window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga

Yongki Sanjaya · 12 Mei, 2023 13:30

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 01

Beberapa waktu lalu Hyundai merilis update untuk Stargazer tipe Active. Varian terbawah Stargazer itu mendapat dua fitur tambahan, yakni velg alloy berukuran 16 serta AC double blower menggantikan air circulator untuk penumpang baris kedua dan ketiga. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek menyebut bila Stargazer Active tidak mengalami kenaikan harga untuk update tersebut.

Baca juga:

Gelar Media Test Drive Surabaya-Malang-Solo, Hyundai Stargazer Ditantang Taklukkan Berbagai Kondisi Jalan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Kompresi Tinggi, Hyundai Stargazer 'Diperbolehkan' Minum Pertalite Tanpa Gugurkan Garansi

Test Drive Hyundai Stargazer: MPV dengan Handling Lincah dan Performa Memuaskan

Sebagai informasi, tipe Active saat ini diniagakan Rp247,2 juta untuk transmisi manual dan Rp260 juta dengan transmisi matic IVT. Bila diperhatikan lebih teliti, harga segitu mendapat sebuah MPV baru dengan fitur yang cukup oke menjadikan Stargazer Active jadi salah satu opsi value for money. Namun, bukan berarti brand lain kalah menarik karena bisa saja di kisaran harga tersebut menawarkan fitur yang juga oke.

Di rentang harga segitu, kita bisa memilih beragam jenis kendaraan, mulai dari city car seperti Toyota Agya GR Sport, small SUV seperti Daihatsu Rocky, hingga low MPV lain seperti Suzuki Ertiga. Nah, seperti apa fitur yang dimiliki kompetitor pada mobil di rentang harga Rp250 jutaan?

Berikut ini uraiannya sebagai bahan perbandingan.

1. Toyota Agya GR Sport CVT

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 01

Pada varian GR Sport, Agya hadir bergelimang fitur menarik agar tidak terkesan seperti mobil LCGC. Pada sisi eksterior dipercantik dengan panel body kit di bumper depan, sisi samping, bumper belakang, hingga spoiler.

Interiornya didukung meter cluster 7 inci yang mirip  dengan Toyota Raize. Kemudian joknya model semi bucket bermaterial suede dengan penyematan logo GR Sport di sandaran punggung. Lebih lanjut, terpasang headunit monitor 8 inci yang mendukung Mirrorlink dan rear camera. 

Fitur menarik berikutnya di interior terdapat AC Digital serta tombol Start/Stop Engine. Agya generasi kedua juga memiliki Tilt Steering dan Wireless Charger.

Upgrade lainnya yang tersedia di varian GR Sport yaitu bagian kemudi yang diracik ulang bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. 

2. Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS SC

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 02

Daihatsu Rocky tipe ini yang dijual Rp 249.050.000 jadi opsi ideal bagai kalian yang sering melewati jalan keriting dan bergravel khas kota-kota pelosok. Ini karena Daihatsu Rocky yang punya ground clearance setinggi 200 mm,  sehingga tidak mudah mentok kolong.

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT telah dibekali sistem informasi berkendara dengan layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Pada sistem multimedia didukung head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Tak hanya itu, Rocky X CVT dibekali beragam fitur seperti; audio steering switch control, AC digital, keyfree, start/stop button, alarm dan back sonar.

3. Toyota Avanza 1.5 G M/T

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 03

Lawan sepadan yang sanggup meladeni Stargazer ialah Avanza. Dimana untuk range harga segitu terdapat tipe 1.5 G M/T yang dibandrol Rp257.800.000. Avanza generasi ketiga memiliki konfigurasi Long Sofa Mode supaya kenyamanan anggota keluarga makin maksimal.

Avanza G makin komplit soal fitur dengan New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang memudahkan penggunanya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir. 

Fitur multimedia di mobil sejuta umat juga kian menarik, berbekal head unit 9 inci dengan sokongan meter cluster MID 4,2 inci. Bicara fitur keselamatan, LMPV ini sudah ada Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assits (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assits (HSA), serta Dual SRS Airbags.

Toyota menjejalkan mesin 2NR-VE 1.496 cc dengan output 106 PS di 6.000 rpm dengan torsi 137 PS di 4.200 rpm. Sayangnya di harga segitu Avanza masih mengandalkan transmisi manual 5-percepatan.

4. Daihatsu Xenia 1.3 R CVT ADS

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 04

Masih dari keluarga grup Astra, kali ini opsi yang tersedia ada Xenia 1.3 R CVT ADS dengan harga Rp 258.850.000. Meskipun kalah mesin tapi soal fitur di Xenia 1.3 R CVT ADS berani diadu dengan Stargazer Active.

Sebagai informasi, Daihatsu Xenia 1.300 sebenarnya masih mengusung kode mesin yang sama dengan sebelumnya, yakni 1NR-VE. Tenaga yang dihasilkan sebesar 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm dengan torsi 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm. Pada varian ini tersedia opsi transmisi otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

Dengan embel-embel ADS,  ada beberapa penambahan aksen body kit dan garnish merah. Tipe ini mendapat start/stop button, digital AC, steering switch dan auto retractable function. Ada lagi key free system dan outer mirror with turn lamp. 

Head unit sebesar 9-inci dengan monitor bergaya floating yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay untuk kemudahan konektivitas. Makin menarik karena ada Around View Camera bakal memudahkan memantau kondisi di sekitar mobil. Pada trim ADS juga ketambahan fitur ambient light, air purifier dan karpet 3D.

5. Suzuki Ertiga GL

5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga 05

Mengetahui harga barunya, per Mei 2023 Suzuki Ertiga GL hanya tersedia dalam transmisi manual seharga Rp251.600.000, atas lebih mahal dari Hyundai Stargazer Active MT. Sebagai tipe menengah, sistem pencahayaan Ertiga GL mendapatkan bohlamp berprojector dengan tambahan foglamp.

Ertiga GL baru kini mendapatkan fitur lebih lengkap pada interior dengan switch control steering yang dapat terhubung langsung dengan panel cluster serta head unitnya.Fitur multimedia di Ertiga GL didukung head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung beberapa konektivitas seperti USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, AUX, serta memutar musik yang dipancarkan melalui bluetooth. 

Tak seperti Stargazer Active yang masih memakai pengaturan AC manual, Ertiga GL sudah memakai model digital namun belum menggunakan teknologi auto climate with heater. Pengemudi dapat mengakses informasi kendaraan pada layar TFT MID yang pengaturannya dapat dikendalikan melalui lingkar kemudi. 

Fitur keselamatan yang dimiliki Suzuki Ertiga GL antara laijn ABS+EBD, dual SRS airbag, VSC (Vehicle Stability Control), seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning, ISOFIX, tilt steering, immobilizer, alarm dan APAR.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil