Seharga Xpander Baru, Ini Kelebihan Mercedes-Benz S-Class W221 yang Juga Dipakai Presiden SBY Hingga Jokowi

Mercedes-Benz S-Class menjadi simbol kemewahan tertinggi dalam kasta sedan. Tidak heran bila mobil asal Jerman ini digunakan sebagai kendaraan kepala negara, termasuk juga mobil kepresidenan di Indonesia. Kini, harga pasaran Mercedes-Benz S-Class W221 sudah cukup terjangkau.

Berdasarkan penelusuran kami, harga S-Class seri W221 bekas kisaran Rp250-270 jutaan, atau kurang lebih mirip dengan harga Mitsubishi Xpander baru. Meskipun sudah agak tua karena keluaran 2007, namun aura mewah tetap terasa. Bahkan kita bisa merasakan sensasi seperti naik mobil kepresidenan karena S-Class W221 pernah dipakai pada era Susilo Bambang Yudhoyono sampai dengan Joko Widodo.

Kasta S-Klasse “Sonderklasse” atau Spesial Class menjadi kasta teratas sedan Mercedes-Benz. Mercedes-Benz W221 yang merupakan generasi kelima dari keluarga S-Class ini pertama kali masuk melalui jalur importir umum dengan status CBU pada tahun 2006 awal. 

Baca juga:

Mercedes-Benz S-Class Terbaru Tertangkap Kamera Sedang Diuji, Interiornya Fenomenal!

Ditawarkan Rp 3 Miliar Lebih, Mercedes-Benz S-Class 2021 Siap Manjakan Para Sultan

Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis

Pada saat itu, pihak ATPM masih menjual seri lama yaitu Mercedes-Benz W220 S-Class sebelum akhirnya habis terjual. Untuk W221 akhirnya dipasarkan berstatus CKD yang hadir di akhir 2006. 

Pilihannya memang cukup banyak tipe yang tersedia dalam keluarga S-Class ini. Model yang tersedia antara lain S300, S350 dan juga S500 yang seluruhnya mengusung wheelbase panjang. 

Untuk tipe termurah ada S300 dan termahal bisa mencari tipe S500. Dengan duduk di belakang dan disupiri, kita serasa pejabat tinggi layaknya direktur atau bisa juga berkhayal menjadi SBY saat menjabat Presiden Indonesia. 

Ini karena Mercedes-Benz S-Class merupakan sedan mewah besar yang banyak dipakai para bos mapan. Dari segi desain, S-Class W221 masih menampilkan kesan yang mewah walaupun sudah berumur belasan tahun. 

Penasaran seperti apa kemewahan dari S-Class W221 ini? Mari kita ulas lebih mendalam kelebihan sedan full size Jerman tersebut.

Kabin Premium dan Mewah di Mercedes-Benz S-Class W221

W221 berhasil menciptakan euforia baru bagi pecinta Mercedes-Benz perbaikan khususnya pada bagian interior. Seluruh material interior di W221 menggunakan bahan yang jauh lebih berkualitas daripada pendahulunya yang terkenal ringkih.

Nilai jual utama dari S-Class tak cuma desain eksterior yang premium tapi juga interiornya yang super mewah. begitu masuk ke dalam kabin, masih terlihat premium dan mewah dengan hiasan ornamen kayu. Terdapat fitur pengaturan kursi elektrik yang lengkap sebagai fitur standar mobil premium.

Pada area dashboard, hanya terdapat tombol pengaturan sistem pendinginan di bawah kisi-kisi AC sedangkan tombol pengaturan lain seperti lampu depan dan juga kursi elektrik berada di trim pintu. Terdapat fitur COMAND system dengan LCD 8 inci di tengah dashboard sebagai fitur standar di setiap varian.

Fitur ini berguna untuk mengontrol audio, TV Tuner, CD/DVD, perintah suara dan juga navigasi. Demi memudahkan penggunaannya, tersedia sebuah roda dial berupa knob di tengah konsol box. 

Untuk fitur lainnya antara lain terdapat cruise control dengan speed limiter, sunroof, rain sensing wipers, jok elektrik berbalut kulit asli dengan fungsi pijat dan berventilasi, krey elektrik, headrest elektrik, MID, sejumlah airbag di beberapa titik, monitor tekanan ban, jam analog mewah, ABS, EBD, BA dll.

Demi memanjakan penumpang, sandaran tengah di kursi belakang dapat dilipat dan dijadikan arm rest ketika tidak digunakan. Didalamnya terdapat cooler atau kulkas mini untuk mendinginkan minuman.

Berkendara di Mercedes-Benz S-Class W221, Kenyamanan Kelas Satu 

Image kemewahan dan kenyamanan dari S-Class tak usah diragukan lagi. Tak hanya meningkatkan pamor, namun Mercedes membekali segala fitur canggih guna memanjakan pemiliknya dalam perjalanan. 

Sistem peredaman W221 turut ditingkatkan dari W220 sehingga suara angin yang dihasilkan ketika melaju di kecepatan tinggi sama sekali tidak terasa. Kenyamanan yang dihasilkannya juga bukan main-main, suspensi berteknologi ADS (Adaptive Damping System) atau air suspension ini mampu menyerap kontur jalan jelek dengan maksimal. 

Pada umumnya, W221 yang beredar di Indonesia sudah mengadopsi suspensi udara AIRMATIC dengan adaptive damping system. Suspensi ini sangat terkenal akan kenyamanannya tapi memiliki lifetime yang cenderung singkat bila melewati jalan di Indonesia yang keriting bergelombang.

Bagaimana dengan performa S-Class W221 ini?

Performa Mesin Mercedes-Benz S-Class W221, Bertenaga Besar

Mercedes-Benz Indonesia menghadirkan S-Class W221 dalam tiga tipe mesin yaitu S300, S350, dan S500. Berikut ini spesifikasi dari masing-masing tipe:

M272.E30 3.0 liter V6 24 katup DOHC (S300) dengan tenaga 228 hp @6.000 rpm dan torsi 300 Nm @2.400-5000 rpm 

M272.E35 3.5 liter V6 24 katup DOHC (S350) dengan tenaga 268 hp @6.000 rpm dan torsi 350 Nm @2.400-5000 rpm 

M273.E55 5.5 liter V8 32 katup DOHC (S500) dengan tenaga 383 hp @6.000 rpm dan torsi 530 Nm @2.800-4.800 rpm. 

Kesimpulan

Dengan harga yang cukup terjangkau, kita bisa menikmati kenyamanan kelas satu dari sebuah sedan mewah Eropa. Meskipun usianya sudah hampir 15 tahun, tapi banyak fiturnya yang belum tersedia di kelas mobil baru Rp250 jutaan.

Jadi, tak ada salahnya mencoba sensasi sedan mewah ala Presiden Republik Indonesia. Dengan dikemudikan supir, kita bisa bersandar nikmat di kursi belakang.

Namun kamu perlu ingat, kalau S-Class bekas tetaplah mobil mewah yang biaya perawatannya berbeda dengan mobil di harga sejenis. Jadi, kamu perlu menyiapkan budget besar untuk perawatan rutin 'si mobil presiden'. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mercedes-Benz S-Class

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

NEW 2021 MERCEDES S CLASS - FIRST LOOK

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mercedes-Benz S-Class
    Rp 3,10 Milyar
    VS
    Maserati Quattroporte
    Rp 3,35 Milyar
    S-Class vs Quattroporte
  • Mercedes-Benz S-Class
    Rp 3,10 Milyar
    VS
    Lexus LS
    Rp 3,74 Milyar
    S-Class vs LS
  • Mercedes-Benz S-Class
    Rp 3,10 Milyar
    VS
    Mercedes-Benz E-Class
    Rp 1,06 Milyar
    S-Class vs E-Class
  • Mercedes-Benz S-Class
    Rp 3,10 Milyar
    VS
    Mercedes-Benz EQS
    Rp 2,98 Milyar
    S-Class vs EQS
  • Mercedes-Benz S-Class
    Rp 3,10 Milyar
    VS
    Maserati Ghibli
    Rp 2,58 Milyar
    S-Class vs Ghibli
Mercedes-Benz S-Class
Lihat