Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Murni

Pemerintah telah memberikan lampu hijau untuk program elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia. Banyak pabrikan yang lantas berlomba merilis mobil ramah lingkungan yang bisa dikonversikan menjadi elektrik. Untuk itu jangan sampai salah paham, karena perbedaannya jelas antara mobil hybrid dan battery electric vehicle alias mobil listrik murni.

Hingga kini masih banyak kalangan yang belum paham sepenuhnya apa itu mobil hybrid dan menyamakannya dengan mobil listrik. Itu juga tidak sepenuhnya salah, karena mobil hybrid pun memanfaatkan motor listrik sebagai tenaga penggerak seperti mobil listrik.

Secara garis besar, mobil dengan teknologi Plug in Hybrid Electric Vehivcle (PHEV) alias mobil hybrid ialah kendaraan dengan dua sistem mesin, yaitu konvensional dan juga baterai listrik. Sementara teknologi battery electric vehicle alias mobil listrik murni bekerja hanya mengandalkan energi listrik yang disimpan pada baterai besar yang ada di mobil.

Apabila mobil listrik perlu diisi daya listrik menggunakan charger, maka mobil hybrid yang akan terisi daya baterai secara otomatis. Pengisian listriknya juga bisa dari konversi daya dari mesin konvensional atau kinetik saat deselerasi. 

Latar Belakang Elektrifikasi Kendaraan Bermotor

Bila diurutkan perjalanannya, kendaraan elektrifikasi awalnya dimulai dari era hybrid, untuk menekan emisi udara. Pembuatan mobil hybrid oleh pabrikan kendaraan berawal karena munculnya isu akan pemanasan global, polusi udara dan borosnya pemakaian bahan bakar. 

Pengembangan mobil listrik dan hybrid merupakan aksi nyata industri otomotif menjaga kestabilan lingkungan yang semakin hari semakin buruk terdampak oleh polusi. Apalagi saat ini, harga bahan bakar minyak terus mengalami kenaikan dan fluktuasi.

Mobil Hybrid, Kombinasi Motor Listrik dan Mesin Konvensional

Mobil Hybrid ialah sebuah kendaraan yang mengabungkan mesin konvensional berbahan bakar minyak dan motor listrik yang disokong baterai. Baik mesin konvensional dan motor listrik, saling berpadu dalam menggerakkan mobil. 

Pada saat mobil bergerak lambat, maka sumber tenaganya menggunakan motor listrik yang berasal dari baterai, dan mesin bensinnya non aktif. Jika mobil berjalan lebih cepat, kira-kira di atas 40 km/jam, mesin bensin yang mengambil alih menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai. 

Dalam beberapa model, seperti Nissan Kicks, sistem hybrid-nya cukup unik karena mesin bensinnya difungsikan sebagai produksi daya listrik ke baterai. Sementara untuk penggeraknya memakai motor listrik. Jadi, mesin bensin baru hidup ketika daya listrik di baterai sudah tinggal sedikit untuk mengisi daya listriknya saja. 

Pengereman mobil pada mobil Hybrid disebut dengan nama pengereman regeneratif (Regenerative Braking). Putaran roda saat pengereman berfungsi sebagai generator dari energi gerak menjadi energi listrik, yang kemudian disimpan pada baterai mobil.

Mobil Hybrid Tidak Butuh Isi Ulang Baterai

Ibarat ponsel, mobil listrik punya keterbatasan dalam hal pemakaian. Jarak tempuh mobil listrik terbatas sampai akhirnya Anda harus mengisi ulang baterai.

Bila terpaksa, mobil hybrid seperti Nissan Kicks dapat terus digunakan berkendara karena motor bakar juga berfungsi sebagai pengisi daya listrik baterai. Alhasil, baterai mobil hybrid tidak pernah kosong dan tidak perlu berhenti untuk isi ulang.

Di sisi lain, mobil listrik membutuhkan tempat spesifik untuk pengisian ulang baterai karena proses pengisian yang tidak sebentar. Anda harus merelakan mobil tidak bisa digunakan selama proses tersebut berlangsung. Bila memakai mobil hybrid, kita cukup meluangkan waktu sebentar untuk antre di SPBU. 

Pakai Dua Mesin, Perawatan Mobil Hybrid Semakin Mahal?

Anda tidak perlu bingung mana di antara motor listrik dan motor bakar yang akan bekerja. Sistem yang diberi nama Hybrid Synergy Drive (HSD) akan mengatur mekanisme kerjanya sesuai kebutuhan mobil.

Tersedia mode berkendara yang bisa dipilih oleh pengemudi yang disesuaikan dengan karakter mesin yang diharapkan. Seperti ECO untuk berkendara irit, NORMAL untuk berkendara moderat, dan SPORT jika ingin memaksimalkan performanya.

Umur baterai untuk pemakaian normal sekitar 8 sampai 9 tahun. Bicara soal perawatan mobil Hybrid, untuk saat ini perbaikannya hanya dapat anda lakukan pada dealer resmi. Jika terjadi kerusakan pada sistem pengerak motor, sistem kelistrikan dan baterai, biaya perbaikannya sangat mahal saat masa garansi telah berakhir. 

Mobil Listrik Murni, Agak Mahal Tapi Minim Perawatan

Membahas mobil berjenis battery electric vehicle alias mobil listrik, artinya hanya berjalan dengan daya listrik murni. Artinya, di dalam mobilnya tidak ada mesin bakar. Pengisian daya listrik disimpan dalam baterai kemudian disalurkan ke motor listrik untuk menggerakkan roda. 

Karena tidak ada mesin bakar, maka sumber energi murni hanya mengandalkan dari pengisian daya listrik saja melalui SPKLU. Kemampuannya masih agak terbatas, sehingga sulit untuk dibawa berjalan ke luar kota dimana fasilitas SPKLU masih jarang ditemui. 

Bila menghitung biaya pengisian listrik per KWh, mobil listrik memang menawarkan efisiensi energi yang sangat baik. Untuk rumah dengan daya listrik besar, misalnya 3.500 Watt, bisa melakukan pengisian daya sendiri walaupun prosesnya makan waktu lama. 

Implementasi Perpres No. 55 tahun 2019 membuat harga mobil listrik jadi kian terjangkau. Kedatangan Hyundai yang juga sedang membangun pabrik mobil di Indonesia membuat industri mobil listrik dalam negeri pun bangkit. 
Sebagai contoh yaitu IONIQ Electric yang hadir dalam 2 tipe, Prime dengan harga Rp637 juta dan Signature Rp677 juta (OTR Jakarta). 

Mudahnya Biaya Perawatan Mobil Listrik

 

Dari sisi perawatan, mobil listrik ini sangat mudah dan bisa dibilang tidak perlu sering-sering masuk bengkel. Perawatan rutin bisa dilakukan setiap setahun sekali. 

"Di mobil ini ada motor penggerak roda, butuh pelumas tapi hanya 1 liter, jadi tidak butuh penggantian berkala. Interval yg dibutuhkan itu hanya 15 ribu kilometer sekali atau setiap setahun tahun sekali," jelas Putra Samiaji selaku General Manager Service HMDI saat peluncuran Hyundai Kona EV beberapa waktu silam. 

Putra menjelaskan, elemen yang rutin diganti saat perawatan berkala hanya AC filter. Sementara untuk fluida seperti battery coolant perlu melakukan penggantian setiap 60 ribu kilometer. Artinya kita tidak banyak tanggungan saat service berkala. 

Jadi, memelihara mobil listrik kini semakin mudah kan? 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Kicks

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Honda CR-V TC (CKD) 1.5

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

36.348 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Era Baru Mobil Listrik Tanpa Charger; Jelajah Nusantara bersama Nissan Kicks e-POWER

All-New Nissan Sebut e-POWER Terbaik untuk Keunggulan Teknik

New 2021 Nissan Kicks with Updated Interior and Latest Tech | Overview

NISSAN KICK 2021 - Exterior & Interior

Mobil Listrik Berkandungan Jagung dan Tebu | Hyundai IONIQ 6

Tingkatkan Masa Depan dengan Hyundai IONIQ 5

Hyudai IONIQ Electric tercipta untuk menemani mobilitas keseharian Anda

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan Kicks
Lihat