Jangan Terkecoh, Ini Perbedaan Honda Brio CBU Thailand dengan CKD Karawang. Mau Pilih Yang Mana?

Honda Brio Satya generasi pertama pertama kali diluncurkan pada 2013

Honda Brio merupakan salah satu model yang cukup laris di pasaran. Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2012 lalu, mobil ini diterima dengan sangat baik oleh masyarakat. Hingga kini, Brio masih terus dipasarkan. Bahkan, belum lama ini hadir varian terbaru dengan tampilan yang lebih sporty.

Sebelum diproduksi di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM), selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia, mendatangkan Brio secara utuh alias completely built up (CBU). Mobil 5 penumpang ini didatangkan langsung dari Thailand pada tahun 2012.

Melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi dan munculnya kebijakan pemerintah untuk membuat Low Cost Green Car (LCGC), maka hadirlah Brio Satya yang dirakit secara lokal alias completely knock down (CKD). Mobil tersebut diluncurkan pada tahun 2013.

Tampilan belakang Honda Brio Satya

Awalnya, banyak yang kecewa dengan keputusan Honda untuk memasarkan Brio Satya. Sebab, ada beberapa perbedaan dari Brio versi CBU, termasuk selisih harganya yang cukup jauh. Padahal, tampilan luar atau eksteriornya sekilas terlihat sama. Tapi, jika diperhatikan sebenarnya cukup jelas perbedaannya.

Honda Brio CBU dan CKD ini memiliki keunggulan masing-masing. Brio CBU memiliki kualitas dan fitur yang lebih lengkap, sementara Brio CKD hadir dengan harga yang lebih terjangkau namun fitur yang secukupnya. Jadi apa saja yang membedakan keduanya?

Baca juga: Beda Cuma Rp200 Ribu, Buat Anak Muda Honda Brio S MT Lebih Cocok Ketimbang Toyota Agya G MT

Perbedaan di Bagian Eksterior Honda Brio

Dari segi eksterior, bagian yang paling mencolok atau signifikan adalah peleknya. Brio CKD tidak menggunakan penutup dop pada pelek kalengnya, berbeda dengan Brio CBU. Selain itu, Brio CKD juga tidak dilengkapi dengan lampu kabut (foglamp). Spionnya juga model standar, tidak memiliki cover. Spionnya pun masih manual, belum bisa diatur secara elektrik, seperti Brio CBU.

Tampilan belakang Honda Brio CBU

Bagian buritan juga cukup jelas perbedaannya, karena Brio CKD tidak dibekali dengan wiper belakang. Kemudian, logo Satya juga menggantikan logo H yang terdapat di bagian tengah pintu belakang. Pada bagian kiri pintu belakang, terdapat emblem Honda Prospect Motor dan di sebelah kanan terdapat emblem Brio Satya, serta emblem i-VTEC.

Menurut pengakuan beberapa konsumen, kualitas catnya juga sedikit berbeda. Honda Brio CKD tampilannya tidak sekinclong Brio CBU atau model Honda lainnya. Jika diperhatikan pada kaca depan, terdapat lambang SNI yang ada di pojok kiri mobil.

Baca juga: Jadi yang Paling Mahal, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 dari Versi Lamanya?

Perbedaan di Bagian Interior Honda Brio

Masuk ke bagian interior, masih ada lagi beberapa perbedaannya. Untuk bagian dasbor, bentuk dan material yang digunakan cukup mirip antara Brio CBU dan Brio CKD. Namun, sedikit perbedaannya ada pada finishing select knob atau tuas persneling dan rem tangan Brio CKD yang tidak sedetail Brio CBU.

Interior Honda Brio CBU

Soal audio, Brio CKD dibekali dengan head unit single DIN yang sudah mendukung pemutar CD dan terdapat slot USB. Pada Brio CBU juga sama, tapi perbedannya ada pada single DIN yang digunakan. Brio CBU mengandalkan JVC KD-HDR44, yang kualitas suaranya dinilai lebih baik.

Untuk bagian joknya, Brio Satya dibuat sama persis dengan Brio CBU. Begitu pula dengan motif yang digunakan. Perbedaannya hanya pada pemilihan warnanya saja, di mana Brio CBU menggunakan dua warna atau dual tone, yakni beige dan coklat muda. Sedangkan jok Brio CKD, hanya dilapisi dengan satu warna, yaitu beige.

Baca juga: Honda Brio S dan E Selisih Sampai Rp30 Juta, Apa Aja Bedanya?

Perbedaan Mesin Honda Brio

Pada sektor mesin, Brio CKD dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. Sedangkan Brio CBU, kapasitas mesinnya 1.300 cc. Posisi semua komponennya terlihat sama, hanya pada material yang digunakan saja nampak berbeda. Tangki minyak rem pada Brio CBU terlihat lebih bening. Sehingga, batas isinya terlihat lebih jelas. Bagian yang terlihat signifikan perbedaannya ada pada intake manifold, di mana Brio CKD terbuat dari plastik. Sedangkan pada Brio CBU, intkae manifold menggunakan material aluminium cast. Perbedaan lainnya adalah tidak adanya heat shield pada Brio CKD.

Honda Brio Satya dan tipe lainnya sekarang sudah diproduksi semua di Indonesia

Dari performa yang dihasilkan Brio CKD dengan mesin 1.200 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan Brio CBU, dengan mesin 1.300 cc dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 100 PS.

Mesin Honda Brio

Tapi, Brio CBU juga tidak bertahan lama. Populasi Brio dengan mesin 1.300 cc cukup sulit ditemukan. Sekarang, semua produksi Brio sudah dilakukan secara lokal oleh PT HPM. Saat ini, hanya tersedia tiga tipe, yakni Brio Satya, Brio E, dan Brio RS. Untuk harganya, mobil small hatchback ini dijual dengan harga mulai dari Rp 155,7 juta untuk tipe terendah dan Rp 235,9 juta.

Spesifikasi Honda Brio CKD Honda Brio CBU
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi 3.640 mm x 1.680 mm x 1.485 mm 3.610 mm x 1.680 mm x 1.485 mm
Jarak poros roda 2.345 mm
Jarak pijak depan/ belakang 1.480 mm / 1.465 mm
Ground clearance 165 mm
Radius putar 4.5 m
Kapasitas tangki 35 liter
Transmisi 5-percepatan manual dan CVT
Tipe ban 185/55 R15 175/65 R14
Suspensi depan Macpherson strut with coil spring
Suspensi belakang H-Shape Torsion Beam with coil spring
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Mesin
Tipe Mesin 1.2 L i-VTEC SOHC 4-silinder segaris 1.3 L SOHC, 4 Silinder, 16 Katup i-VTEC + DBW
Isi Silinder 1.199 cc 1.339 cc
Perbandingan kompresi 10.5:1
Daya maksimal 90 PS / 6.000 rpm 100 PS / 6.000 rpm
Torsi maksimal 110 Nm / 4.800 rpm 127 Nm / 4.800 rpm
Teknologi mesin PGM-FI
Diameter dan langkah 73.0 mm x 76.0 mm 73 mm x 80 mm

Baca juga: Honda Brio Satya Lengserkan Daihatsu Sigra dari Jabatan Mobil LCGC Terlaris di Indonesia

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat