Test Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Nanjak Tol Cipularang Nggak Pakai Repot

Mitsubishi Fuso Canter Bus diluncurkan secara resmi di Tanah Air pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu, dengan penjualan yang baru dimulai akhir tahun kemarin.

Untuk mengetahui lebih dekat Fuso Canter Bus, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengajak rekan media merasakan langsung microbus terbarunya tersebut dengan trek Jakarta-Bandung dalam kegiatan "Fuso Jajal Canter Bus Jalan Ke Bandung".

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari 29 Februari hingga 1 Maret 2024 untuk perjalanan awal dimulai dari head office PT KTB yang beralamatkan di Blok Pulo MAS Selatan Jalan Pulomas Selatan, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Perjalanan menuju Bandung dimulai dari memasuki ruas tol JORR kemudian tol lingkar luar dengan melawati jalan layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), kemudian kembali ke tol Cikampek dan masuk tol Cipularang.

Sebelum melakukan perjalanan menujung Bandung, Fuso Canter Bus yang digunakan diisi oleh 14 orang yang diantaranya 12 rekan media, 1 perwakilan KTB dan 1 driver.

Secara kapasitas daya tampungnya Fuso Canter Bus dapat memuat 20 orang sekaligus berikut 19 penumpang dan 1 driver.

Baca juga: Lebih Murah dari Pesaing Terderkat, Mitsubishi Fuso Canter Bus Punya Beragam Keunggulan

Nanjak di Tol Cipularang Mitsubishi Fuso Canter Bus Terasa Mudah

Fuso Canter Bus di tol Cipularang

Secara basic Fuso Canter Bus menggunakan Fuso Canter FE 71 LBC yang sudah dibalut menggunakan body garapan bengkel karoseri Trijaya Union dengan panjang kendaraan mencapai 6,5 meter.

Menurut Bambang, driver Fuso Canter Bus yang membawa kami menuju Bandung, line up terbaru pabrikan tiga berlian di segmen microbus ini jago ditanjakan.

"Kalau tenaga Fuso Canter Bus bukan cuma jago di trek lurus tapi juga lebih jago ditanjakan dibandingkan pesaingnya. Kalau pesaingnya nanjak tol Cipularang harus turun gigi ke tiga, Fuso Canter Bus masih bisa di empat,” kata pramudi yang kesehariannya membawa kendaraan travel lintas Sumatra tersebut.

Untuk diketahui Fuso Canter Bus dibekali mesin diesel 3.907 cc berkodekan 4V21-2AT4,4-silinder segaris turbocharger yang mampu melecutkan tenaga sebesar 108 PS di 2.500 rpm dan torsi 304 Nm pada rentan putaran 1.000-2.500 rpm.

Perjalanan ke Bandung menggunakan Fuso Canter Bus

Mesinnya disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.

Tak hanya itu, dirinya pun menyatakan Fuso Canter Bus memiliki pandangan mengemudi yang luas.

“Untuk pandangan mengemudinya pun luas dan terlihat tinggi. Jadi melihat kendaraan secara dekat terasa gampang untuk mengatur jaraknya. Untuk lihat kendaraan jauh juga gampang karena posisinya yang tinggi,” tambah Bambang kepada Autofun Indonesia.

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Dipastikan Meluncur 2024, Berharap Harganya Didiskon Subsidi Pemerintah

Dilengkapi Exhaust Brake, Menginjak Rem Jadi Lebih Mudah  

Tampilan belakang Fuso Canter Bus

Sistem pengeremannya Fuso Canter Bus menggunakan rem tromol di semua roda.

Guna memudahkan pengemudi ketika ingin memperlambat laju kendaraan, remnya dibekali dengan teknologi exhaust brake.

“Keunggulan lainnya dia punya exhaust brake. Beberapa pesaing gak punya fitur ini. Jadi kalau mau ngurangi kecepatan bisa aja pakai fitur ini aja, dan kalau mau lebih cepat berhenti pakai ini ditambah nginjak rem kalau mau berhenti lebih cepat,” ceritanya selama perjalanan.

Menurut pengertiannya exhaust brake dapat membantu mengurangi kecepatan kendaraan secara efektif dan mengurangi keausan pada rem utama.

Tampilan depan Fuso Canter Bus

Melalui penggunaan exhaust brake maka pengemudi dapat mengurangi kecepatan kendaraan tanpa harus terus-menerus menginjak pedal rem sehingga rem utama dapat bertahan lebih lama.

Selain itu penggunaan exhaust brake juga dapat meningkatkan keselamatan berkendara, terutama pada jalan menurun atau saat mobil membawa beban yang berat.

Untuk penggunaan exhaust brake lebih tepat digunakan saat kendaraan sedang melaju di jalan menurun atau saat membawa beban berat karena terasa lebih efektif dalam mengurangi kecepatan, dan tidak perlu terus-menerus menginjak rem utama yang bisa menyebabkan brake fading.

Kamera Belakang Mudahkan Pengemudi Ketika Parkir Mundur

Rear mirror dengan LCD Screen

Memliki panjang keseluruhan mencapai 6,5 meter tentu sedikit menyulitkan pengemudi Fuso Canter Bus ketika melakukan parkir mundur.

Guna menangani masalah tersebut pada spion tengah Fuso Canter Bus KTB melengkapinya dengan fitur LCD Screen yang terkoneksi langsung oleh kamera di belakang yang diletakan di dekat plat nomor.

Kamera belakang diletakan di atas plat nomor

Spion yang digunakan secara otomatis akan menampilkan kondisi belakang kendaraan melalui spion tengah ketika parkir mundur.

Dengan adanya fitur ini maka visibilitas pengemudi jadi lebih jelas ke belakang serta minim akan gejala blind spot.

Baca juga: Fuso National Dealer Contest 2024, Cara Mitsubishi Buat Manjakan Para Juragan Pemilik Canter

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Tak sedikit konsumen di Indonesia yang mencari mobil baru di bawah Rp 150 juta ketimbang mereka membeli mobil bekas. Alasannya pun cukup rasional, menjatuhkan pilihan pada mobil baru selain karena tampilan lebih modern, mesinnya sudah menggunakan teknologi yang membuat lebih hemat bahan bakar, serta tidak perlu repot melakukan perbaikan yang masif selama 4-5 tahun ke depan. Kebutuhan akan mobil baru ini juga biasanya melonjak seiring mendekati Hari Raya Idul Fitri. Keinginan mudik ke kampung hal
Bahaya buka kap mesin saat parkir seperti di kawasan Rest Area Jalan Tol, ternyata bisa mengintai pemilik mobil. Alih-alih mau menurunkan suhu mesin kendaraannya, bisa-bisa kerugian besar yang akan dilanda. Mobil dengan kap mesin yang dibiarkan terbuka mungkin menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Apalagi jika mobil yang digunakan telah menempuh perjalanan yang jauh misalnya di rest area jalan tol atau di pinggir-pinggir jalan saat kondisi macet pada momen-momen tertentu seperti musim liburan
PT Pertamina (Persero) mengumumkan harga BBM terbaru pada Maret 2024 tetap sama alias tak mengalami kenaikan seperti di awal tahun. Hal ini berlaku pada seluruh produk Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina khususnya non subsidi mulai dari Pertamax Rp12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp15.100 per liter yang semua harganya sama seperti Januari dan Februari 2024. Sementara untuk produk Pertamina bers
PT Honda Prospect Motor (HPM) berkolaborasi dengan Jakarta Good Guide (JGG) untuk menggelar rangkaian acara Honda e:Technology City Tour, Kamis (29/2/2024). Menurut Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy, acara ini merupakan bagian dari edukasi dan riset yang dilakukan Honda untuk mewujudkan visi elektrifikasi di Indonesia. "Kolaborasi dengan city tour sekaligus menambah daya tarik bagi anak-anak muda yang akan menjadi pengguna dari teknologi ini di masa yang akan datang,"
Mitsubishi Fuso merilis Mitsubishi Fuso Canter Bus pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu. Kehadirannya sangat ditunggu-tunggu para pelaku usaha travel dan pariwisata namun sayangnya saat itu pihak Fuso sendiri belum menjual secara resmi Canter Bus. "Kita kenalkan di GIIAS tahun 2023, kita start selling itu bulan Desember kemarin, sampai saat ini animo atau responsnya sangat baik. Beberapa order dari dealer setelah menerima order dari konsumen itu cukup sesuai

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Juta

Lihat Mobil
Wuling

Wuling BinguoEV

Rp 326,00 - 372,00 Juta

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
Mitsubishi L300
Lihat