window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Dipastikan Meluncur 2024, Berharap Harganya Didiskon Subsidi Pemerintah

Herdi · 9 Nov, 2023 10:02

mitsubishi fuso ecanter

PT Krama Yudha Berlian Motors (KTB) selaku distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia memastikan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter akan hadir tahun 2024.

Hal ini diungkapkan langsung Vice President of Sales and Marketing KTB Aji Jaya saat ditemui di Jakarta, Rabu (11/8/2023). 

Hanya saja Aji menyatakan, sejauh ini KTB masih terus melakukan berbagai persiapan dengan status on the track, serta secara intens berkomunikasi dengan principle Fuso di Jepang untuk menyambut kehadiran eCanter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca jugaIntip Teknologi Baterai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter yang Akan Dijual Tahun Depan

Truk Fuso eCanter veris produksi dipamerkan di GIIAS 2023

Truk Fuso eCanter versi produksi dipamerkan di GIIAS 2023

"Biasa kalau di mobil sebelum launching atau rilis akan banyak yang perlu disiapkan seperti after sales.

Secara paralel kita sedang persiapkan infrastruktur Sporting dari pemerintah dalam kendaraan listrik," ungkap Aji yang menggantikan Duljatmono. 

Lebih lanjut Aji menuturkan, hingga saat ini KTB sudah melakukan serangkaian uji coba Mitsubishi Fuso eCanter berupa proof of concept (PoC) dengan tipe 1:1, dan setelah itu adalah tipe 1:2 yaitu tidak lagi concept, alias siap produksi. 

Adapun sejumlah perusahaan ternama yang sudah ditawarkan untuk melakukan pengujian Fuso eCanter diantaranya adalah Nestle, Blog, Pos Indonesia hingga GoTo.

Baca juga: Bos Fuso Pensiun Setelah 34 Tahun di KTB, Ini Prestasi dan Catatan Karirnya

Mitsubishi Fuso eCanter Dimata Pengusaha Logistik

Truk Fuso eCanter merupakan truk listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2024

Truk Fuso eCanter merupakan truk listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2024

Dengan uji cobanya Fuso eCanter oleh sejumlah perusahaan ternama, tentu saja ini menjadi cara yang tepat untuk memastikan produk yang akan dibawa sesuai dengan harapan konsumen.

Terlebih Fuso eCanter ini merupakan sebuah kendaraan komersial yang bentuknya sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis.

Bahkan Aji menuturkan, setelah Fuso eCanter dilakukan serangkaian pengujian, ternyata komentar positif keluar dari mulut konsumen yang telah menjajalnya.

"Sudah kita uji coba (eCanter) di beberapa pelanggan besar kita, ada yang sudah mencapai 10 ribu kilometer, pasti kita akan tanya bagaimana performanya,” ucap Aji. 

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur Tahun Depan, Sasar Pengusaha Logistik

Di negara asalnya Jepang, Truk eCanter hadir dalam tiga varian

Di negara asalnya Jepang, Truk eCanter hadir dalam tiga varian 

Hanya saja, kata Aji, saat ini konsumen masih tetap mempertanyakan bagaimana persiapan dari infrastruktur jika truk listrik ini dipasarkan. 

"Yang banyak ditanyakan apa benefitnya kalau pakai mobil listrik ini. Yang tertarik ada, tetapi bukan hot prospek, baru hanya tertarik, untuk jadi hot prospek atau hingga ingin join, itu masih belum tahu," tuturnya. 

Akan tetapi Aji tak menampik, jika diluncurkan maka Fuso eCanter akan fokus dipasarkan untuk kota besar, seperti Jakarta, karena secara infrastruktur infrastruktur sudah lebih mendukung. 

Tiga varian truk Fuso eCanter

Tiga varian truk Fuso eCanter

Meski belum tahu waktu detailnya Fuso eCanter diluncurkan, namun dia memastikan, bahwa truk tersebut akan mendapatkan berbagai teknologi canggih ketika akan dijual. 

Truk Listrik Juga Ingin Dapat Subsidi

Kehadiran truk listrik seperti Fuso eCanter tentu saja sangat menarik, karena seperti kita tahu, kendaraan besar kerap mengeluarkan asap tebal dari knalpot.

Oleh karena itu, Aji berharap pemerintah juga turut memberikan subsidi, tidak hanya untuk motor, mobil dan bus, tetapi truk juga. 

Koleksi truk Fuso dari truk mesin konvensional hingga listrik

Koleksi truk Fuso dari truk mesin konvensional hingga listrik 

"Kita masih menunggu agar truk bisa. Komunikasi sudah dilakukan dengan instansi terkait. Ya minimal bantuannya sama seperti kendaraan listrik lainnya," harap Aji.

Aji sendiri mengaku, memang untuk saat ini Mitsubishi Fuso eCanter masih didatangkan secara utuh atau Completely Built Up dari Jepang. 

"Kita masih menunggu support dari pemerintah. Kita studi lagi kesiapannya, kalau memang diwajibkan oleh pemerintah," tutupnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia