Hyundai Ioniq vs Nissan Leaf 2021 : Mobil Listrik Beda Negara, Mana Paling Cocok di Indonesia?

Rasanya Indonesia makin mengarah pada era elektrifikasi kendaraan. Makin kesini makin banyak mobil-mobil yang dibekali baterai listrik. Ada yang masih disandingkan mesin bakar, ada pula yang sudah berdiri sendiri sebagai mobil listrik murni.

Jika membicarakan mengenai mobil listrik murni (Electric Vehicle/EV) yang dipasarkan ke Indonesia adalah Hyundai Ioniq. Tetapi siap atau tidak, Hyundai harus bertahan ketika ada serangan datang dari kompetitornya. Kini Nissan Leaf pun baka segera menyengat Ioniq.

Leaf cukup sukses di Jepang

Berbekal kesuksesan di negara asalnya, sanggupkah Nissan Leaf lebih baik dari Hyundai Ioniq? Dan buat Anda sebagai konsumen, mana yang layak dibeli, apakah mobil listrik Ioniq dari Korea atau Leaf yang datang dari Jepang?

Hyundai Ioniq vs Nissan Leaf Siapa Terlihat Lebih Futuristik?

Perbandingan dimensi Hyundai Ioniq vs Nissan Leaf
Dimensi Hyundai Ioniq 2021 Nissan Leaf 2021
Panjang 4.470 mm 4.490 mm
Lebar 1.820 mm 1.788 mm
Tinggi 1.475 mm 1.540 mm
Jarak sumbu roda 2.700 mm 2.700 mm
Jarak ke tanah 150 mm 155 mm
Ukuran ban 205/60 R16 205/55 R16

Sebagai mobil listrik, mungkin harapan banyak orang adalah perawakannya harus terlihat futuristik. Setidaknya ideal dengan kata keren yang menjadi identitas dirinya sebagai mobil masa depan. Tapi soal gaya memang kami serahkan kepada selera Anda.

Ioniq sudah pakai sunroof

Namun jika dilihat secara garis besar, Hyundai memahat tubuh Ioniq dengan sangat sederhana. Tampilannya berwujud liftback namun kami tak menemukan sesuatu yang sangat istimewa disini yang bisa menegaskan kalau Ioniq adalah mobil tanpa bahan bakar minyak. Yang tampak berbeda hanya mobil ini hadir tanpa kisi-kisi udara di bagain gril depannya, serta lampu utama dan foglamp yang sudah pakai LED.

Profil tubuh yang berbeda ditampilkan Nissan pada Leaf. Si Daun ini berwujud hatchback namun dengan garis-garis desain yang lebih tegas. Bagian depannya berbentuk V-shape mirip mobil-mobil modern Nissan. Sementara di atas gril ada soket untuk isi daya baterai, beda dengan Ioniq dimana soketnya ada di atas fender roda belakang sebelah kiri. Sedangkan bagian belakang mobil ini juga terlihat dengan garis-garis tajam. Lebih atraktif dibanding Ioniq.

Baca juga : Nissan Leaf 2021 Akhirnya Akan Mendarat di Indonesia Bulan Depan, Intip Bocoran Harganya

Charging baterai Nissan Leaf di bagian depan

Seperti Apa Kekuatan Baterainya?

Ketika bicara mengenai mobil listrik, maka hal penting lainnya yang perlu dipertanyakan soal kekuatan daya baterai. Mobil listrik haruslah tidak merepotkan saat digunakan sehari-hari. Jarak tempuh daya baterainya wajib superior. Apalagi kalau mobil ini mau dipakai juga untuk perjalanan luar kota dimana tidak semua daerah di Indonesia memiliki stasiun pengisian daya listrik (charging station).

Untuk Hyundai Ioniq ia dibekali baterai Lithium-ion Polymer berkapasitas 38,3 kWh yang mampu menghasilakan tenaga setara 136 PS dengan torsi 295 Nm. Sementara Nissan Leaf 2021 punya baterai 40 kWh lithium-ion. Baterai ini mampu menghasilkan tenaga 150 PS dengan torsi 320 Nm.

Hyundai Ioniq saat isi daya baterai

Nah saat dipakai berkendara, dalam kondisi full sampai baterai benar-benar kehabisan daya listrik, Hyundai Ioniq dapat melaju sejauh 293 km dengan kecepatan sedang. Sedangkan Nissan Leaf bisa dipakai berkendara sejauh 311 km.

Tapi tentunya itu semua tergantung kondisi jalan raya, gaya mengemudi, serta suhu disekitar. Untuk kondisi jalan seperti Jakarta mungin jarak tempuhnya bisa lebih pendek mengingat situasi lalu lintas di Kota ini sangat padat dengan cuaca panas terik kala siang hari.

Kabin Hyundai Ioniq

Kelengkapan Teknologinya

Sebagai mobil masa depan, maka rasanya pantas untuk mempertimbangkan antara Hyundai Ioniq vs Nissan Leaf 2021 dari sisi teknologi yang diusungnya. Kalau melihat nuansa interior Hyundai Ioniq 2021, rasanya mobil ini terlihat syarat akan teknologi maju. Itu berkat cukup banyaknya tombol di lingkar kemudi dan juga konsol tengah.

Meter clusternya sudah full digital dan di tengah dasbor ada monitor model floating yang dijejali banyak sekali fitur. Pengaturan AC juga sudah pakai tombol-tombol digital. Serta tuas transmisinya sudah terlihat ala mobil mewah modern Eropa.

Tampilan interior Nissan Leaf

Disisi lain Nissan Leaf memperlihatkan ruang kabin layaknya mobilkonvensional. Meter cluster dan monitor di dasbor terlihat biasa saja. Walau begitu tetap banyak tombol-tombol di ruang kokpit. Tetapi Nissan punya beberapa teknologi unggulan. Yaitu fitur ProPilot Park dan e-Pedal.

ProPilot sangat menguntungkan ketika hendak memarkir kendaraan tersbeut. Cukup tekan tombol yang ada di konsol tengah, maka mobil akan melakukan parkir otomatis secara mandiri. Namun ini butuh marka jalan dan rambu yang jelas. Sehingga kemungkinan Nissan Leaf Indonesia tidak menghadirkan fitur tersebut.

Nissan Leaf penantang baru di segmen mobil listrik

Harganya Masih di Rp600 Jutaan

Hal terakhir yang patut dipertimbangkan adalah soal harga. PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mematok harga Hyundai Ioniq Indonesia di angka Rp637 juta - Rp677 juta. Sementara Nissan Leaf harganya baru diumumkan pada beberapa pekan ke depan. Tetapi kabarnya juga ada di rentang Rp600 juta - Rp700 juta.

Yang perlu juga diperhatikan adalah Hyundai memberikan garansi baterai Ioniq hingga 8 tahun atau 160.000 km serta gratis perawatan berkala hingga 5 tahun atau 75.000 km. Untuk Leaf, Nissan di Filipina dan Thailand memberikan garansi baterai 8 tahun / 160.000 km dan gratis perawatan berkala 3 tahun atau 100.000 km. Jadi rasanya Nissan Indonesia juga akan menerapkan hal serupa.

Baca juga : Ini Keistimewaan Hyundai IONIQ, Mobil Listrik yang Dipakai Taksi Online Saat Ini

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mercedes-Benz C 300 AMG 2.0

Rp 760,00 Juta
Rp 15,48 Juta/bln

28.856 km

4 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mobil Listrik Berkandungan Jagung dan Tebu | Hyundai IONIQ 6

Tingkatkan Masa Depan dengan Hyundai IONIQ 5

Hyudai IONIQ Electric tercipta untuk menemani mobilitas keseharian Anda

Nissan Indonesia Meluncurkan Mobil listrik Canggih All-New Nissan Leaf

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq
Lihat