Menunggu Rilis di Indonesia, Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Hybrid Bisa Segini

Sebagai LMPV ramah lingkungan, Mitsubishi Xpander hybrid sudah mendebut secara global pada Februari 2024 di Thailand.

Tak hanya Xpander, di waktu yang bersamaan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) juga meluncurkan versi SUV-nya yakni Mitsubishi Xpander Cross hybrid.

Sebagai kendaraan listrik terbaru pabrikan tiga berlian dengan mengusung teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang dinamakan e:motion, Xpander hybrid lebih dulu diluncurkan oleh MMC di Negeri Gajah Putih bukan tanpa alasan.

Hal ini pun disampaikan langsung oleh Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kepada rekan media belum lama ini.

"Melihat potensial market, Mitsubishi Motors Corporation berinisiatif untuk lebih dulu meluncurkannya (Xpander hybrid) di Thailand. Lebih dulu diproitaskan di Thailand karena ada program khusus yang diberikan pemerintah Thailand untuk mobil hybrid yang sangat menguntungkan,” sebutnya.

Baca juga: Spesifikasi Mitsubishi Xpander Hybrid untuk Indonesia Bisa Berbeda dengan di Thailand

Xpander hybrid meluncur di Thailand Februari 2024

Disebutkan bahwa kehadiran Xpander hybrid di Tanah Air masih menunggu waktu yang tepat.

"Kapan kami akan bawa ke Indonesia? Tergantung dari perkembangan mobil hybrid. Saya tidak bisa katakan sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa katakan secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia. Mitsubishi intinya sudah ready dengan hybrid. Hanya menunggu kapan waktu yang tepat,” terangnya

Tampilan Tak Berubah, Mitsubishi Xpander Hybrid Pakai Mesin Baru dengan Motor Listrik Tunggal

Tampilan Xpander hybrid dan Xpander facelift sama 

Teknologi HEV yang disebut Mitsubishi dengan sebutan e:motion pada Xpander hybrid pada dasarnya merupakan perkembangan dari Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Secara tampilan Xpander hybrid sangat identik dengan Xpander facelift yang diluncurkan di Indonesia pada 2021.

Sebagai identitas, versi hybrid mobil ini dilengkapi logo HEV serta HYBRID EV di beberapa bagian.

Di Thailand, dari segi performa mobil ini dipersenjatai mesin bensin 4A92 4-silinder segaris MIVEC DOHC 16 valve 1.6-liter dengan baterai, dan motor electric.

Baca juga: Misubishi Xpander Hybrid Mulai Diproduksi 2024, Tapi Bukan di Indonesia

Teknologi e:motion

Mesin bensin konvensionalnya dapat meletupkan tenaga 95 PS di 5.100 rpm dengan torsi puncak 134 Nm pada 4.500 rpm.

Menggunakan sistem hybrid yang dinamakan e:motion, penggabungan antara mesin konvensional dengan motor listriknya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 85 kW (116 PS) dengan torsi maksimal di angka 255 Nm.

Berdasarkan pengujian New European Driving Cycle (NEDC), untuk pemakaian dalam kota Xpander hybrid diklaim lebih hemat 15% dibandingkan versi biasa.

Untuk motor listriknya yang digunakan memperoleh asupan daya dari baterai litihium-ion.

Xpander hybrid memiliki tujuh mode berkendara, dua diantaranya adalah EV Priory dan Charge bisa digunakan jika menggunakan baterai motor listrik.

7 mode berkendara Xpander hybrid

Sedangkan lima mode berkendara lainnya bisa digunakan sesuai kondisi jalan, seperti Normal, Tarmac, Gravel, Mud dan Wet. 

Mempunyai sistem kerja mirip seperti mobil PHEV, ketika melakukan akselerasi awal pengemudi akan merasakan mobil melaju dengan lebih smooth dan tanpa suara karena hanya baterai dan motor listrik yang bekerja untuk menggerakan mobil.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Wajib Waspada, Mitsubishi XForce Hybrid Segera Hadir

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Seperti halnya pabrikan lain, Ford juga menghadirkan layanan untuk menemani para pemudik melalui Bengkel Siaga Ford 2024. Program ini merupakan inisiasi dari RMA selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Ford di Indonesia yang menggandeng sejumlah dealer resmi Ford yang ada di seluruh Indonesia. Bengkel Siaga Ford 2024 ini diselenggarakan 8-13 April di 7 titik arus mudik Lebaran, meliputi Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. "Ini adalah bentuk komitmen Ford RMA
Daihatsu Sigra kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia secara berturut-turut dalam tiga bulan pertama di tahun 2024. Ya, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis baru-baru ini, dimana wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Daihatsu Sigra tertinggi di Maret 2024 yang mencapai 5.674 unit. Jumlah penjualan Daihatsu ini meningkat dari bulan sebelumnya, dimana pada Februari 2024 tercatat 5.543 unit. Baca juga: 30 Mobil Terlaris di Indonesia Feb
Kehadiran Toyota Rush GR Sport 2024 seperti mengingatkan lagi pada kisah Toyota Rush di Indonesia sejak era Rush Konde. Hal ini terlihat pada beberapa artikel mengenai Toyota Rush GR Sport 2024 maupun Rush generasi-generasi sebelumnya yang dicari pembaca Autofun Indonesia. Selain itu, sebagai kembarannya, pamor Daihatsu Terios juga ikut menjadi Top 5 Artikel di Autofun dalam sepekan ke belakang. Hal ini memang bisa dibilang wajar mengingat antara Rush dan Terios lahir dari satu platform yang ser
Menjelang Lebaran Idul Fitri, beberapa perusahaan di Tanah Air mengadakan program mudik gratis 2024 tak terkecuali PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI). Sebagai salah satu persuahaan yang memasarkan produk pelumas merek Mobil Lubricants, PT EMLI menggelar program mudik gratis Lebaran 2024 untuk ratusan mekanik beserta keluarga dengan tujuan keberangkatan Jogja dan Surabaya. Ratusan mekanik beserta keluarga yang terdaftar dalam mudik gratis tahun ini berasal dari bengkel rekanan yang ters
Mobil listrik besutan Wuling kini akan semakin mudah untuk mengisi daya karena Wuling Motors mengumumkan keberadaan pengisian daya cepat Direct Current atau DC Charging di enam lokasi terbaru. Menurut Aftersales Director Wuling Motors Maulana Hakim, kehadiran pengisian daya DC terbaru merupakan komitmen Wuling dalam industri kendaraan listrik dan pengembangan ekosistemnya. "Untuk itu, Wuling melanjutkan langkahnya yang diwujudkan dengan beroperasinya 6 titik DC Charging yang berada di wilayah Ja

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat