Segini Konsumsi BBM Toyota Rush dan Alasan kenapa Selalu Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Sebagai LSUV berpenggerak roda belakang, tak sedikit orang menanyakan berapa konsumsi BBM Toyota Rush.

Hal ini dilakukan karena umumnya mobil dengan penggerak roda belakang disebut-sebut lebih boros bahan bakar ketimbang mobil berpenggerak roda depan.

Saat ini LSUV 7-seater di Indonesia dengan penggerak roda belakang hanya ada dua, yakni Toyota Rush dan saudara kembarnya Daihatsu Terios.

Para pesaing terdekatnya seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V dan Hyundai Stargazer X mengandalkan penggerak roda depan.

Oh iya, untuk harga barunya per November 2023 ini Rush diniagakan mulai dari Rp282.700.000 sampai dengan Rp306.100.000 OTR Jakarta.

Memiliki harga paling terjangkau dibanding kompetitor terdekatnya, ketahui konsumsi BBM serta beberapa fakta menarik Rush terbaru berikut ini.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Berapa Konsumsi BBM Toyota Rush?

Mesin 2NR-VE pada Rush

Seperti Terios, Toyota Rush dibekali mesin 2NR-VE, 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc.

Di atas kertas jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga sebesar 104 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Menariknya, kini Rush sudah dilengkapi Idling Stop System alias IDS di semua variannya.

Fitur ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak diperlukan serta menurunkan emisi gas buang.

Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU untuk mematikan mesin mobil secara otomatis ketika kendaraan berhenti saat macet dan lampu merah.

Disebutkan bahwa dengan disematkanya fitur IDS pada Rush baru, untuk konsumsi BBM-nya lebih irit 10% dibandingkan Rush non IDS.

Dengan adanya IDS serta menerapkan gaya berkendara Eco Driving, pemakaian dalam kotanya Rush diklaim mampu menempuh jarak 13,2 km/liter.

Apakah Toyota Rush Ada Manual?

Tuas transmisi matic Rush

Toyota Rush hadir bukan cuma dengan menawarkan transmisi manual 5-percepatan, namun juga mempunyai pilihan transmisi matic 4-percepatan.

Transmisi matic yang digunakan mengusung teknologi lawas torque converter yang lebih mudah dan murah dari segi perawatan serta tangguh dibandingkan transmisi CVT maupun AMT.

Toyota Rush Apa Boleh Isi Pertalite?

Toyota Rush disarankan selalu menggunakan pertamax

Melihat spesifikasi yang dimiliki, jantung pacu 1.5L dengan kode 2NR-VE yang digunakan mempunyai kompresi mesin mencapai 11:1.

Itu artinya, untuk penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan memiliki angka RON92 atau setara dengan pertamax.

Meski begitu dalam kondisi tertentu mobil ini masih bisa mengkonsumsi BBM RON90 seperti pertalite.

Baca juga: 5 Alasan yang Bikin Toyota Rush 2023 Jadi Low SUV Terlaris Tanpa Perlu Facelift!

Berapa Full Tank Toyota Rush?

Kapasitas tangki bahan bakar Toyota Rush terbilang cukup besar.

Dalam kondisi standar, kapasitas tangki bensin mobil ini mampu menampung 45 liter bahan bakar. 

Itu artinya dalam kondisi kosong dan diisi BBM jenis pertamax dengan harga saat ini yang dibandrol Rp13.400 per liter, untuk dapat terisi penuh diharuskan menyiapkan uang Rp603.000.  

Type Mobil Toyota Rush Apa Saja? 

Varian Toyota Rush

Secara umum Toyota Rush kini memiliki dua varian yang ditawarkan, yakni G dan S GR Sport

Harga Toyota Rush per November 2023

  • 1.5 G MT Rp282.700.000
  • 1.5 G AT Rp293.500.000
  • 1.5 S MT GR Sport Rp295.400.000
  • 1.5 S AT GR Sport Rp306.100.000

Sebagai pembeda antara tipe G, varian S GR Sport terlihat lebih sporty dan nyaman berkat adanya beberapa tambahan aksesoris serta fitur.

Dari segi tampilan, tipe S GR Sport memperoleh tambahan dashing dark chrome grille yang terlihat atraktif serta bumper dengan bentuk sporty dan kekar berkat housing foglamp yang dulunya serba hitam.

Berbeda dengan varian G, pada bumper bagian bawahnya Rush GR Sport juga mendapatkan under guard dengan warna hitam yang lebih menampilkan karakter sporty.

Bagian sampingnya, tipe ini turut dilengkapi side moulding dengan bentuk yang berbeda dan diletakkan sedikit turun ke bawah.

Selain itu juga terdapat side skirt berwarna hitam serta velg 17 inci lebih besar 1 inci dengan desain lebih sporty.

Tak hanya itu, tipe teratasnya juga sudah dilengkapi fitur auto retractable pada spion samping serta defoggerpada kaca belakang yang mampu menghilangkan embun guna menghadirkan visibilitas yang lebih baik.

Oh iya, tipe ini juga sudah menggunakan sistem buka pintu smart entry yang memudahkan penggunanya ketika ingin mengunci dan membuka cukup hanya dengan memegang handle pintu.

Pada sistem hiburannya, baik varian G maupun S GR Sport sama-sama dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci.

Untuk tipe G mendukung konektivitas internet yang bisa mengakses weblink dan sudah mendukung navigasi Waze, sedangkan tipe diatasnya mendapat tambahan berupa Smartphone Remote APP dan Ipod/Iphone Connectivity.

Jika Toyota Rush G dipadukan dengan 6 speaker, varian S GR Sport dipadukan 8 surround sound speaker yang mana dapat menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Meski begitu keduanya sama-sama berhasil mendapatkan driver seat height adjuster, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch, tilt steering dan auto A/C with digital display.

Baca juga: Kepengen Beli Toyota Rush Baru? Ketahui Dulu Perbedaan Tiap Variannya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Biaya cat mobil full body sering kali ditanyakan ketika kendaraan butuh untuk di cat ulang. Penyebabnya bisa karena cat yang sudah terlalu kusam, sudah terlalu banyak baret di permukaan cat, atau bahkan habis terlibat kecelakaan yang menyebabkan body mobil butuh perbaikan. Daripada Anda penasaran berapa biaya cat mobil full body baik di bengkel resmi atau bengkel cat umum yuk langsung saja ketahui informasi selengkapnya seperti berikut ini. Berapa Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Umum Ketika
Mobil baru di Indonesia periode Oktober 2023 cukup ramai dari berbagai pabrikan otomotif. Mulai dari pabrikan Jepang seperti Honda yang meluncurkan City sedan terbaru, lalu ada Subaru Crosstrek edisi terbatas, hingga mobil-mobil China dari Wuling dan Neta. Nah apa saja mobil baru di Indonesia yang rilis sepanjang bulan lalu? Mari kita ulas. 1. Wuling Almaz RS Pro Mobil baru di Indonesia periode Oktober 2023 yang pertama ada dari Wuling. Setelah diperkenalkan di GIIAS 2023 pada Agustus, Wuling Mo
Kecelakaan beruntun seringkali terjadi di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Penyebab terjadinya kecelakaan beruntut disebabkan oleh banyak faktor. Dengan begitu sebelum berkendara ada baiknya selalu mempersiapkan diri serta fisik kendaraan supaya selamat sampai ditujuan. Baca juga: 6 Cara Membuka Pintu Mobil Agar Tetap Aman dan Terhindari dari Kecelakaan Penyebab Kecelakaan Beruntun Sebelum membahas cara mudah mencegah terjadinya kecelakaan beruntun, ada baiknya ketahui lebih dulu apa saja pe
Sederet mobil listrik BMW yang dipinjamkan dalam acara kenegaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT 2023 di beberapa tempat di Indonesia ternyata dijual bebas. Tentu ini jadi salah satu kesempatan bagi masyarakat yang ingin merasakan aura dari para petinggi negara dalam pertemuan bersejarah pada mobil tersebut. Baca juga: BMW Gelar Pameran Khusus Mobil Listrik Bertema Joy is Electric Bahkan menurut Director of Marketing BMW Group Indonesia Bayu Riyanto, sebagian dari mobil BMW iX dan i7 yang di
Toyota GR Yaris 2024 sudah dirumorkan bakal hadir dengan varian transmisi matic meskipun tidak meninggalkan pula opsi gearbox manual sebelumnya. Namun baru-baru ini Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporation mengkonfirmasi bahwa transmisi otomatis yang terpasang itu, akan menjadi game changer untuk semua sistem transmisi di industri otomotif. Dan penerapan transmisi matic baru ini di sebuah mobil performa tinggi, bakal menjadi yang pertama di dunia. Baca juga: Toyota GR Yaris Transmisi Matic

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat