window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Misubishi Xpander Hybrid Mulai Diproduksi 2024, Tapi Bukan di Indonesia

Prasetyo · 18 Agu, 2023 15:27

Mitsubishi Xpander hybrid

Kehadiran Mitsubishi Xpander hybrid mulai menemui titik terang setelah resmi diumumkan prinsipal Mitsubihsi Motors Corp di Jepang sebagai bagian dari rencana produksi lini elektrifikasi mereka.

Kabar paling anyar datang dari media Jepang, Nikkei yang memberikan prediksi tentang waktu kedatangan Xpander Hybrid ini.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan 16 Model Baru, Termasuk Xpander Hybrid dan XFC Concept

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Xpander Hybrid Diproduksi Tahun Depan

Mitsubishi Xpander hybrid

Xpander saat ini diproduksi di Indonesia

Menurut laporan internal media tersebut, Mitsubishi akan mulai memproduksi Xpander bermesin ganda ini akan mulai diproduksi awal 2024. 

Namun berbeda dengan Xpander bermesin bensin yang diproduksi di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, untuk Xpander hybrid malah akan dirakit di Laem Chabang, Provinsi Chonburi, Thailand.

Pabrik Mitsubishi Xpander

Pabrik Mitsubishi di Cikarang

Nantinya hasil rakitan dari Negeri Gajah Putih itu akan memenuhi permintaan ekspor ke pasar Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Hal ini menjadi menarik lantaran pabrik Mitsubishi di Indonesia sudah memproduksi Xpander sejak 2018 dan juga diekpsor ke Asia Tenggara termasuk Thailand.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Juga Akan Produksi Xpander Hybrid dan Dua Model PHEV Lain

Pabrik di Thailand Lebih Siap Produksi Mobil Hybrid

Mitsubishi Outlander PHEV

Outlander PHEV diproduksi di Thailand

Menurut laporan media tersebut, saat ini pabrikan tiga berlian itu memproduksi Outlander Plug-in Hybrid (PHEV) di Thailand.

Ketersedian teknologi untuk produksi mesin hybrid inilah yang dinilai jadi alasan Mitsubishi mengapa Xpander hybrid diproduksi di Thailand.

Bahkan disebut-sebut Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sudah menargetkan fasilitas perkaitan di Thailand untuk memenuhi permintaan model hybrid.

Mobil hybrid Mitsubishi

Lini produk elektrifikasi Mitsubishi

Mitsubishi percaya hingga 10 tahun mendatang permintaan mobil bermesin bensin dan motor listrik akan melesat tajam lantaran harga mobil listrik murni (BEV) masih sangat tinggi dan ketersediaan infrstrukturnya belum merata.

Baca juga : Tak hanya Mitsubishi Xpander Hybrid, Seluruh Model Mitsubishi akan Dapatkan Varian Listrik pada 2030

Indonesia Juga Dibidik Sebagai Fasilitas Produksi Mobil Hybrid

Meskipun negara tetangga akan jadi pusat perakitan Xpander Hybrid namun pabrikan ini juga membidik Indonesia untuk membangun fasilitas perkaitan model hybrid.

Mitsubishi Pajero Sport hybrid

Pajero sport juga akan hadir versi hybrid

Mitsubishi melihat sumber daya nikel yang berlimpah di dalam negri menjadi landasan kuat untuk bahan baku baterai yang akan dipakai untuk mobil hybrid dan EV.

Selain Xpander, Mitsubishi memang juga diketahui menyiapkan model hybrid lainnya yaitu Pajero Sport pada November 2023 yang menggunakan platform serta fisik dari All New Triton yang baru saja diluncurkan di Thailand.

Apakah itu berarti Pajero Sport hybrid akan dirakit di Indonesia sementara Xpander hybrid di Thailand?

@autofun.indonesia Komparasi LSUV 7-seater, kalian tim Mitsubishi atau Suzuki nih? #reviewmobil #reviewmobilbaru #mobilbaru #suzukixl7 #mitsubishi #xpandercross #komparasi ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia