Rp 29,84 - 43,29TBC Juta

Harga Honda PCX 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda PCX
ModelScooter
Tenaga Maksimal14.4 - 14.48hp
Panel InstrumenDigital / Y
Kapasitas149.3 cc / 5 Ah
Opsi startListrik
ABSY / N

Honda PCX 2021 - 2022 ditawarkan dalam 4 varian - mulai Rp 29,84Juta hingga Rp 43,29Juta , varian entry levelnya yaitu Honda PCX CBS Rp 29,84Juta dan varian tertingi Honda PCX yaitu Honda PCX Hybrid Standard ditawarkan dengan harga Rp 43,29Juta.

Kelebihan&Kekurangan Honda PCX

Kelebihan

  • Desain PCX yang bergaya Modern dan tampilannya lebih sangat mewah dan elegant

  • PCX sudah dilengkapi dengan fitur – fitur premium, ini sebabnya motor ini di bandrol dengan harga yang lebih mahal jika di bandingkan dengan Yamaha NMAX

  • Mesin PCX hemat bahan bakar

  • Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar

  • Performa mesin cukup handal sehingga cocok untuk di ajak touring

  • Honda PCX sudah dilengkapi dengan kualitas suspensi yang sangat baik, sehingga akan memberikan kenyamanan ketika anda touring dengan motor ini

  • Kapasitas bagasi motor PCX luas

  • Posisi berkendara nyaman

Kekurangan

  • Harga PCX cukup mahal

  • PCX Masih menggunakan rem tromol (rem belakang)

  • Belum ada konektivitas smartphone

  • Motor PCX tidak punya kendali traksi atau traction control system (TCS). Guna TCS untuk mencegah roda tergelincir saat berakselerasi di jalan licin.

  • Suspensi belakang belum tabung

  • Performa mesinnya kurang mantab

  • Handling motor kurang lincah

Review Honda PCX

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin dan BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Meskipun Honda yang pertama kali masuk ke pasar skuter maxi berkapasitas kecil, namun Yamaha NMax telah keluar sebagai pemenang yang unggul. Dan Honda tidak bisa berdiam diri saja. Setelah peluncuran PCX pada tahun 2011, Honda memberikan mesin yang lebih besar pada tahun 2013 dan facelift pada tahun 2014. Kini pada 2018, Honda akan segera meluncurkan varian hybrid dan versi listrik di beberapa pasar. 

    Sementara itu, ada juga model baru yang didesain ulang untuk 2018. Muncul dengan teknologi dan gaya baru yang membuatnya menjunjung tinggi citra premium dan inovatif. All New Honda PCX 160 sudah meluncur di Indonesia. Keberadaannya jelas penting, mengingat persaingan si produk eksis PCX 150 yang mungkin kurang sahih meladeni sepak terjang Yamaha NMax. 

    Secara kapasitas masih sama (155 cc). Namun, konstruksinya berbeda jauh dibanding model pendahulu. Sebagai contoh penggunaan klep intake. Dan yang paling mencolok adalah diaplikasikannya piston kepunyaan Yamaha YZF R15. Alhasil tenaganya terdongkrak dari 15 Ps ke 15,3 Ps di putaran 8.000 rpm. Memang ada penurunan ihwal torsi. Kini momen puntir dicatatnya adalah 13,9 Nm @6.500 rpm, sementara sebelumnya 14,4 Nm @6.000 rpm.   

    Harga dan Varian Honda PCX 160 2021

    Honda PCX 160 hadir dengan duavarian, yakni CBS (Combi Brake System), ABS (Anti-lock Braking System) dan e:HEV yang merupakan varian tertinggi dengan teknologi hybrid canggih.

    •   Honda PCX 160 CBS : Rp 30,35 juta

    •   Honda PCX 160 ABS : Rp 33,95 juta

    •   Honda PCX e:HEV : Rp 43,55 juta

    Spesifikasi Honda PCX 160 2021

    Dimensi Honda PCX 160 2021
    P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
    Sumbu Roda 1.313 mm
    Jarak Terendah 134 mm
    Tinggi Jok 764 mm
    Kapasitas Tangki 8,1 liter
    Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
    Spesifikasi Mesin Honda PCX 160 2021
    Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
    Kapasitas 156,9 cc
    Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
    Rasio Kompresi 12 : 1
    Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
    Transmisi Otomatis, V-matic
    Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
    Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
    Rangka & Kaki-Kaki Honda PCX 160 2021
    Tipe Duplex steel cradle
    Suspensi Depan Teleskopik
    Suspensi Belakang Ganda
    Ban Depan 110/70-14
    Ban Belakang 130/70-13
    Rem Depan Cakram
    Rem Belakang Cakram
  • Desain

      

    Penampilan Honda PCX

    Mengenai kedudukannya di segmen ini, sudah sulit bagi skuter maxi kapasitas kecil ini untuk menonjol. Tapi Honda PCX baru seharusnya tidak mengalami kesulitan. Ini jelas merupakan salah satu desain yang lebih baik yang telah dipersiapkan dengan sangat baik selama bertahun-tahun. Semuanya terlihat baik dibuat dengan fit and finish yang baik dan tidak ada yang keluar dari proporsi. 

    Dimensi Honda PCX tidak banyak berubah dengan panjang 1923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1107 mm. Hal yang sama berlaku untuk tulang belakang tengah yang tinggi, kursi yang diinjak dan ujung depan melengkung besar. Namun ada banyak perubahan kosmetik yang membawa desain up to date.

    Lampu depan LED ganda baru berbagi ruang dengan DRL LED dan indikator LED yang dikendarai di atasnya. Bagian tengah ujung depan dibekali kaca depan besar yang menghitam dengan intake sporty kecil. Tampilan keseluruhan Honda PCX dari depan adalah lengkungan yang anggun. Lekukan bagian depan menarik garis dari depan. Bagian samping memiliki garis bodi yang simpel. 

    Bagian belakang Honda PCX dengan grab rail yang hampir terintegrasi dan panel bodi melengkung halus memberikan tampilan yang berseni dan gagah. Lampu belakang juga dibekali LED dengan desain yang lebih futuristik. Knalpot juga memiliki lekukan yang sama dengan motor lainnya. Bahkan hal-hal kecil seperti pasak kaki untuk kursi pillion dan mesin di footboard terlihat terintegrasi dengan baik.

    Roda 7 gigi berwarna hitam berukuran 14 inci roda cor dengan ban tubeless 90/90 depan 46P dan ban belakang 100/90 57P yang menggabungkan seluruh desain. 

    Tersedia berbagai pilihan warna - Radiate Gray Metallic, Pearl Metalloid White dan Euphoria Red Metallic – yang menonjolkan desain motor secara detail. 

    Instrumentasi Honda PCX menggunakan layar digital yang menunjukkan data konsumsi odometer, trip meter, pengukur bahan bakar, jam, dan bahan bakar. Di belakang apron ada kotak konsol yang dapat dikunci yang dilengkapi dengan stop kontak 12V untuk mengisi daya perangkat. Di bawah kursi ada bagasi penyimpanan waterproof 25 liter yang cukup besar untuk menyimpan helm full-face.

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Honda PCX

    Honda PCX merupakan motor ringan dengan berat 130 kg. Jarak sumbu rodanya 1313 mm dan sudut jarak 27 derajat memberinya kemampuan manuver yang baik. Tinggi kursi rendah 761 mm dengan stang terangkat dan ruang yang cukup di area footwell membuat nyaman perjalanan panjang. Ground clearance 138 mm seharusnya tidak menimbulkan masalah selama pengendara berada di jalan perkotaan yang bagus. 

    Suspensi Honda PCX sendiri menggunakan teleskopik depan dan dual shock absorber di belakang. Kursi juga memiliki bantalan yang lebih baik dan bagus menahan saat ada lika-liku di jalan.

  • Mesin dan BBM

      

    Mesin Honda PCX

    Honda PCX terbaru mesin 149 cc 2 katup SOHC berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan 12,6 PS pada 8500 rpm dan torsi maksimal 13 Nm pada 5500 rpm. Transmisi melalui kopling dry centrifugal dan transmisi V Matic yang sekarang memberikan akselerasi yang lebih baik. Ini juga sangat halus dan tenang. 

    Honda PCX dilengkapi dengan sistem stop-start yang dapat dialihkan, ia juga mendapatkan konsumsi bahan bakar yang tinggi pada 44 kmpl. Dengan tangki bahan bakar 8 liter, yang dapat menjangkau jarak lebih dari 350 km.


  • Pengereman dan Keamanan

    Fitur Keamanan Honda PCX

    Rem pada Honda PCX masih memiliki konfigurasi lama yang sama dengan rem cakram hidrolik untuk bagian depan dan rem drum trailing untuk bagian belakang. Tidak ada ABS juga. Dengan harga yang begitu tinggi dan pesaingnya yang memberikan fitur-fitur ini, ini dapat menjadi titik kelemahan untuk Honda PCX. Namun, Honda PCX dilengkapi dengan smart keyless yang dilengkapi dengan immobilizer, alarm anti-pencurian, dan answer back system.

      

  • Kesimpulan

    Honda PCX baru memang memiliki banyak hal menarik dalam hal desain dan kepraktisan. Tetapi harga tinggi dan tidak lengkapnya fitur, ditambah dengan harga ini pasti menyebabkan beberapa kekhawatiran bagi Honda. Namun, jika Anda tidak memusingkan beberapa hal ini, PCX bisa melakukannya dengan baik.

Eksterior

Warna

FAQ Honda PCX

    • John doe

      John doe

      Dibandingkan model sebelumnya, kenaikan harga dari Honda PCX 160 ini masih terhitung wajar. Untuk varian CBS, banderolnya hanya naik Rp 507 ribu saja menjadi 30,35 juta. Lalu untuk varian ABS baik Rp 1,108 juta menjadi Rp 33,95 juta karena ada tambahan fitur HSTC. Malah untuk varian e:HEV, hanya naik 257 ribu saja menjadi 43,55 juta. Harga on the road Jakarta.

    • CG74

      CG74

      Masih sama seperti sebelumnya, Honda PCX 160 ditawarkan dengan tiga varian. Pertama ada CBS (combi brake system), yang memadukan kinerja rem depan dan belakang hanya dengan menarik tuas rem belakang saja. Lalu varian ABS (anti-lock braking system), yang kini ketambahan fitur HSTC. Dan terakhir varian hybrid yang kini disebut dengan e:HEV, sebagai varian teratasnya. 

    • 20Colin35

      20Colin35

      Ini dilakukan untuk menyempurnakan pengendalian dan peredaman suspensi. Meski diameter pelek belakang lebih kecil yakni 13 inci, hal itu dikompensasi dengan jarak main suspensi yang lebih panjang dan profil ban tebal. Postur Honda PCX 160 pun tidak terlihat amblas pada bagian belakang karena diameter pelek lebih kecil. Anda tak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak skutik yang menggunakan lingkar pelek belang. Opsi ban aftermarket untuk lingkar pelek 13 inci pun sekarang sudah banyak pilihannya, baik merek lokal atau impor. Jadi ini bukan suatu masalah besar untuk Anda.

Model Populer

VS