Kelebihan dan Kelemahan Mazda Biante Bekas, MPV JDM yang Harganya Kini Setara LCGC

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Mazda Biante bekas yang saat ini harganya sudah jauh lebih terjangkau.

Nama Mazda Biante mungkin tidak setenar Toyota Voxy, Alphard, atau Nissan Serena.

Padahal MPV boxy ini hadir dengan fitur yang cukup komplit, serupa dengan unit yang dijual di Jepang.

Agak disayangkan karena perjalanan Mazda Biante pada segmen High MPV di Indonesia, memang cukup singkat yaitu dari 2012 sampai tahun 2018.

Tetapi kalau melihat sejarah aslinya di Negeri Sakura, Biante tercatat pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008.

Di sana, Biante hadir dengan lima varian tipe, yaitu 20S, 20CS, 23S, 20C serta Granz.

Biante ini membawa cita rasa khas Japanese Domestic Market alias JDM yang desainnya berani dan atraktif.

Desainnya agresif dengan banyak garis tegas yang mengalir sesuai bahasa desain Nagare. 

Tetapi bahasa desain Nagare sudah ditinggalkan oleh Mazda untuk lini produk mereka.

Saat ini, desain yang diterapkan pada mobil-mobil baru Mazda adalah KODO.

Mobil tersebut juga membawa sejumlah fitur yang bisa dibilang terbaik di kelasnya pada masa itu.

Seperti penggunaan lampu LED untuk bagian belakang, keberadaan fitur i-Stop yang memungkinkan mesin berhenti bekerja sementara saat pengemudi menginjak pedal rem di lampu merah, serta disematkannya filter AC Nanoe dari Panasonic.

Namun tepat di Februari 2016, Mazda Motor Corporation mengumumkan tidak lagi mengembangkan dan memproduksi Biante.

Usianya di Indonesia tidak terlalu lama

Mobil ini pun terakhir dipasarkan pada tahun 2018 dan kini Biante hanya tersedia unit bekasnya saja di pasaran. 

Untuk market di Indonesia, Biante memiliki dua varian, satu varian adalah Biante dan satu varian lagi adalah Biante Skyactiv.

Setelah berusia hampir satu dekade, apakah Mazda Biante bekas ini tetap menarik untuk dibeli?

Sebelum jauh membahas hal tersebut, kita bandingkan dulu kisaran harga Biante bekas ini.

Di pasaran, harga Mazda Biante bekas dijual mulai dari Rp130 jutaan untuk tipe standar hingga Rp230jutaan untuk tipe Skyactiv.

Harga tipe standar ini berarti kurang lebih mirip dengan harga mobil LCGC bekas.

Mazda Biante direkomendasikan bagi yang mengincar kenyamanan dan kabin yang lapang.

Harga terjangkau, mesin bandel, desain mewah, kabin lega, tapi bagaimana soal kelemahan yang ada di Biante bekas?

Karena itulah, mari kita kupas lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan Mazda Biante.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta yang Cocok Buat Mudik Lebaran, Toyota Avanza dan Kijang Innova Paling Dicari

Kelebihan Mazda Biante

1. Harga Lebih Murah Tapi Hampir Semewah Toyota Alphard 

MPV mewah dengan tampilan modern

Mundur ke belakang, Mazda Biante ini sebenarnya adalah penerus dari Mazda E2000 yang pernah populer di penghujung dekade 1990-an.

Pada tahun 2008 Mazda merilis Biante untuk Jepang, menggunakan konfigurasi yang sama dengan generasi E2000 (8-seaters, FWD), tetapi dengan platform yang baru. 

Tak berlebihan juga kalau kita membandingkan kenyamanan dan kemewahan Biante ini tak kalah daripada Toyota Alphard di tahun yang sama.

Pasalnya, Biante bekas dijual dengan harga yang lebih terjangkau daripada Alphard seken. 

Desainnya masih cukup modern, terutama pada kaca samping yang terlihat sangat luas.

Biante ini seakan-akan tidak memiliki pilar kalau dilihat dari jauh, atap dan body seakan hanya dipisah oleh kaca akibat pilar-pilarnya menggunakan warna hitam. 

Atapnya seakan mengambang

Pilar A contohnya, ukuran kacanya lebar di dan langsung menyambung ke headlamp.

Konsep Nagare ini membuat desain airscoop di bumper seperti tersenyum lebar, lebih manis karena tidak melengkung ke atas seperti Yaris. 

2. Nyaman Buat Pengemudi dan Penumpang

Pintu model geser dengan bukan tutup elektrik

Dalam jajaran mobil Mazda, Biante ini lebih condong ke sisi kenyamanan dibanding performa.

Bagian kaki-kaki yang cukup kokoh juga jadi salah satu kelebihan Mazda Biante.

Posisi duduk di kursi pengemudi cukup tinggi, ditunjang kaca windshield besar dan leluasa terutama ketika melihat ke spion.

Desain ceiling yang tinggi membuat visualiasai ke arah depan sangat baik. 

Setirnya juga pas dengan genggaman tangan, serta tidak terlalu berat atau terlalu ringan.

Kenyamanan ini juga didukung oleh suspensinya yang cukup empuk dibanding Mazda 6, CX-5, atau Mazda 5.

Karakter limbung saat dipakai menikung di jalan tol juga tak separah jika dibandingkan Toyota NAV1 atau Alphard generasi pertama.

Baca juga: Harga Bekas Lebih Murah dari Toyota Avanza, Simak Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

3. Fiturnya Lengkap  

Layout dasbor futuristik dan lengkap teknologi modern

Dengan harga yang terjangkau, kalian akan mendapat kelebihan dan kekurangan Mazda Biante satu diantaranya dari keberadaan fitur yang memadai.

Di area luar, kalian akan mendapatkan sistem pencahayaan yang cukup modern karena telah didukung Xenon HID Lamp di depan dan LED di lampu belakang.

Pada interiornya, terdapat layout dasbor yang terlihat sangat futuristik.

Di bagian atas dasbor terdapat meter cluster yang memanjang hingga ke area tengah, kemudian lengkar kemudinya juga sudah terpasang sejumlah tombol pengaturan.

Kemudian pada area tengah dasbor juga terdapat monitor 10 inci dengan berbagai fitur termasuk GPS dan audio system buatan Aphine.

Jok baris tengah bisa dilipat rata seperti ini

Dari sisi convenient, ada tambahan Nano Filter di AC, seperti Plasmacluster, semakin asyik dan sehat di tengah kondisi yang kurang sehat seperti sekarang ini. 

Hal menarik lainnya yaitu semua kursi dari mobil ini bersifat ultra-seat.

Banyak konfigurasi kursi yang bisa diatur, dan kursi baris kedua dan ketiganya bisa di recline sesuka hati. Ini karena rel keduanya menyatu sepanjang 2/3 panjang kendaraan.

Kelemahan Mazda Biante Bekas

1. Ada Beberapa Kekurangan Dibanding Toyota Alphard

Cocok untuk keluarga

Istilah rego gowo rupo atau ada harga ada rupa jelas berlaku dimanapun, termasuk saat kita memilih sebuah mobil.

Kasta Mazda Biante ini sejatinya ada setara dengan Toyota NAV1 atau Noah, sehingga masih di bawah Alphard, alhasil fiturnya juga tak semewah MPV flagship Toyota tersebut. 

Dikutip dari forum Seraya Motor, ketiadaan panoramic roof juga membuat bagian atas mobil ini terlihat plain.

Hal lainnya yang membuat Biante jadi terasa hambar ialah fiturnya yang serba nanggung. 

Misalnya saja, Biante sudah keyless tetapi gak ada tombol ignition.

Selain itu, interiornya minim soft touch karena masih banyak panel plastik kerasnya.

Rel kursi juga harus ditutup karpet tambahan supaya tidak terlihat seperti lantai bus.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Elgrand E51, Harga Bekasnya Lebih Murah dari Daihatsu Sigra Baru Tipe Terendah

2. Desainnya Kurang Diterima Banyak Orang

Soal desain memang balik lagi ke selera para pembelinya, namun pada Biante, tampilan fisiknya dinilai kurnag bisa diterima semua orang.

Tarikan garis bodinya memang menarik, namun tidak seperti KODO Design yang terpancar aura kemewahan dan berkarakter, pada Biante iaras masih biasa saja.

Kemudian desain interior juga banyak yang menganggap cukup kontras dengan eksteriornya, boring, terasa out-dated, dan nggak mewah.

Tidak ada aksen kemewahan seperti panel krom atau wood panel, cuma dashboard biasa yang memperlihatkan bahan plastik dengan warna krem kombinasi biru tua.

Selain itu, parking brake masih manual yang posisinya di kaki bukan yang tombol elektrik, sehingga menganggu kenyamanan berkendara bagi yang tidak terbiasa.

Spesifikasi Mazda Biante
Dimensi
Panjang 4.715 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.835 mm
Jarak sumbu roda 2.850 mm
Jarak ke tanah 150 mm
Ukuran roda 205/60 R16
Kapasitas tangki BBM 60 liter
Mesin
Tipe mesin Skyactiv G-2.0 DOHC
Kapasitas silinder 1.997 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum  151 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 190 Nm @4.100 rpm
Transmisi Otomatis 6-percepatan
Sistem penggerak roda Pengegrak Roda Depan
Sasis
Suspensi depan  MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-link
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Disc

Kesimpulan

Kalau kalian sedang berburu mobil keluarga kondisi bekas pakai, Biante ini perlu masuk daftar incaran sebagai alternatif dari Toyota Kijang Innova bensin.

Namun ketahui dulu kelebihan dan kekuranga Mazda Biante apakah sudah sesuai dengan ekspektasi kalian.

Biante jelas lebih berkelas dan luas interiornya ketimbang Kijang Innova, karena ia sekelas dengan Toyota NAV1, namun tidak semewah Alphard.

Hal yang patut diingat ialah harga sparepart Mazda jelas cukup mahal dan perlu ditangani oleh bengkel spesialis.

Jadi, siapkan budget lebih saat melakukan perawatan rutin.

Kelebihan dan kekurangan Mazda Biante

Kelebihan:

  • Lebih murah dari Toyota Alphard bekas
  • Nyaman buat pengemudi dan penumpang
  • Fiturnya lengkap

Kekurangan:

  • Masih kalah mewah dari Alphard
  • Desain eketerior dan interior punya ciri khas

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda CX-5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Fitur Premium pada New Mazda CX-5

Urban Mover 2.0: Penentuan pemenang! Uji Handling Mazda CX-5 terbaik dikelasnya! - CXperience Eps 4

New 2021 Mazda CX-5 facelift: Everything You Need To Know

Lampu kabin mobil memang diciptakan buat membantu penerangan kepada pengemudi atau penumpang yang ada di dalam kendaraan. Lampu ini biasanya diletakkan di atas plafon, ada yang terdiri dari dua lampu yaitu di bagian pengemudi dan penumpang depan serta di jok baris kedua, ada juga yang hanya terdiri dari satu lampu yang posisinya ada i tengah-tengah area plafon mobil. Komponen yang memeprlukan daya listrik dari aki ini akan sangat berguna untuk menerangi area kabin jika diperlukan turatama saat m
Kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran yang berlangsung 4-11 April 2024 menurun sampai 15 persen dibanding Lebaran 2023. Menurut Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, penurunan angka kecelakaan tak lepas dari antisipasi, analisa dan evaluasi yang telah dilakukan kepolisian dan sejumlah jajaran terkait untuk musim mudik Lebaran 2024. "Dalam hal ini lalu lintas kita pastikan evaluasi, yang kurang kita tambahi, yang salah kita perbaiki, nanti bisa lebih baik untuk arus bal
Tak sedikit mobil maupun sepeda motor kerap ikut masuk iring-iringan dan membuntuti mobil ambulans terlebih saat kondisi jalanan macet. Ya, sejumlah kendaraan memanfaatkan mobil ambulans agar posisinya tepat berada di belakang, kemudian membuntutinya agar jalanan jadi bisa lebih terbuka dan lancar. Mereka kerap berada di belakang mobil bersirine tersebut, beralasan agar terlihat jadi bagian dari mobil keluarga korban, sehingga perjalanan menjadi lebih cepat. Baca juga: Viral Emak-emak Sengaja Me
Honda Brio CBU Thailand sejatinya merupakan Brio generasi pertama yang hadir di Indonesia sebelum dirakit lokal di dlaam negeri. Kalau bicara Honda Brio, city car berlogo H tegak ini memang merupakan salah satu mobil yang cukup laris di pasaran. Honda Brio CBU Thailand tercatat pertama kali meluncur di Indonesia pada Agustus 2012 lalu, dan mobil tersebut langsung diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Tanah Air. Hingga kini, Brio masih terus dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), ba
Menggunakan mobil mudik Lebaran memang masih menjadi pilihan bagi seabgian besar masyarakat Indonesia guna merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. Tetapi perlu diingat juga, setelah mobil melakukan perjalanan cukup jauh dan panjang karena digunakan untuk mudik Lebaran, maka sudah seharusnya mobil dilakukan pengecekan secara seksama. Menurut Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, selama perjalanan mudik, mobil mengalami tugas berat, karena berbagai kondisi jalan sudah dile

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mazda CX-5
Lihat