window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Salah Pilih, Ketahui Perbedaan Tiap Varian Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Enda · 1 Nov, 2023 13:04

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport facelift hadir di Indonesia pada Februari 2021.

Sebagai salah satu produk tulang punggung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), versi penyegaran Pajero Sport muncul dengan bentuk lebih atraktif dan futuristik dibandingkan model sebelumnya.

Pada bagian fascia, pesaing terberat Toyota Fortuner ini mendapatkan wajah layaknya Xpander dan Triton dengan menganut gaya bahasa desain Dynamic Shield.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bicara soal harga barunya, Pajero Sport facelift per November 2023 ini dibandrol mulai dari Rp552,1 juta sampai dengan Rp735,6 juta OTR Jakarta.

Tipe paling tinggi adalah Dakar Ultimate 4×4 AT, kemudian untuk penggerak dua roda ada tipe Dakar Ultimate 4x2 AT, selanjutnya Dakar 4×2 AT, Exceed 4×2 AT, Exceed 4×2 MT, dan terakhir GLX 4×4 MT.

Harga Mitsubishi Pajero Sport Facelift

  • GLX 4x4 MT Rp577.600.000
  • Exceed 4x2 MT Rp552.100.000
  • Exceed 4x2 AT Rp567.300.000
  • Dakar 4x2 AT Rp625.900.000
  • Dakar 4x2 Ultimate AT Rp625.900.000
  • Dakar 4x4 Ultimate AT Rp733.600.000

Punya varian yang cukup banyak, ketahui perbedaan dari setiap tipenya.

Baca juga: Toyota Fortuner Masih Lebih Perkasa dari Pajero Sport, Nissan Terra Curi Perhatian

Bedanya Eksterior Mitsubishi Pajero Sport Facelift Mulai dari GLX Sampai dengan Dakar Ultimate

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Tampilan depan Pajero Sport facelift GLX 4x4 MT

Guna menampilkan kesan lebih prestisius, pada bagian bagian tengah dipadukan grille berlapiskan krom terbentang secara horizontal mulai dari tipe Dakar.

Sedangkan dua tipe dibawahnya dilabur menggunakan warna silver pada grille.

Melihat daripada sistem pencahayaannya, tipe Dakar menganut LED Active Cornering Lamp, dan LED foglamp, sedangkan Exceed dan GLX mengandalkan bohlamp halogen baik lampu utama maupun foglamp.

Bukan cuma itu, tipe Dakar juga sudah dilengkapi headlamp washer yang berfungsi untuk membersihkan lampu sehingga tetap dapat memberikan pencahayaan secara maksimal.

Melihat bagian samping, tipe GLX 4x4 MT diaplikasikan velg alloy 16 inci yang dilabur warna silver.

Sedangkan mulai dari varian Exceed 4×2 MT hingga Dakar Ultimate 4×4 AT berhasil dipadukan velg 18 inci.

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Sunroof Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Namun khusus tipe Dakar, pabrikan menggunakan desain two tone yang membuat tampilannya terkesan lebih sporty dan modern.

Pajero Sport facelift tipe Dakar Ultimate 4x4, varian ini sudah diaplikasikan sunroof, yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Tidak berhenti sampai di situ, perbedaan lainnya juga terletak pada fitur power back door dengan kick sensor yang hadir di varian Dakar Ultimate 4x2 dan 4x4.

Fitur ini sendiri berfungsi untuk membuka pintu bagasi secara otomatis hanya dengan menggerakan kaki di bawah bumper.

Menariknya, pada tipe ini juga dibekali Mitsubishi Remote Control yang memudahkan penggunanya dengan aplikasi ponsel untuk mengoperasikan berbagai fungsi, termasuk membuka maupun menutup pintu bagasi. 

Perbedaan Interior Tiap Varian

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Interior Pajero Sport Dakar Ultimate

Khusus tipe Dakar, untuk interior Pajero Sport facelift dibungkus dengan material kulit premium baik di shift knob, setir dan joknya.

Untuk tipe teratas, Dakar Ultimate 4x4 menggunakan warna hitam yang menampilkan kesan sporty, sedangkan dua varian dibawahnya didominasi dengan warna beige yang dilapisi material soft touch.

Perbedaan lainnya pun terletak pada panel instrument, yang mana tipe Dakar dibekali layar display meter berukuran 8 inci yang terlihat begitu modern dan futuristik.

Sementara tiga tipe dibawahnya masih menggunakan panel instrument dengan model analog dengan layar MID di tengah antara tachometer dan speedometer.

Dari segi hiburan, tipe Dakar menggunakan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung smartphone connectivity dengan 6 speaker, sedangkan varian GLX menggunakan audio 2din dan tipe Exceed dibekali layar sentuh 7 inci smarphone connectivity yang terkoneksi 4 speaker.

Sekedar informasi, tipe Dakar Ultimate 4×2 dilengkapi roof monitor 9 inci di baris kedua sebagai pengganti sunroof.

Baik tipe Dakar 4x2, Dakar Ultimate 4x2 dan Dakar Ultimate 4x4, pabrikan menyematkan Power Outlet dengan tegangan besar 150 Watt/220 Vol yang berfungsi untuk menunjang berbagai kebutuhan saat sedang melakukan aktifitas di alam terbuka.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Terbaru Sedang Dipersiapkan, Begini Prediksinya

Pajero Sport Dakar Memiliki 7 Airbags

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Tampilan belakang Pajero Sport Dakar Ultimate

Sebagai keselamatan berkendara, semua varian Pajero Sport facelift dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, serta immobilizer.

Khusus tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT, tiga tipe ini hanya mendapatkan dua airbags di depan, sedangkan varian Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT dibekali 7 buah airbags.

Tak hanya itu, tipe Dakar berhasil mendapatkan Electronic Parking Brake (EPB) with Auto Hold, Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT memperoleh kamera mundur, dan Dakar Ultimate 4×4 AT dibenamkan Multi Around View Monitor yang memudahkan penggunanya ketika ingin melihat kondisi sekitar.

Disisi lain, khusus tipe Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT, SUV ini mendapatkan fitur keselamatan otonom seperti; Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Tipe Dakar Dibekali Mesin Baru

Perbedaan varian Mitsubishi Pajero Sport

Mesin 4N15

Tak hanya tampilan eksterior, interior dan juga fitur, untuk jantung pacunya tipe GLX dan Exceed dengan varian Dakar pun berbeda.

Seperti diketahui untuk varian GLX 4x4 dan Exceed 4x2 dibenamkan jantung pacu diesel 2.477 cc commonrail turbocharger dengan kode 4D56 yang mampu menyemburkan tenaga 136 PS di 4.000 rpm dan torsi 324 Nm pada putaran 2.000 rpm.

Mesinnya dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Berbeda dengan varian GLX dan Exceed, Dakar serta Dakar Ultimate disematkan mesin 4N15, 2.442 cc 4-silinder segaris DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler yang mampu meletupkan tenaga sebesar 181 PS di 3.500 rpm serta torsi sebesar 430 Nm pada putaran 2.500 rpm.

Soal perpindahan gigi, mesin yang digunakan dikawinkan transmisi otomatis 8-percepatan dengan sport sequential, yang pengoperasiannya bisa dilakukan menggunakan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Pada tipe teratasnya Dakar Ultimate 4x4, Pajero Sport facelift dilengkapi sistem penggerak 4WD Super Select-II yang menggunakan tombol dial untuk memudahkan pergantian dari 2WD ke 4WD.

Guna menyesuaikan kebutuhaan, mobil ini didukung dengan mode berkendara seperti; Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock.

Baca juga: 3 Kelemahan Mitsubishi Pajero Sport Bensin yang Perlu Diwaspadai Apa Aja?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil