Logo Aprilia
Aprilia didirikan setelah Perang Dunia Kedua oleh Cavaliere Alberto Beggio sebagai pabrik produksi sepeda di Noale, Italia di provinsi Venesia. Putra Alberto, Ivano Beggio, mengambil alih kendali perusahaan pada tahun 1968 dan membangun "sepeda motor" 50 cc dengan sekitar selusin kolaborator. Produksi pertama moped Aprilia diberi nama Colibrì, Daniela dan Packi. Aprilia kemudian memproduksi sepeda motorcross pada tahun 1970 yang disebut Scarabeo. Diproduksi hingga akhir tahun 1970-an, Scarabeo hadir dalam versi 50 dan 125 cc. Pada tahun 1977 Ivan Alborghetti dari Milan, Italia memenangkan kejuaraan motorcross Italia 125 dan 250 cc di Aprilias. Pada tahun 1978 Alborghetti menutup musim dengan dua tempat ketiga dalam balapan individu dan tempat keenam di Kejuaraan Dunia. Pada 1980-an Aprilia menambahkan enduro, uji coba dan sepeda jalan raya antara 50 dan 600 cc. Pada tahun 1981 Aprilia memperkenalkan mesin uji coba TL320. Pada tahun 1983 Aprilia meluncurkan sepeda jalan raya St 125. Pada tahun 1984 Aprilia meluncurkan model yang lebih baik yang disebut STX, dan enduro, yang disebut ET 50. Pada tahun 1985, Aprilia mulai mengalihkan mesin untuk beberapa model ke perusahaan Austria Rotax. Pada tahun 1985 Aprilia meluncurkan 125 STX dan 350 STX. Pada tahun 1986 Aprilia meluncurkan AF1; model olahraga kecil, dan Tuareg; sepeda motor besar untuk reli Afrika seperti Reli Dakar. Pembalap pabrikan Aprilia Philippe Berlatier bersaing untuk kejuaraan dunia uji coba dengan meraih tempat kelima, dan Loris Reggiani mengendarai Aprilia GP 250 dengan mesin Rotax ke tempat keenam di Kejuaraan Dunia balap jalan raya. Dua musim kemudian, pada 30 Agustus 1987, di Grand Prix San Marino di AF1 Misano Loris Reggiani memenangkan Kejuaraan Kecepatan Dunia pertama. Pada tahun 1990 Aprilia meluncurkan Pegaso 600, sepeda jalan raya yang diturunkan dari mekanik off-road. Kemudian, pada tahun 1992 pebalap Aprilia Alessandro Gramigni memenangkan gelar Kejuaraan Balap Jalan Dunia 125. Juga, pada tahun 1992, Tommy Ahvala memenangkan Kejuaraan Uji Coba Dunia dengan Aprilia Climber. Sejak saat itu, Aprilia telah 124 kali memenangkan Grand Prix kelas 125 dan 250 cc, 15 gelar Kejuaraan Dunia Balap Jalan, dan 16 gelar Eropa kecepatan. Banyak juara dunia memulai di Aprilia seperti Biaggi, Capirossi, Gramigni, Locatelli, Sakata dan Rossi. Juga, pada 1990-an, Aprilia memasuki pasar skuter mulai tahun 1990 dengan skuter plastik pertama Italia, Amico. Pada tahun 1992, Aprilia memperkenalkan Amico LK dan Pegaso 125 dua langkah, keduanya dengan konverter katalitik. Pada tahun 1993 Aprilia meluncurkan skuter roda berdiameter besar yang menggunakan kembali nama Scarabeo dengan mesin empat-tak, empat-katup. Kemudian Aprilia meluncurkan lebih banyak skuter seperti Leonardo, SR dan Gulliver. Pada tahun 1995, Aprilia menugaskan Philippe Starck untuk merancang Motò yang dipamerkan di Museum Seni Modern New York. Selain itu, pada tahun 1995 Aprilia meluncurkan motor sport dua tak RS 125 dan RS 250. Pada tahun 1998 Aprilia meluncurkan RSV Mille, 1000cc V-Twin Superbike, dan Falco, turer sport 1000cc V-Twin dengan penekanan pada olahraga. Kedua motor tersebut menggunakan variasi mesin Rotax 1000cc. Pada tahun 1999 Aprilia memasuki balapan World Superbike Championship dengan RSV Mille-nya, dan selama tahun 2000, Aprilia mengakuisisi Moto-Guzzi dan Laverda, keduanya merupakan warisan sejarah pabrikan Italia. Pada tahun 2000 Aprilia meluncurkan mesin dua tak 50 cc DiTech (Direct Injection Technology) untuk skuter yang memberikan jarak tempuh tinggi dan emisi rendah, dan juga RST Futura, seorang sport tourer, dan ETV 1000 Caponord; sebuah sepeda motor touring petualangan. Kedua motor terakhir ini menggunakan varian Rotax 1000 cc V-Twin. Baru-baru ini, pada tahun 2003, Aprilia meluncurkan RSV Mille Tuono yang pada dasarnya adalah RSV Mille dengan setang tinggi bergaya motorcross dan hanya fairing lampu depan kecil. Sebagian besar majalah sepeda motor besar memilihnya sebagai sepeda terbaik tahun ini. Pada tahun 2004, Aprilia diakuisisi oleh Piaggio & C. SpA, untuk membentuk grup sepeda motor terbesar keempat di dunia dengan penjualan 1,5 miliar Euro, kapasitas produksi tahunan lebih dari 600.000 kendaraan, dan hadir di 50 negara. Dengan akuisisi oleh Piaggio, Presiden baru Aprilia adalah Roberto Colaninno (Presiden Piaggio & C.), dan Direktur Pelaksana adalah Rocco Sabelli. Putra sang pendiri, Ivano Beggio, adalah Presiden Kehormatan dan meninggal pada 13 Maret 2018. Pada 15 Agustus 2010, Aprilia menjadi merek balap motor tersukses dalam sejarah, mengungguli sesama MV Agusta Italia dengan rekor kemenangan ke-276 Saat ini ada 3 model Sepeda Aprilia tersedia untuk dijual di Indonesia, termasuk 2 Sport (Aprilia RSV4 RF, RSV4 RR) dan 1 Street (Aprilia Shiver 900).

Daftar Harga Aprilia

Daftar Mobil ApriliaHarga
Harga Aprilia Shiver 900
Rp 560,00TBC Juta
Harga Aprilia RSV4
Rp 807,00 - 823,00TBC Juta

Motor Aprilia di Indonesia

VS