Buntut Masalah Pemalsuan Dokumen Uji Keselamatan, Tiga Mobil Pikap Daihatsu Ini Izin Sertifikatnya Dicabut

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Darat, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (Land, Infrastructure, Transport and Tourism/ MLIT) telah melakukan pencabutan izin sertifikat pada tiga mobil yang beredar di jalanan.

Ya, kasus ini memang buntut dari permasalahan antara Daihatsu dan Toyota beberapa waktu lalu, sehingga tiga mobil yang dicabut izin sertifikatnya tersebut adalah mobil besutan Daihatsu Motor Co.Ltd, yaitu berupa Daihatsu Gran Max, Toyota Ace Truck dan juga Mazda Bongo.

Meski ketiganya buatan Daihatsu, namun bagi Toyota, permasalahan ini cukup mencoreng nama besar mereka, terlebih selain masih satu payung perusahaan, salah satu produk yang dicabut izinnya memang dipasarkan oleh Toyota.

Baca juga: Test Drive Toyota Fortuner Bioetanol: Cumi-cumi Peminum Air Tebu

Toyota Town ACE di Jepng

Apalagi Toyota Town Ace truck merupakan salah satu mobil yang banyak ditemui dan digunakan karena kehebatan mobil komersial ini untuk keperluan sehari-hari di Jepang. 

"Kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh pencabutan ini kepada semua pemangku kepentingan, termasuk pelanggan yang telah menunggu penyesuaian, pemasok, dan dealer," tulis Toyota dalam situs resminya.

Disebutkan, karena adanya pengujian sertifikat ini, maka sejumlah kendaraan dan suku cadang yang sudah dikembangkan dan dijual masal jadi terganggu.

Baca juga: Penjualan dan Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia Jalan Terus

Toyota Town Ace dengan beraneka ragam varian

Padahal baik unit dan suku cadang, harus segera digunakan oleh pelanggan, agar mereka bisa berkendara dengan tenang. 

Meski kantung udara yang dilakukan pengujian bermasalah, tapi tidak menggunakan suku cadang, hal tersebut tetap terkena dampaknya.  

"Kami menyadari bahwa tindakan pencabutan yang berat ini diputuskan mengingat tidak terpenuhinya persyaratan untuk pengujian sertifikasi," jelasnya. 

Kendati demikian, bagi Toyota pencabutan sertifikasi izin tersebut hanya akan berdampak pada kendaraan baru yang telah dikirim dan dijual.

Langkah Daihatsu

Daihatsu Gran Max

Pencabutan izin sertifikasi oleh pemerintah Jepang terhadap mobil yang diproduksi Daihatsu, maka Daihatsu sendiri tidak tinggal diam.

Mereka terus melakukan berbagai upaya agar semuanya kembali dengan normal dan mendapatkan kepercayaan dari hati masyarakat. 

Maka dari itu, Daihatsu disebut telah melakukan verifikasi teknis dan konfirmasi keselamatan, serta memastikan bahwa model yang terkena dampak memenuhi standar kinerja keselamatan. 

"Oleh karena itu, pelanggan yang sudah mengendarai kendaraan Daihatsu dapat terus menggunakannya tanpa masalah, karena tidak ada dampak langsung pada saat pemeriksaan," tulisnya.

Selain itu, Daihatsu juga berjanji akan terus dengan tulus menjawab kekhawatiran pelanggan, pemasok, dealer, dan seluruh pihak terkait. 

"Kami juga akan menanggapi perintah pencabutan MLIT dengan serius dan berupaya melakukan revitalisasi dan reformasi Daihatsu," tutupnya. 

Baca juga: 64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max PU

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Interior mobil jamuran biasanya disebabkan karena mobil jarang dipakai atau tersimpan lama di garasi. Kemunculan jamur pada interior mobil dapat merusak kesehatan dan material yang digunakan. Dengan begitu apabila muncul jamur, maka pemilik diharuskan membersihkannya sesegera mungkin. Jamur di bagian interior mobil biasanya muncul pada musim penghujan yang membuat intensitas kelembaban udara sangat tinggi bercampur dengan debu yang menempel. Jamur cenderung tumbuh lebih baik di lingkungan yang l
Memilih bengkel BMW terdekat tentu saja tidak bisa sembarangan, mengingat mobil asal Jerman itu ada beberapa model yang butuh perawatan khusus. Apalagi untuk mobil-mobil BMW modern yang biasanya sudah dilengkapi berbagai fitur dan teknologi mutakhir, maka sebaiknya jangan sembarang bengkel atau mekanik yang mengerjakan jika terjadi masalah dengan kendaraan tersebut. Begitu pula dengan model-model BMW M Series yang terkenal memiliki tenaga mesin yang dahsyat. Satu dari beberapa kunci penting untu
Syarat Perpanjangan SIM baik itu SIM A, SIM C, SIM B1 atau SIM B2 perlu diketahui jika Surat Izin Mengemudi Anda sudah habis masa berlakunya. Dikutip dari situs resmi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Landasan hukum tentang SIM
Bagi pemilik maupun calon konsumen mobil listrik Neta V wajib mengetahui indikator penting apa saja yang ada pada mobil. Karena selain ramah lingkungan, mobil listrik Neta V disematkan fitur serta beragam teknologi modern dengan berbagai indikator canggih, yang membantu pengemudi memahami kondisi mobil secara akurat. Penting untuk mengetahui indikator pada mobil listrik karena mobil ramah lingkungan ini berbeda dengan mobil konvensional. "Indikator pada mobil listrik Neta V bukan hanya sekadar p
Toyota Fortuner Bioetanol E100 pertama kali menampakkan diri saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Agustus 2023 lalu. Berbalut stiker livery kombinasi antara hijau dan putih, mungkin beberapa pengunjung melihatnya kurang menarik. Ini dikarenakan sosok Fortuner Bioetanol tersebut tetap sama dengan Fortuner kebanyakan yang saat ini sedang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Satu-satunya pembeda dibanding Fortuner diesel atau bensin hanyalah identitas

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 616,80 Milyar

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Gran Max PU
Lihat