Ini Jawaban Bos Subaru Soal STNK WRX Lama Diterbitkan

Kasus STNK Subaru WRX lama terbit kini jadi perbincangan dikalangan konsumen pabrikan Jepang yang satu ini.

Subaru WRX yang dipasarkan di Indonesia langsung mendapatkan sorotan, bukan karena dikenal sebagai mobil Rally modern, melainkan surat-surat tak kunjung datang ke tangan konsumen hingga delapan bulan. 

Bagaimana tidak, kabar tak sedap ini tersebar karena Subaru WRX yang diluncurkan pada Februari 2023 di ajang IIMS, kemudian secara perdana unitnya diserahkan pada April 2023, hingga bulan Oktober kemarin tak muncul juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) hingga plat nomor.

Hal inilah yang membuat konsumen bertanya-tanya, kenapa penyerahan Subaru WRX tak dibarengi dengan STNK?

Baca juga: Hanya Ada 15 Unit di Indonesia, Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition Bakal Jadi Rebutan

Subaru WRX Wagon

Menanggapi hal tersebut, Chief Operating Officer (COO), Arie Christopher menyatakan lamanya penerbitan sejatinya bukan karena ada masalah, melainkan sudah jadi hal biasa, terlebih mobil ini berstatus Completely Built Up (CBU) atau dikirim utuh dari Jepang.

"Untuk setiap mobil yang baru diperkenalkan di Indonesia rata-rata, surat-suratnya (STNK atau BPKB) itu akan keluar kurang lebih 6-8 bulan. Itu adalah hal yang sangat wajar setiap mobil CBU tipe baru yang baru diperkenalkan," ungkap Arie saat ditemui di Plaza Subaru Tebet, beberapa waktu lalu.  

Kata Arie, STNK Subaru WRX lama terbit karena mobil ini benar-benar tipe baru yang dipasarkan di Indonesia, serta ada beberapa prosedur yang wajib dilakukan. 

Baca jugaSubaru WRX dan Crosstrek Hadir di Batam, Harganya Mulai Rp400 Jutaan

Subaru WRX sedan 

"Seperti uji tipe pendaftaran TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) impor, pendaftaran NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), itu semua adalah proses yang kita harus lalui, proses A selesai, proses B baru bisa kita lakukan, dan itu sampai kita bisa mendaftarkan STNK ke samsat antara 6-8 bulan," ujarnya.

Arie juga menegaskan, lama proses penerbitan untuk unit baru tidak hanya terjadi pada Subaru, tapi juga pada merek lainnya. 

Baca juga: Subaru Buka Dealer Baru di Tebet, Banyak Promo Menarik Jelang Akhir Tahun

Apakah STNK Subaru WRX Lama Bisa Dipercepat?

Subaru WRX Wagon 

"Itu sudah prosedurnya. Yang mengajukan bukan cuma kita (Subaru), tapi banyak mobil yang mengajukan dalam waktu bersamaan," terangnya. 

Sebaliknya, jika semua data mobil baru sudah tercatat, maka untuk penerbitan surat-surat tidak akan sampai 6-8 bulan, melainkan cukup 2,5 bulan selesai. 

Baca juga: Subaru Manfaatkan Sampah Kain Airbags Mobil Jadi Tas Belanja Keren

Bentuk Tanggung Jawab Subaru Indonesia

Terkait surat-surat yang sempat dianggap lama sampai di tangan konsumen, Arie menegaskan, hal itu bukanlah bagian dari masalah.

Plaza Subaru Tebet menyediakan berbagao produk Subaru

Sebaliknya, kata Arie, konsumen yang membeli WRX baik tipe sedan maupun wagon sudah diinformasikan, bahwa penyerahan surat-surat bisa sampai delapan bulan lamanya. 

"Sebagai bentuk tanggung jawab, kita berikan surat jalan resmi (termasuk plat nomor sementara) yang diupdate setiap bulan, sehingga yang beli mobil bisa pakai mobilnya," ucap Arie.

Kini, konsumen telah membeli Subaru WRX dengan harga mulai dari Rp849,5 juta sampai Rp1,029 miliar On The Road Jakarta, maka di akhir Oktober atau awal November 2023, surat-surat sudah mulai didistribusikan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Subaru WRX

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Subaru WRX 2022 Yang Serba Baru

Mazda 2 Hatchback 2023 dan Mazda CX-5 2023 menjadi kado akhir tahun dari Mazda Indonesia. Melalui PT Eurokars Motor Indonesia kedua mobil baru Mazda ini resmi diperkenalkan di Jakarta, Rabu (29/11/2023). "Di penghujung tahun ini kami menambah lini produk terbaru Mazda dengan New Mazda 2 Hatchback dan New CX-5," ujar Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia. Baca juga: Susul MX-30, Mazda2 2024 Pakai Mesin Rotary 830 Cc Perubahan di New Mazda 2 Hatchback 2023 Mazda 2 Hatchback ter
Memudahkan pelanggan dalam melakukan perawatan dan perbaikan bodi, PT Honda Prospect Motor (HPM) melalui Dealer Honda Megatama menambah bengkel bodi repair sekaligus cat untuk wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. Fasilitas bengkel cat dan bodi mobil Honda yang berlokasi di Jalan Cikunir Raya, Jakamulya, Bekasi Selatan ini memiliki berbagai peralatan canggih guna perbaikan rangka mobil, dan pengelasan mobil tanpa mengurangi kekuatan struktur bodi. Dari segi pengecetan pun dilakukan oleh teknisi
Setelah menyelesaikan penugasannya sebagai Presiden Suzuki Motor (Thailand) Co., Ltd. efektif per November 2023, Mr. Minoru Amano dijadwalkan akan menduduki jabatan sebagai presiden direktur PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang baru menggantikan Mr. Shingo Sezaki. Dituliskan secara resmi melalui press realase Suzuki Thailand, Mr. Minoru Amano memulai karirnya sebagai presiden Suzuki Thailand pada 31 Januari 2019. Selama 5 tahun terakhir menjabat, beliau mampu bertahan dalam situasi yang sangat
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander lama lansiran tahun 2017-2020 disebut-sebut lebih boros dibandingkan versi faceliftnya yang meluncur pada November 2021. Sebagai informasi, Xpander lansiran awal dipadukan transmisi matic 4-percepatan torque converter, berbeda dengan model faceliftnya sudah menggunakan transmisi otomatis tipe CVT. Bermain di segmen LMPV, harga bekas Mitsubishi Xpander saat ini berada di angka Rp170 jutaan. Berapa Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama? Diluncurkan pertama kali pada
Toyota Hilux Camp atau versi produksi Toyota Rangga Concept telah diluncurkan secara resmi di Thailand. Disebut-sebut bakal meluncur di Indonesia pada akhir tahun ini atau awal 2024 mendatang, pick up terbaru pabrikan berlogo tiga oval tersebut untuk pasar Thailand ditawarkan dalam 8 varian. Yakni; 2.0 Bensin MT SWB, 2.7 Bensin AT C&C SWB, 2.7 Bensin AT SWB, 2.4 Diesel MT C&C LWB, 2.4 Diesel MT LWB, 2.4 Diesel AT C&C SWB, 2.4 Diesel AT AT LWB dan terakhir 2.4 Diesel AT SWB Attractive Package. Bi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Subaru WRX
    Rp 849,50 Juta
    VS
    Toyota Camry Hybrid
    Rp 848,50 Juta
    WRX vs Camry Hybrid
  • Subaru WRX
    Rp 849,50 Juta
    VS
    Honda Accord
    Rp 749,00 Juta
    WRX vs Accord
  • Subaru WRX
    Rp 849,50 Juta
    VS
    Toyota Camry
    Rp 648,25 Juta
    WRX vs Camry
  • Subaru WRX
    Rp 849,50 Juta
    VS
    Lexus ES
    Rp 1,13 Milyar
    WRX vs ES
  • Subaru WRX
    Rp 849,50 Juta
    VS
    Jaguar XE
    Rp 1,10 Milyar
    WRX vs XE
Subaru WRX
Lihat