depan vertikal dan bodywork berbentuk baji, CTS tampak stylish dan modern. Sendok persegi di bumper dipenuhi dengan lampu kabut dan lampu parkir. Grille mulai menampilkan bentuk-V yang tidak jelas di bagian bawah. Dilihat dari samping, pilar Rake A dan C membangkitkan profil yang lebih dinamis. Di dalam, trim kayu imitasi pada setir, konsol tengah, tumpukan tengah, dan panel pintu tampak bagus. Di departemen itu, Cadillac memiliki desainer yang baik dan tahu pekerjaan mereka. Sistem audio menampilkan pita-player dan CD-changer. Ada cukup ruang di depan dan di kursi belakang. Mobil itu direkayasa dengan bantuan dari insinyur Opel, yang tahu bagaimana membangun mobil dengan standar Eropa. Karena CTS menggantikan Caterta (yang merupakan Omega Opel Bad Laded dengan lebih banyak krom di atasnya), hasilnya harus berakhir. CTS ditawarkan dengan penangguhan dan drivetrain yang lebih baik. Suspensi belakang self-leveling ditawarkan sebagai opsi.