window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid Full-To-Full, Apakah Bisa Irit Banget?

Enda · 6 Jul, 2023 08:30

Suzuki XL7 Hybrid

Melalui kegiatan energetic adventure – media test drive, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan media untuk merasakan secara langsung bagaimana impresi berkendara menggunakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid.

Sebagai produk terbarunya yang menempati segmen Low SUV 7-seater, saat ini XL7 Hybrid merupakan satu-satunya mobil di kelasnya yang mengusung teknologi hybrid dengan sebutan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Dalam kegiatan media test drive kali ini terbagi menjadi 2 batch. Kami berkesempatan untuk ikut dalam batch 1 yang dilakukan di Yogyakarta mulai dari 3-5 Juli 2023. Kota Pelajar dipilih lantaran Jogja dianggap sangat cocok untuk mengetes performa, ketangguhan serta konsumsi BBM dari mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal tersebut dikarenakan kondisi lalu lintas di Jogja sangatlah beragam. Mulai dari beberapa titik kemacetan di wilayah perkotaan, serta jalan yang menanjak dan menurun di beberapa daerah.

Untuk pengetesan XL7 Hybrid kali ini dilakukan dengan cara berkendara normal selama dua hari, yakni 3-4 Juni 2023. Pada hari pertama kami diajak untuk menulusuri sejumlah ruas dalam kota menuju Rajaklana Resto, Seleman. Perjalanan berikutnya menuju Jogja Archery School, kemudian Watu Tapak Camp Hill, Omah Eyang Resto dan terakhir The Alana Malioboro Yogyakarta Hotel.

Baca juga: Susul XL7 Hybrid, Suzuki Bakal Tambah Kapasitas Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Terbaru

Suzuki XL7 Hybrid

Pengisian bahan bakar XL7 Hybrid

Pada hari kedua medan yang dilalui kurang lebih sama seperti hari pertama, yakni melewati jalan perkotaan dan pedesaan yang mana kontur jalannya menanjak dan menurun dengan tingkatan yang cukup curam.

Lokasi pertama pada hari kedua perjalanan dari hotel yaitu La Li Sa Farmers Village, selanjutnya Omah Kopi Cokrowijayan, Bakpia Pathok 25 Ongko Joyo dan terakhir Warung Klangenan sebelum kembali ke hotel.

Sekedar informasi, pengetesan konsumsi BBM yang digunakan memakai metode full-to-full. Dengan menempuh jarak sejauh 199 km, setelah pengujian, bahan bakar yang kembali diisi ke dalam tangki secara penuh sebanyak 14.44 liter. Sehingga untuk average per liter dengan full-to-full penggunaan bahan bakarnya berada di angka 13,8 km/liter.

Baca juga: First Drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta, Teknologi SHVS Terbukti Bikin Tarikan Lebih Responsif!

Teknologi SHVS pada Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid

Fitur Engine Auto Start-Stop mematikan mesin secara sementara

Teknologi SHVS pada Suzuki XL7 Hybrid ditunjang dengan dua komponen utama yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery 12v dengan kuat arus 10Ah.

Bukan hanya sekedar menghemat pemakaian bahan bakar, secara teknis kehadiran SHVS juga dapat mengurangi emisi gas buang sekaligus memperingan kerja putaran mesin dengan adanya teknologi Acceleration Assist.

Selain itu ISG pada teknologi SHVS memiliki fitur Regenerative Braking yang bertugas menyuplai kebutuhan listrik ke baterai. Listrik yang tersimpan pada baterai selanjutnya digunakan untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal di mobil ketika mesin mobil mati secara otomatis dikarenakan aktifnya fitur Engine Auto Start-Stop.

Baca juga: Cicilan Kredit Suzuki XL7 Hybrid untuk Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya, Mulai Rp5,7 Jutaan!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil