Babak Belur Digempur BYD, Chery, hingga Wuling, Toyota Dekati China

Toyota baru saja mengumumkan rencana demi mempercepat pengembangan mobil elektrifikasi mereka khususnya untuk pangsa pasar di China.

BYD Atto 3 menguasai pasar mobil listrik di China

Apalagi populasi mobil BEV (Baterry Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicle), dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) di China begitu pesat.

Transisi ke mobil listrik ini membuat pabrikan lokal seperti BYD, Geely, Chery, atau Wuling tumbuh secara agresif.

Pada akhirnya, merek-merek tersebut menjadi pemimpin pasar EV di negaranya sendiri, jauh meninggalkan brand-brand Jepang.

Baca juga: 4 Produsen Mobil China dan Eropa Kepincut Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Toyota akan Kerjasama dengan Mitra Lokal

Chery juga jadi pabrikan China yang kerap merilis mobil listrik

Meledaknya populasi kendaraan elektrik di China juga dilihat secara nyata oleh Toyota, bahkan Tetsuro Ueda, Chief Executive Toyota China Region menyebut kalau apa yang terjadi di Tiongkok begitu mengesankan.

"Pasar otomotif China berkembang dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," ucap Ueda dikutip dari Autofun Thailand.

Untuk itulah raksasa otomotif Jepang ini akan membuat satu langkah inisiatif baru untuk merombak persepsi yang ada selama ini.

Mobil listrik Toyota bZ4X

Ueda menyebut, pabrikan bahkan akan mengganti nama pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Tiongkok, merombak ulang timnya, sampai mempercepat pengembangan kendaraan berbahan bakar alternatif.

"Toyota akan bekerja sama sebagai satu kesatuan untuk mengubah cara kita bekerja dan berpikir dengan tujuan bertahan hidup di China," tambah Ueda.

Baca juga: Luhut Pandjaitan Berhasil Gaet Produsen Mobil China BYD Buat Investasi ke Indonesia

Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV sempat mencatat rekor penjualan di China

Menurut dia, dengan mendorong kerjasama mitra lokal, maka Toyota berharap bisa menciptakan produk yang menarik minat pelanggan di negara itu.

Ueda juga menegaskan, Toyota tetap berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan berbagai tipe mesin, mulai dari EV, HEV, PHEV, hingga Hidrogen, yang semuanya akan disesuaikan dengan selera masyarakat China.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota bZ4X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Harganya Dianggap Mahal daripada Mobil Jepang, Ini Alasan Kia Indonesia

Merek mobil asal Korea Selatan, Kia, kembali memperlihatkan tajinya di pasar otomotif nasional dengan menghadirkan sejumlah produk terbaru. Hanya saja, mobil-mobil Kia disebut memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan brand lainnya bahkan untuk mobil sesama Korea. Contohnya, dua mobil listrik Kia yang terbaru yakni EV9 GT-Line dibanderol Rp1.975.000.000 dan Kia EV6 GT Line dijual Rp1.699.000.000 dengan status on the road Jakarta. Baca juga: Kaum Mendang-mending Minggir Dulu, Ratusan Mo

Biaya Service Suzuki Grand Vitara 2023, Pakai Mild Hybrid Jadi Makin Mahal?

Kehadiran Suzuki Grand Vitara (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu bukan cuma membawa kesan sporty, elegan dan tangguh, namun juga mengusung teknologi elektrifikasi mild hybrid yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). SHVS pada Grand Vitara 2023 terbukti mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, sekaligus menekan emisi gas buang yang lebih baik. Teknologi ini dilengkapi dengan Integrated Starter Generato

Toyota Fortuner Masih Lebih Perkasa dari Pajero Sport, Nissan Terra Curi Perhatian

Peraingan antara Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport memang selalu menarik untuk diamati, termasuk dari segi penjualannya yang berhasil dicapai masing-masing APM (Agen Pemegang Merek). Sebab selama ini Fortuner adalah tulang punggung penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) di segmen SUV medium, begitu pula Pajero Sport yang merupakan kebanggan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di kelas serupa. Baca juga: Daftar Mobil Terlaris Juli 2023, Toyota Kijang Innova Melesa

Permintaan Hyundai Stargazer Laris Manis, Banyak Dipakai Rental di Bali

Hyundai menuai hasil positif dari penjualan Stargazer series saat GIIAS 2023 berlangsung beberapa waktu lalu. Mobil keluarga tersebut sukses mencatatkan penjualan lebih dari 1.600 unit. Adapun model terbaru Hyundai yakni Stargazer X mendapat sambutan positif dilihat dari penjualan saat pameran berlangsung. "Total kita kemarin 1.600 lebih pesanan secara gabungan, dan Stargazernya lebih banyak. Untuk Stargazer X sekitar sepertiganya atau hampir 600an dengan 98 persen penjualan di tipe tertinggi,"

Pick Up Ini Lebih Menarik Ketimbang Daihatsu Gran Max atau Suzuki Carry, Ada Versi Mesin Listriknya Juga

Kalau di Indonesia segmen kendaraaan komersial jenis pick up dikuasai oleh Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry, maka dua mobil ini mungkin akan terganggu pangsa pasarnya jika pick up yang satu ini masuk ke pasar domestik. Dikutip dari Autohome, nama mobilnya Xiangling Q besutan dari Foton, sebuah perusahaan otomotif dari China yang sebenarnya juga pernah masuk ke Indonesia di medio 2009. Baca juga: Kenalin Daihatsu Vizion-F, Gran Max Listrik yang Bisa Melesat 200 Km Sekali Cas Saat berkiprah di T

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Toyota bZ4X
Lihat