window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku

Yongki Sanjaya · 22 Jun, 2023 09:00

3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku 01

Suzuki kini menjadi salah satu pabrikan otomotif nasional yang berfokus pada teknologi mild hybrid. Fase tersebut telah dimulai sejak peluncuran Suzuki Ertiga Diesel Hybrid beberapa tahun silam. Kini teknologi hybrid tersebut dialihkan ke lini mesin bensin, karena pada versi diesel Suzuki Ertiga Hybrid punya banyak kelemahan yang harus diatasi.

Berbekal mesin diesel, Ertiga Diesel Hybrid bisa  lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin. Mesin yang digunakan saat itu antara lain Multijet 1.3 dengan tenaga 89 PS dan torsinya besar, 200 Nm pada 1.750 rpm.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengenal Lebih Dekat Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, LMPV Irit Seharga Daihatsu Sigra 2020

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!

Jadi Barang Langka, Service Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Bengkel Resmi Ternyata Gak Mahal

LMPV mesin diesel ini terbilang canggih berkat teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). SHVS ini gabungan antara mesin diesel, aki berkapasitas 70 Ampere dan tenkologi Integrated Started Generator (ISG). Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar Ertiga Diesel dapat tembus 22,6 km/liter.

Fakta menarik dari Ertiga Diesel Hybrid ini merupakan LMPV hybrid pertama buatan lokal. Dengan spesifikasi yang terlihat canggih, kalian yang ingin memburu mobil ini harus paham soal beberapa kelemahan yang dimiliki varian diesel tersebut. Pasalnya, mesin diesel bukan menjadi tradisi umum dalam brand Suzuki di Indonesia.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini beberapa kelemahan di Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang perlu diketahui.

1. Cuma Tersedia Dalam Transmisi Manual

3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku 01

Pada varian bensin terbaru, Ertiga hybrid tersedia di seluruh varian transmisi, baik manual 5-percepatan ataupun otomatis 4-percepatan. Nah untuk varian Diesel Hybrid ini Ertiga Diesel Hybrid hanya ditawarkan satu pilihan transmisi manual dengan tingkat 5-percepatan saja.

Padahal di Indonesia sedang tren MPV bermesin diesel dengan transmisi otomatis. Dengan kondisi lalu lintas yang lebih banyak stop and go, kini lebih banyak yang memilih mengendarai mobil matik atau transmisi otomatis. Andaikan dulu Suzuki Indonesia menghadirkan varian otomatisnya, diperkirakan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akan laris dikancah otomotif nasional.

Hal ini juga yang membuat Suzuki Ertiga Diesel tidak panjang usianya. Penjualannya hanya sampai awal 2018. Maka itu, populasi mobil ini bisa dikatakan cukup langka. Sebab, hanya dipasarkan selama kurang lebih dua tahun saja di Indonesia.

2. Mesin Tidak Bisa Memakai Solar Bersubsidi

3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku 02

Dengan mesin yang relatif canggih, Ertiga Diesel Hybrid juga agak merepotkan ketika digunakan sehari-hari. Pemilihan bahan bakar yang digunakan mobil ini tidak bisa sembarangan. Pasalnya, jenis mesin dieselnya tidak bisa memakai solar bersubsidi. 

Suzuki Ertiga Diesel disarankan untuk selalu mengkonsumsi BBM dengan kualitas lebih baik di atas Bio Solar. Jika pengguna Suzuki Ertiga Diesel Hybird selalu mengisi BBM dengan solar bersubsidi, dapat dipastikan umur sistem pengkabutan atau biasa disebut injector mobil tidak akan lama.

3. Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Pakai Turbo Tapi Performa Mesin Diesel Pas-pasan

3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku 03

Melihat data spesifikasi di atas, tenaga mesin dari Ertiga Diesel Hybrid tidak istimewa. Outputnya 89 PS dan torsinya besar, 200 Nm pada 1.750 rpm, terlalu kecil untuk ukuran mesin diesel.

Bahkan outputnya kalah bila dibandingkan dengan versi bensinnya, dengan tenaga  95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Menurut beberapa penggunanya, Suzuki Ertiga Diesel ada masalah soal performa. Semestinya dengan transmisi manual akan lebih baik kemampuan menanjaknya dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Lucunya, walau dibekali turbo tapi tarikan bawah Suzuki Ertiga diesel ini lemot. Fungsi dari turbonya lebih sebagai alat mengurangi emisi gas buang.

Output kecil dengan torsi pas-pasan disebut pemiliknya sedikit loyo pada saat menghadapi jalanan menanjak, seperti pegunungan dan juga perbukitan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil