Mitsubishi Pajero Sport dan XForce Buatan Indonesia Juga Bakal Dikirim ke Jepang?

Mitsubishi Pajero Sport adalah mobil yang cukup populer di Indonesia serta beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Namun entah mengapa SUV ladder frame ini malah tenggelam di negara asalnya sendiri, Jepang.

Mengingat Mitsubishi untuk pasar lokal hanya memasarkan tiga tipe kendaraan yang punya DNA SUV, yakni Delica, Delica Mini, dan Outlander.

Mitsubishi malah pilih Delica untuk pasar di Jepang

Sementara nama Pajero yang juga punya image kuat di Negeri Matahari Terbit itu, malah sudah tidak dilanjutkan.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan di negara lain, meski begeser jadi Pajero Sport, mobil dengan "darah" yang sama itu tetap diminati sampai sekarang.

Dikutip dari media otomotif lokal, Bestcarweb, Senin (06/11/2023), mungkinkah Mitsubishi Pajero Sport juga akan masuk Jepang?

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ketahui Perbedaan Tiap Varian Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Permintaan Mitsubishi Pajero Sport Tinggi di Luar Jepang

Pemasarannya hingga ke Amerika Selatan dan Timur Tengah

Meskipun pakai imbuhan "Sport", namun DNA Pajero yang ada di SUV Mitsubishi ini membuat popularitasnya terus tinggi di sejumlah negara.

Dipasarkan pula dengan nama lain Challenger atau Montero Sport, sejak dipasarkan tahun 2015, mobil ini diterima dengan baik oleh pasar di Asia Tenggara, Oceania, Amerika Selatan, dan beberapa wilayah Timur Tengah.

Beberapa poin yang dianggap jadi keunggulan Pajero Sport di segmennya adalah perpaduan mesin diesel turbo 2.4-liter dengan transmisi otomatis 8 percepatan menjanjikan performa yang memadai sekaligus masih cukup efisien dalam hal pemakaian bahan bakar.

Tangguh disegala medan

Kemudian mobil ini juga ditunjang kemampuan sangat baik ketika melaju di medan kasar, hingga adanya opsi penggerak 4x4.

Di tambah lagi, Pajero Sport yang hadir dalam model SUV 7 penumpang, menjadikannya pilihan menarik untuk membawa keluarga berlibur lintas alam.

Hal-hal inilah yang dianggap juga bisa menarik minat konsumen di Jepang apabila Pajero Sport pun dipasarkan di negara tersebut.

Baca juga: Toyota Fortuner Masih Lebih Perkasa dari Pajero Sport, Nissan Terra Curi Perhatian

Mitsubishi Xforce juga Seharusnya Masuk Jepang

XForce baru saja dipasarkan di Indonesia

Selain Pajero Sport, mobil Mitsubishi lainnya yang juga dianggap perlu untuk masuk pasar Jepang adalah XForce.

Ya, SUV compact ini memang baru saja dirilis pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang, Agustus 2023 lalu.

Pasca debut di Indonesia, XForce juga rencananya bakal dijual di Vietnam, Filipina, Asia Selatan, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan beberapa negara Timur Tengah serta Afrika.

Dengan body compact dan desain menarik, XForce seharusnya bisa laku keras di Jepang

Sayangnya Jepang belum masuk daftar rencana pengiriman XForce, padahal rival-rivalnya Toyota Yaris Cross atau Honda Vezel (HR-V) laris manis disana.

Dengan body yang cukup kompak mengingat panjang tubuhnya tak sampai 4,4 meter dengan lebar 1,8 meter, XForce dinilai punya desian yang keren dan interior sangat futuristik serta terasa lapang, sebagaimana disukai konsumen Negeri Sakura.

Bahkan jika dipasarkan disana, mobil ini dianggap bisa bersaing serius dengan rivalnya dari Toyota maupun Honda.

Baca juga: Mitsubishi XForce Punya Fitur Super Lengkap Buat Manjakan Pengemudi dan Penumpang

Mitsubishi Pajero Sport dan XForce Diproduksi di Indonesia

Pajero Sport diproduksi di pabrik Cikarang

Jika memang Mitsubishi ada rencana memasarkan pula Pajero Sport atau XForce ke Jepang, maka besar kemungkinan unitnya berasal dari Indonesia.

Mengingat saat ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memproduksi beberapa jenis kendaraan seperti Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Pajero Sport, dan Mitsubishi L300 di pabrik yang berlokasi di Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Di pabrik itu pula nantinya akan diproduksi Mitsubishi XForce yang bukan cuma buat konsumsi pasar lokal, tapi juga di ekspor untuk memenuhi berbagai kebutuhan di negara lain.

Xpander penyumbang ekspor Mitsubishi terbanyak dari Indonesia

Hingga saat ini, total produksi di pabrik Mitsubishi Cikarang sudah mencapai 176.000 unit per tahun dengan rencana penambahan volume produksi menjadi 231.000 unit per tahun mulai 2024.

Sementara target ekspor mobil Mitsubishi buatan Indonesia diperkirakan bisa mencapai 98.000 unit per tahun mulai 2024.

Adapun tujuan ekspor tersebut adalah ke 40 negara di dunia, termasuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika latin, Timur Tengah, dan Australia.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Pajero Sport

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Mistubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Pajero rock ford bulan september 2020 Hp.081348091225

Siapa sangka jika sejarah Toyota bukan dimulai dari industri otomotif, namun sebuah perusahaan pembuat kain tenun. Toyota jadi satu diantara banyak merek otomotif yang sangat populer baik di dunia maupun Indonesia. Di Indonesia, jika Anda berada di jalanan, sudah pasti berbagai model merek mobil Toyota akan paling banyak ditemui, termasuk dealer atau showroomnya. Hal ini pula membuat Toyota jadi brand otomotif yang sanggup menguasai market share hingga tembus lebih dari 30 persen setiap tahun. N
Artikel Autofun sepekan ke belakang yang membahas tentang Isuzu MU-X ternyata menyedot cukup banyak perhatian dari pembaca. SUV ladder frame ini sepertinya memang menarik untuk dijadikan alternatif selain Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport yang kerap dapat cap negatif sebagai mobil orang-orang arigan. Selain Isuzu MU-X, artikel yang cukup banyak pembacanya adalah mengenai cicilan Honda Bri0 2023 yang ternyata bisa dengan DP Rp10 juta. Lalu ada pula artikel tentang pembuktian konsumsi B
Mobil listrik di bawah Rp200 juta kini semakin banyak ditawarkan para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif yang ada di Indonesia. Seperti diketahui, Wuling Air ev kini punya varian Lite yang harganya Rp206 juta, namun setelah mendapatkan subsidi menjadi Rp188,9 juta. Selain itu, DFSK Seres E1 selaku pendatang baru di Indonesia, langsung menawarkan produknya dengan harga Rp189 juta. Baca juga: Supaya Laris, Konsep Program Mobil LCGC Perlu Diterapkan di Mobil Listrik Ya, harga mobil listrik di bawah
Sebagai LSUV berpenggerak roda belakang, tak sedikit orang menanyakan berapa konsumsi BBM Toyota Rush. Hal ini dilakukan karena umumnya mobil dengan penggerak roda belakang disebut-sebut lebih boros bahan bakar ketimbang mobil berpenggerak roda depan. Saat ini LSUV 7-seater di Indonesia dengan penggerak roda belakang hanya ada dua, yakni Toyota Rush dan saudara kembarnya Daihatsu Terios. Para pesaing terdekatnya seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V dan Hyundai Stargazer X mengandalkan pe
Biaya cat mobil full body sering kali ditanyakan ketika kendaraan butuh untuk di cat ulang. Penyebabnya bisa karena cat yang sudah terlalu kusam, sudah terlalu banyak baret di permukaan cat, atau bahkan habis terlibat kecelakaan yang menyebabkan body mobil butuh perbaikan. Daripada Anda penasaran berapa biaya cat mobil full body baik di bengkel resmi atau bengkel cat umum yuk langsung saja ketahui informasi selengkapnya seperti berikut ini. Berapa Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Umum Ketika

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Pajero Sport
Lihat