window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan!

Harry · 22 Mei, 2021 12:00

Akhir pekan seperti saat ini merupakan waktu yang kerap diisi dengan merawat kuda besi kesayangan. Setelah sehari-hari dipakai beraktivitas, saatnya sedikit memanjakan teman seperjalanan ini, dengan mencucinya.

Tapi dalam proses mencuci motor, tak cukup hanya bodi saja yang dibersihkan, area mesin juga penting. Karena mesin yang kotor akan memperlambat proses pelepasan panas mesin, apalagi jika motor Anda masih berpendingin udara.

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan! 01

Area  mesin kerap luput dibersihkan.

Memang membersihkan area mesin ini lebih sulit karena posisinya dan banyak celah-celah sempit yang sudah dijangkau. Tak heran banyak yang hanya sekenanya saja membersihkan area ini.

Selain menggunakan sabun cuci motor dan sikat, alternatif lainnya bisa menggunakan engine degreaser untuk merontokkan kotoran mesin. Tapi kala membersihkan area jantung pacu dengan chemical tersebut juga harus sembari mencuci motor ya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Ban Tubeless Sepeda Motor Sering Kempis? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

"Ini supaya chemical yang menempel bisa dibersihkan sempurna, sehingga tidak meninggalkan sisa chemical yang bisa mengakibatkan bercak atau noda pada mesin," papar Oki Deni S, Technical Trainer SCT Motodetailing dalam keterangannya.

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan! 01

Membersihkan mesin baiknya saat mencuci motor.

Penggunaan engine dreaser pun tak bisa sembarangan, jika terdapat area mesin yang dicat, baiknya chemical tadi dicampur air dengan perbandingan 1:1. "Supaya konsentrat kimia tadi tidak terlalu kental karena bisa merusak cat," sambung Oki.

Proses Membersihkan

Langkah awal, pastikan mesin dalam kondisi dingin. Tak disarakan motor yang baru dipakai langsung dicuci, apalagi area mesin langsung diberikan engine degreaser karena akan langsung menguap.

Jika mesin telah dingin, semprot atau oleskan engine degreaser tadi. Lanjutkan dengan menyikat mesin menggunakan kuas. Bilas segera jika area yang dibersihkan telah bebas dari kotoran.

Baca juga : Perlukah Honda ADV 150 Hingga Yamaha Aerox 155 Connected Pakai Oli Spesifikasi Khusus?

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan! 02

Engine degreaser mempermudah saat bersihkan area mesin.

"Kalau mesin tidak dilapis coating atau cat, bisa langsung semprot engine degreaser dan sikat dengan kuas," saran Oki yang merekomendasikan SCT Blackseries sebagai engine degreaser-nya.

"Membersihkan area mesin motor pakai engine degreaser ini jadi lebih mudah. Harganya pun terjangkau, hanya Rp 120 ribu saja," bebernya. Setelah kotoran hilang, bilas dengan air bersih untuk meluruhkan sisa-sisa chemical.

Baca juga : Konsumsi Bensin Honda Scoopy Tiba-Tiba Boros? Coba Cek Businya

SCT Motodetailing Kalisari

Jika tak mau repot, Anda bisa membawa kuda besi kesayangan ke tempat-tempat perawatan motor, salah satunya SCT Motodetailing yang baru saja membuka cabang baru di Kalisari, Jakarta Timur yang merupakan cabang ke-10.

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan! 03

Berbagai layanan diberikan, seperti paket detailing.

Menempati lahan seluas 6x15 m2 , SCT Kalisari mampu menampung sebanyak tiga unit sepeda motor untuk layanan Cuci dan Salon. Sedangkan untuk treatment nano ceramic 9H mampu menampung hingga enam unit sepeda motor maupun sepeda.

Baca juga : Cara Keren Lindungi Bodi Yamaha MT-15, Bisa Pakai Pelindung Karet Dari Hayaidesu

"Cuci sepeda motor serta salon detailing merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan.  Alasannya, lantaran pertumbuhan angka sepeda motor terus meningkat, sehingga perawatan menjadi kebutuhan," ujar Fadilla, pemilik SCT Motodetailing Kalisari.

Layanan yang ditawarkan outlet ini diantaranya cuci motor premium, wash and polish, detailing dan coating. Harga untuk setiap menu tadi bervariasi tergantung ukuran sepeda motor.

Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan! 04

Gerai SCT Motodetailing Kalisari.

Berlokasi di tempat strategis, tepatnya di jalan Gongseng Raya No.9, Kelurahan Baru, Pasar Rebo, Fadilla yakin pengguna motor diarea tersebut akan terbantu dengan adanya outlet SCT Motodetailing miliknya.

Fadilla pun juga memberikan promo diskon untuk paket cuci premium, coating hingga detailing yang bervariatif. Tertarik mencoba?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });