Volkswagen memperkenalkan CC sebagai coupe empat pintu sporty berdasarkan pada platform yang sama dengan Passat pada 2008 dan menyegarkannya empat tahun kemudian. Sementara versi non-facelift yang menderita karena krisis keuangan dunia, facelift diperkenalkan ketika pasar tumbuh, dan seharusnya memiliki kesuksesan yang lebih baik. Tetapi Volkswagen menjual kurang dari yang diharapkan. Pada 2012, pembuat mobil berbasis Wolfsburg sudah mulai mengubah bahasa desainnya, dan CC 2008 tidak cocok. Para desainer harus membuat itu terjadi dan memasang fascia depan baru, dengan lampu depan yang berisi lampu berjalan siang hari di sisi luar mereka. Kisi-kisi-kisi-kisi trapesium terbalik dengan tiga bilah horizontal krom meningkatkan tampilan ujung depan yang sempit. Seperti versi non-facelifted, CC 2012 mengklestasi pilar A-Racar dan garis atap melengkung ke arah kaca depan dan tutup bagasi yang miring. Carmaker membangun CC dengan pintu tanpa bingkai untuk meningkatkan sensasi seperti coupe. Itu berhasil, tetapi interiornya mengecewakan karena ruang kepala yang sangat terbatas, terutama untuk kursi belakang. Desain dan kursi dasbornya menyerupai terlalu banyak dengan passat biasa, dan itu ok untuk sedan reguler, tetapi tidak untuk coupe empat pintu. CC berlari pada platform yang sama dengan passat tetapi dengan pengaturan peredam kaku. Tetapi distribusi berat badan kurang beruntung untuk sedan-olahraga. Volkswagen menawarkan CC dengan rentang mesin yang sangat luas, baik bensin, dan diesel.