3 Hal yang Harus Diwaspadai Dari Transmisi AGS di City Car Suzuki, Biaya Servisnya Terlalu Mahal!

Suzuki menjadi satu brand yang cukup berbeda soal pilihan jenis transmisi untuk segmen city car mereka. Tak seperti brand lain yang mengandalkan CVT, Suzuki setia dengan transmisi Automated Gear Shift alias AGS. Transmisi AGS ini dapat kita temukan pada produk city car Suzuki di Indonesia seperti Ignis atau S-Presso. 

Ternyata, keputusan memakai AGS ini terpengaruh selera orang India dimana Suzuki menjadi market leader. Di negara tersebut umumnya lebih menyukai transmisi manual, dan sistem di transmisi AGS masih memungkinkan untuk pindah gigi bila diperlukan. 

Baca juga: 

Ingin Beli Suzuki Ignis Baru Atau Bekas, Seberapa Mahal Biaya Servisnya Setelah Garansi Berakhir?

Kepincut Suzuki Ignis? Ini Varian yang Paling Cocok Untuk Dipilih

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Suzuki Ignis Bekas, Apa Saja?

Namun masih banyak orang yang tak memahami kelemahan AGS ini seperti menggabungkan kelemahan yang ada pada transmisi manual dan otomatis sekaligus. Kerumitan AGS ini menjadi jenis transmisi yang biaya servisnya belum tentu murah bagi pengguna.

Lantas apa saja kelemahan yang harus diwaspadai dari transmisi AGS tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

Transmisi Jeduk Karena Setelan Gas Tidak Singkron dengan Actuator

Hal pertama yang bisa terjadi pada AGS ialah sistem setelan gas dan actuator yang tidak singkron. Dampaknya tentu membuat kerja transmisi jadi njeduk saat start awal. 

Actuator dalam AGS ini fungsinya mirip seperti master kopling, yaitu memutus dan meneruskan daya dari mesin ke transmisi. Karena itu, harus ada singkronisasi agar bukaan gas dan actuator agar start awal bisa tetap meluncur halus. 

Actuator Assy Transmisi AGS Harganya Mahal

Pada AGS, master kopling diganti oleh actuator assy. Untuk harga komponen ini cukup mahal, di kisaran Rp20-22 jutaan. Biasanya Actuator bermasalah karena bagian kabel sling baja actuator ini putus, dan harus diganti segelondong atau actuator assy.

Melanjutkan poin sebelumnya, kalau actuator bermasalah tentu harus diganti dan perlu sinkronisasi ulang actuator dengan ECU. Perbaikan yang rumit seperti ini mungkin cuma bisa dilakukan di bengkel resmi.

Harus Tetap Ganti Kopling Set di Transmisi AGS

Hal yang mungkin kalian belum tahu, sistem AGS tetap ada komponen kopling set. Jadi, pengguna mobil Suzuki dengan transmisi tersebut masih harus ganti kopling seperti layaknya mobil transmisi manual, dan ganti oli transmisi. 

Proses ganti koplingnya tentu tidak sebentar, makan waktu paling tidak setengah hari. Belum lagi setelah melakukan pergantian kopling membutuhkan reset actuatur agar actuator bisa kembali beradaptasi dengan sistem ECU. 

Kesimpulan

Melihat harga actuator assy yang mencapai puluhan juta, tentu transmisi ini bukan yang bersahabat untuk kantong pengguna. Dengan budget segitu, kita bisa melakukan overhaul matic konvensional setelah berusia 15 tahun pemakaian. 

Bila dipadankan dengan penggunaan transmisi manual, maka budget 20 jutaan dari actuator assy bisa untuk ganti kopling set beserta jasanya sekitar tiga kali.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ignis

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Berita Terbaru

First Drive Neta V: Mobil Listrik Murah Tapi Bukan Murahan

Neta V pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2023, sekaligus sebagai mobil listrik pertama PT Neta Auto Indonesia yang dijual di Tanah Air. Bermain di segmen crossover, saat ini Neta V sudah bisa dipesan dengan harga Rp379 juta yang mana baru akan dikirimkan kepada konsumen pada Q4 tahun atau Q1 2024. Di ajang GIIAS 2023 kemarin, Neta V bukan sekedar diperkenalkan, namun juga disedakan unit test drive yang bisa digunakan pengunjung serta rekan media untuk mengetahui impresi langsung berkendara men

Mitsubishi Triton 2023 Sukses di Speed Rally AXCR Thailand, Pembuktian Sebelum Disiksa Kerasnya Medan Indonesia

Setelah meluncur di Thailand, tim Mitsubishi Motors langsung menyiksa generasi terbaru Triton untuk balapan di ajang speed rally Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Thailand. Dalam balapan tersebut juga dimanfaatkan oleh pihak Mitsubishi Motors maupun PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia untuk mendapat masukan data kendaraan sebelum dijual ke Indonesia. "New Triton telah menampilkan kekuatan dan ketangguhan di ajang AXCR lalu. Hasil dari AXCR dapat jadi feedback buat kami untuk me

Harga Makin Mahal Jadi Kompensasi Perbaikan Fitur All New Honda CR-V, Raih 5 Bintang Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Generasi keenam Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) pertama kali diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara pada Maret 2023 tepatnya di Thailand. Setelah Negeri Gajah Putih, All New CR-V diluncurkan di Tanah Air melalui pagelaran GIIAS 2023, Kamis (10/8). Untuk pasar Indonesia, CR-V terbaru hadir dalam dua varian, yakni; 1.5 Turbo dengan harga Rp739,9 juta dan 2.0 RS e:HEV yang dibandrol Rp799,9 juta. Setelah diluncurkan, mobil ini mendapat sambutan hangat di kalangan pecinta otomotif Tanah Air. Bagai

3 SUV Mewah Bekas Seharga Honda CR-V Gen 6, Mulai Dari Hyundai Palisade Hingga Mercedes-Benz GLC

Setelah resmi meluncur di ajang GIIAS 2023 pekan lalu, publik begitu antusias melihat sosok Honda CR-V generasi keenam. Desainnya makin keren, teknologinya makin canggih dengan hybrid, dan pastinya harga baru makin mahal. Bayangkan saja, harga Honda CR-V Gen 6 untuk varian 2.0 e:HEV nyaris mencapai Rp800 juta, dan banyak SUV bekas di harga tersebut yang lebih menarik. Dengan duit segitu banyak, kita bahkan punya alternatif yang tak kalah menarik bila memilih unit bekas. Budget antara Rp750-800 j

Mitsubishi Xforce Mendominasi Penjualan MMKSI Selama 11 Hari di GIIAS 2023

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan pencapaian positif selama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023. Selama 11 hari di pameran otomotif GIIAS 2023, perusahaan berlogo tiga berlian itu mampu mengumpulkan 3.700 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), dimana mobil yang terjual terdiri dari Xpander dan Xpander Cross, Pajero Sport, Triton, dan yang terbaru Xforce. Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Mitsubishi Xforce 2023 yang Bisa Bikin Minder Riva

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    Ignis vs Kwid
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ignis vs Brio
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ignis vs Agya
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Ignis vs Baleno
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Ignis vs Air EV
Suzuki Ignis
Lihat