Mengenal Fitur Pengaman di Suzuki V-Strom 250 SX, Aktif Saat Motor Terjatuh

Suzuki V-Strom 250 SX.
  • Fitur itu bernama Tip Over Sensor.
  • Bisa cegah motor terbakar.
  • Aktif jika kemiringan motor 45 derajat lebih.

Suzuki V-Strom 250 SX jadi motor sport touring adventure termurah saat ini, dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.

Tentunya konsumen yang disasar adalah mereka yang hobi touring dan melintasi jalanan off road ringan pakai motor.

Dalam aktivitas tersebut, pastinya ada kemungkinan motor terjatuh, misalnya karena jalan yang licin.

Dan motor ini sudah dibekali fitur pengaman yang akan aktif, saat motor terjatuh.

Fitur dimaksud adalah Tip Over Sensor (TOS), yang akan langsung mematikan mesin saat motor jatuh.

Baca juga : Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?

"Jika motor miring lebih dari 45 derajat, sensor ini akan langsung aktif," kata Harsono, Group Leader Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales.

"Saat kemiringan motor segitu, itu sudah pasti jatuh motornya," tambahnya.

Menurut pria ramah ini, TOS akan mematikan mesin, sistem injeksi dan juga fuel pump.

Cegah motor terbakar jika terjatuh di aspal.

"Kenapa langsung dimatikan, karena jika terjatuh di jalan aspal, ada kemungkinan percikan api."

"Jika tidak ada TIS ini, mesin dan sistem bahan bakar masih aktif dan ada kemungkinan bensin bocor dan menyebabkan kebakaran," bebernya.

Makanya saat motor ini terjatuh, tidak bisa langsung distarter lagi untuk menghidupkan mesin.

Bisa dilihat akan ada lampu Master Warning Indicator yang menyala, dan untuk mereset cukup dengan memutar kontak OFF.

Kemudian putar kontak ON lagi, dan dicoba starter maka mesin akan langsung bekerja normal lagi.

Saat terjatuh, bensin rawan bocor dan timbulkan percikan api.

TIS sendiri seolah sudah menjadi fitur wajib untuk motor-motor injeksi, dan tiap pabrikan pun punya fitur serupa namun beda penamaan.

"Tapi ada beberapa model Suzuki yang gak ada TOS ini, seperti Nex II itu gak ada, Address juga gak ada," pungkas Harsono.

Baca juga : Jadi Motor Adventure Terjangkau, Berapa Pajak Suzuki V-Strom 250 SX?

Sekilas Suzuki V-Strom 250 SX

Motor ini tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal. 

Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal. 

Warning Indicator Lamp di panel meter akan nyala saat motor terjatuh.

Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun. 

Suzuki V-Strom 250 SX tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal. 

Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal. 

Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun. 

Punya harga termurah saat ini.

Handguard pun sudah tersemat sebagai standarnya, dengan kualitas dan kekuatan yang lebih baik dari kompetitor.

Tangki 12 liter memungkinkan motor ini bisa melaju jauh, dengan sekali pengisian bahan bakar.

Berikutnya bobot motor ini pun terhitung ringan, yakni 167 kg saja, lebih ringan dari kompetitor macam Kawasaki Versys-X 250.

Perkara jantung pacu pun menarik untuk dibahas, mengingat motor ini mengusung mesin satu silinder dan berpendingin oli.

Baca juga : Fakta Menarik Suzuki V-Strom 250 SX 2023, Lebih Murah Dari Rival!

Mesin Suzuki V-Strom 250 SX.

Spesifikasi mesinnya 40tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan. 

Karakter mesinnya cenderung halus namun mengisi, sehingga tak liar dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 SX
Dimensi (PxLxT) 2.180 x 880 x 1.355 mm
Sumbu Roda 1.440 mm
Jarak Terendah 205 mm
Tinggi Jok 835 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat 167 kg
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Kapasitas Mesin 249 cc
Tenaga Maksimal 26,8 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Transmisi Manual, 6 speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok, preload
Ban Depan 100/90-17
Ban Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Harga  Rp 59,5 juta (OTR Jakarta)
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Motor bergaya touring adventure. Harga tak sampai Rp 30 juta. Dijual khusus untuk pasar India. Bicara soal motor sport touring adventure, nama Honda CB200X tentu terdengar asing untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya motor ini memang tersedia untuk pasar India sana, dan Indonesia kebagian Honda CB150X untuk mengisi segmen tersebut. Honda CB200X bermain di segmen motor petualang entry level, dan menjadi rival Xpulse 200 hingga KTM 250 Adventure atau Kawasaki Versys 250 meskipun kubikasi mesinnya se
SMEV Build Off 2024 memberi warna baru di era elektrifikasi di Indonesia Menantang builder Tanah Air memodifikasi motor listrik SMEV EM-1 Grand final berlangsung di Kustomfest 2024 Perkembangan elektrifikasi khususnya di kategori roda dua, dibuat lebih berwarna dengan hadirnya SMEV Build Off 2024. Pasalnya, produsen motor ini menantang para builder Tanah Air untuk memodifikasi motor listrik mereka. Setelah meluncurkan dua produknya pada Juli tahun lalu, di awal tahun 2024 SMEV membuat gebrakan d
Jelajahi Jawa Tengah-Yogyakarta. Jawa Timur diadakan di Surabaya. Perjalanan singkat, dengan beragam medan jalan. Yamaha Lexi LX 155 2024 jadi produk terbaru dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor yang dikenalkan awal tahu 2024 itu mendapat ubahan signifikan, utamanya pada dapur pacu dan fitur. YIMM pun mengadakan rangkaian perjalanan test ride dengan menjelajahi berbagai wilayah, dengan mengajak awak media dan blogger. Sebelumnya kegiatan ini berlangsung di Jawa Barat, tepat
Mubazir untuk motor harian bermesin standar. Kinerja busi jadi tak optimal. Pakai busi upgrade lebih disarankan. Meningkatkan performa mesin motor kesayangan, bisa dilakukan dengan beragam cara. Dari yang paling rumit seperti bore-up, sampai yang praktis dengan menggunakan part performa bersifat plug and play. Salah satu yang sering dilakukan adalah mengganti busi bawaan motor, dengan busi racing. Harapannya tentu performa mesin meningkat, yang berimbas pada akselerasi sang kuda besi. Sayangnya
Dibekali pilihan warna dual tone dan striping baru. Ada peningkatan kualitas pada hub-drive. Usai launching di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, kini awak media bisa mencicipi sensasi mengendarai Alva One XP. Alva One XP dibanderol dengan harga Rp 38,5 juta dengan beberapa update, yang membuatnya semakin mumpuni untuk dipakai harian. Paling terlihat tentu saja adanya desain striping baru yang memiliki variasi warna unik pada bagian depan. Sehingga memberikan visual yang lebih baik

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki V-Strom SX 250
Lihat