• Segmen Segmen C
  • Tipe bodi Sedan
  • Jenis penggerak -
  • Kapasitas mesin - L
  • Tenaga - PS
  • Tempat Duduk 5
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Subaru merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang cukup populer di dunia otomotif. Pabrikan mobil yang satu ini terkenal dengan mesin Boxer-nya.

    Subaru sendiri sudah melahirkan beberapa model mobil yang menjadi model unggulan dari pabrik mobil ini. Salah satu model unggulannya ialah Subaru WRX.

    Subaru WRX sendiri merupakan model mobil yang mengisi segmen mobil sedan di Indonesia. Mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini sempat berhenti dipasarkan di pasar otomotif Tanah Air karena tersangkut kasus impor pada tahun 2014 lalu. Tetapi kabarnya, pada kuartal keempat tahun 2021, Subaru WRX ini akan kembali dipasarkan di Indonesia.

    Di Indonesia sendiri, Subaru WRX ini akan dipasarkan di bawah naungan PT Plaza Auto Mega selaku Agen Pemegang Merek (APM) yang baru. Kembalinya Subaru WRX ke pasar otomotif Tanah Air ini bukan hanya untuk mengobati rasa rindu para pecinta Subaru di Indonesia, tetapi juga untuk mengembalikan kepercayaan para konsumen terhadap merek mobil yang satu ini.

  • Eksterior

    Desain Subaru WRX

    Subaru WRX ini memiliki model mobil sedan. Kendati demikian, mobil ini memiliki desain yang berbeda dari mobil sedan kebanyakan. Subaru WRX menganut bahasa desain yang sporty dan agresif, serta memiliki lekukan bodi dan atap yang tampak berotot.

    Bicara soal dimensinya, Subaru WRX ini memiliki dimensi yang cukup ramping. Walaupun begitu, ruang kabinnya tetap leluasa karena mobil ini memiliki wheelbase yang cukup panjang. 

  • Interior

    Interior Subaru WRX

    Bagian interior merupakan bagian yang menjadi kelemahan dari Subaru WRX. Mobil yang satu ini memiliki desain interior yang standar dengan banyak penggunaan material plastik. Kabinnya ini juga kurang kedap suara, sehingga mengurangi kenyamanan penumpangnya.

    Ruang bagasi yang dimiliki Subaru WRX ini cukup besar, walaupun masih kalah besar dengan para pesaingnya. Kendati demikian, kursi di barisan belakangnya bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi saat diperlukan.

    Subaru WRX sendiri memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Kursi-kursinya cukup nyaman dan ergonomis. Kabinnya juga memiliki head room serta leg room yang cukup leluasa bagi para penumpangnya.

    Subaru WRX hadir standar dengan kursi-kursi depan yang manually adjustable dan dilapisi dengan material fabric. Tetapi jika para konsumen menginginkan peningkatan pada mobil ini, para konsumen bisa memesan kursi-kursi berbalut material kulit, power-adjustable driver's seat, heated front seats, serta Recaro front sport seats.

  • Fitur

    Fitur Subaru WRX

    Bicara soal fiturnya, Subaru WRX ini memiliki berbagai fitur canggih sebagai penunjang kenyamanan dan keamanan pada mobil ini. Sebagai fitur hiburannya, Subaru WRX dibekali dengan head unit touch screen berukuran 6,5 inci dan bisa diupgrade hingga ke layar berukuran 8 inci. Head unit ini juga sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

    Selain itu, ada juga beberapa fitur keselamatan yang disematkan pada Subaru WRX ini. Sebut saja fitur Anti lock Braking System, Brake Assist, Central Locking, Power Door Locks, serta Child Safety Locks. Bukan itu saja, ada pula fitur lainnya seperti Seat Belts, Seat Belt Warning, Door Ajar Warnung, dan Engine Check Warning.

    Untuk kemudahan melakukan parkir, mobil Subaru WRX ini juga sudah dibekali dengan Rear Camera dan Crash Sensor. Demi keamanan tambahan, mobil ini juga dibekali dengan fitur Engine Immobilizer dan A

  • Mesin dan Performa

    Performa Berkendara Subaru WRX

    Subaru WRX mengandalkan mesin 4 silinder flat 4 Gas sebagai jantung mekanisnya. Mesin berkapasitas 2,5 liter ini dilengkapi dengan turbocharger.

    Di atas kertas, mesin yang digendong Subaru WRX ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 310 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri, mobil ini bisa mencapai angka 290 lb-ft pada putaran mesin 4.000 rpm.

    Dengan mesinnya tersebut, Subaru WRX juga bisa memberikan capaian akselerasi yang sangat baik. Mobil ini bisa melesat dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,6 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 241 km/jam.

    Kenyamanan Berkendara Subaru WRX

    Berkat adanya fitur power steering, Subaru WRX ini bisa memberikan handling yang lebih ringan dan stabil. Tetapi tentu saja, kenyamanan berkendara yang ditawarkan mobil ini tidak lepas dari adanya sistem suspensi yang mumpuni.

    Untuk suspensi depannya, Subaru WRX diketahui menggunakan sistem suspensi MacPherson Strut. Sedangkan untuk suspensi belakangnya sendiri, mobil ini dibekali dengan sistem suspensi Double Wishbone.

    Konsumsi Bahan Bakar Subaru WRX

    Dengan performa yang tinggi, tentu saja Subaru WRX ini akan membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Mobil yang satu ini memang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup boros.

    Untuk penggunaan di dalam kota, Subaru WRX bisa menghabiskan hingga 14,4 liter bensin untuk menempuh jarak 100 km. Artinya, mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 6,9 km dengan satu liter bensin.

    Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota, mobil Subaru WRX ini bisa menghabiskan sebanyak 10,8 liter bensin untuk menempuh jarak 100 km. Hal ini menunjukkan bahwa Subaru WRX bisa menempuh jarak sekitar 9,2 km dengan satu liter bensin pada rute luar kota.

  • Kesimpulan

    Subaru WRX merupakan salah satu model mobil sedan yang patut diperhitungkan, terlebih bagi para konsumen yang menginginkan mobil sedan dengan performa tinggi. Mesinnya yang bertenaga dan kemampuan akselerasinya yang mantap membuat mobil ini menarik perhatian para pecinta kecepatan di Tanah Air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
VS