Rp 29,75 - 33,75TBC Juta

Harga Yamaha Nmax 2021 di Indonesia

Spesifikasi Yamaha Nmax
ModelScooter
Tenaga Maksimal15.1hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas155 cc
Opsi startListrik
ABSY / N

Yamaha Nmax 2021 - 2022 ditawarkan dalam 2 varian - mulai Rp 29,75Juta hingga Rp 33,75Juta , varian entry levelnya yaitu Yamaha Nmax Standard Rp 29,75Juta dan varian tertingi Yamaha Nmax yaitu Yamaha Nmax ABS ditawarkan dengan harga Rp 33,75Juta.

Kelebihan&Kekurangan Yamaha Nmax

Kelebihan

  • Menjadi penawaran entry-level di kategori maxi scooter, Yamaha NMax dibekali dengan sejumlah fitur bagus yang membuatnya terasa premium dibandingkan skuter 150cc lainnya. NMax dilengkapi dengan barang-barang seperti konsol instrumen semua-digital serta roda paduan dan rem cakram yang membuatnya terasa modern.

  • Mesin 155cc berdingin cairan, menggunakan bahan bakar Bensin yang dipasangkan untuk Yamaha NMax terasa super halus, untuk mesin memberikan angka performa terbaik dalam kategorinya.

  • Sudah menggunakan sistem penguncian keyless, meski hanya tersedia pada tipe ABS

  • Untuk varian ABS juga mendukung aplikasi Y-Connect yang bisa menampilkan informasi lengkap mengena kondisi All New NMAX

  • Desain baru yang terlihat lebih modern, stylish, dan elegan

  • Riding Position dirasa sangat nyaman

  • Sudah memakai ban tapak lebar

  • Speedometer sudah mengadopsi LCD digital

  • Kekuatan mesin yang relatif besar dibandingkan motor skutik pada umumnya

Kekurangan

  • Yamaha NMax adalah salah satu skuter maxi pertama yang diluncurkan di pasaran, dan masih terlihat seperti sebelumnya. Desain keseluruhan telah mulai menunjukkan usianya, dan sekarang terlihat agak bosan juga.

  • Meskipun Yamaha NMax disebut-sebut sebagai skuter maxi, penyimpanan di bawah kursi tidak begitu mengesankan oleh standar yang sama. Ruang ini cukup baik untuk memegang helm half face dan beberapa barang kecil, tetapi untuk helm full face yang lebih besar akan menjadi masalah.

  • Kurang getsit ketika dipakai di jalanan yang padat

  • Tidak ada fitur auto start stop

  • Harga lebih mahal daripada motor matik umumnya

  • Lampu sein belakang masih halogen, belum LED

Review Yamaha Nmax

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin dan BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Yamaha NMax adalah salah satu skuter paling populer di dunia. Yamaha Nmax telah menjadi nama rumah tangga sekarang. Yamaha berhasil memperkuat dominasinya di kelas skutik bongsor 150 cc dengan menghadirkan Nmax 2021 atau All New Nmax 155 Connected. Yamaha tak sungkan untuk membekali Nmax 2021 dengan beragam fitur dan teknologi yang canggih. Selain itu, desain atau tampilannya juga dibuat semakin agresif. Lekuk pada bodinya terkesan lebih padat dengan garis-garis yang tegas. Desainnya lebih sporty, tapi tetap tidak meninggalkan kesan elegan.

     Generasi Pertama Yamaha Nmax

    Yamaha Nmax generasi pertama dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc. Gebrakan yang diberikan adalah teknologi VVA (Variable Valves Actuation) pada mesinnya. VVA berfungsi menjaga torsi dan tenaga maksimal di setiap putaran. Lampu depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan LED. Di sektor pengereman, Nmax sudah mengandalkan ABS (Anti-lock Braking System).Beberapa bulan berikutnya, Yamaha menghadirkan pilihan Nmax dengan rem non ABS. Meskipun fitur keselamatan berkurang, tapi skutik ini jadi lebih laris, karena harga yang ditawarkan jadi lebih terjangkau.
    Setelah itu, Nmax tak hanya mendapat penyegaran berupa warna pilihan. Di 2017, Yamaha juga pernah membekali skutik bongsor ini dengan subtank rear suspension atau suspensi belakang dengan tabung. Selain itu, tampilan panel meter juga dibuat inverted. 

    Generasi Kedua Yamaha Nmax

    Akhir tahun 2019, Yamaha memberikan kejutan dengan menghadirkan All New Nmax 155 Connected. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni versi Connected/ABS dan versi Standard. Yamaha Nmax terus menjadi rival terdekat Honda PCX. Di awal 2021 ini, Honda juga mulai mengejar ketertinggalannya dari Nmax dengan menghadirkan Honda PCX 160. Skutik ini memiliki desain dan tambahan fitur yang baru. Hanya tinggal menunggu tanggal mainnya saja untuk Honda meluncurkan PCX 160 di Indonesia.

    Desain Yamaha Nmax 2021

    Desain yang diusung Yamaha Nmax 2021 terlihat agresif, sporty, namun tetap elegan. Secara keseluruhan, DNA dari Nmax generasi pertama tetap dipertahankan. Meskipun, tak sedikit juga yang mengatakan desainnya sedikit mirip dengan Xmax 250. Yamaha Nmax 2021 disebut skutik bongsor karena dimensinya. Skutik ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu roda 1.340 mm dan jarak terendah ke tanah 124 mm. Bobotnya sendiri hanya 130 kg dan 132 kg.

    Yamaha Nmax 2021 mengandalkan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang model ganda. Terdapat juga pilihan suspensi bertabung atau subtank rear suspension. Untuk pelek, Yamaha Nmax 2021 masih menggunakan diameter 13 inci, sama seperti generasi sebelumnya. Begitu pula bannya yang sudah lebar dan menggunakan tipe tubeless. Ban depan berukuran 110/70-13 dan 130/70-13 untuk ukuran ban belakang. Pilihan warna untuk tipe Connected/ABS ada Matte Black, White dan Matte Blue. Lalu untuk tipe Standar ada Matte Red, Matte Black, Matte Blue dan White.

    Mesin Yamaha Nmax 2021

    Yamaha Nmax 2021 menggunakan mesin generasi baru. Meskipun, tipe mesin dan kapasitasnya tetap sama. Begitu pula dengan teknologi Blue Core dan VVA. Mesinnya dikawinkan dengan transmisinotomatis CVT dan berpendingin cairan. Dimensi pistonnya masih 58 mm dan langkahnya 58,7 mm, dengan perbandingan kompresi 11,6:1. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Untuk mengimbangi performa mesin, sistem pengereman depan dan belakang sudah mengandalkan rem cakram. Rem dengan teknologi ABS jadi pilihan pada Yamaha Nmax 2021. ABS pada skutik ini juga sudah dual channel alias bekerja pada rem depan maupum rem belakang.

    Harga Yamaha Nmax 2021

    Yamaha Nmax 2021 dibanderol mulai dari Rp 29.750.000 (OTR Jakarta) untuk tipe Standard, Rp 31.000.000 (OTR Jakarta) untuk tipe Connected/non ABS, dan Rp 33.750.000 (OTR Jakarta) untuk tipe Connected/ABS. Jika dibandingkan dengan Honda PCX 150 2021, harganya masih lebih terjangkau. 

    Varian Yamaha Nmax 2021

    Yamaha Nmax 155 2021 kini hadir dengan tiga varian. Pertama, Yamaha Nmax 155 Standard Version yang dibanderol Rp 29.85 juta. Lalu Yamaha Nmax 155 Connected Version yang dibanderol Rp 31,1 juta. Varian teratas ada Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version yang dibanderol Rp 33,85 juta (on the road Jakarta).


    Spesifikasi Yamaha Nmax

    Mesin Yamaha All New Nmax
    Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
    Jumlah/Posisi Silinder Single Cylinder
    Kapasitas Mesin 155 cc
    Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
    Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
    Daya Maksimum 15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm
    Torsi Maksimum 13.9 Nm / 6500 rpm
    Sistem Starter Electric Starter
    Sistem Pelumasan Basah
    Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
    Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
    Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
    Tipe Transmisi V-belt Automatic
    Dimensi Yamaha All New Nmax
    P x L x T (1935 x 740 x 1160) mm
    Jarak sumbu roda 1340 mm
    Jarak terendah ke tanah 124 mm
    Tinggi tempat duduk 765 mm
    Berat isi 132 kg
    Kapasitas tangki bensin 7.1 L
    Rangka Yamaha All New Nmax
    Tipe Rangka Underbone
    Suspensi Depan Teleskopik
    Suspensi Belakang Unit Swing
    Ukuran Ban Depan 110/70 - 13 M/C 48P
    Ukuran Ban Belakang 130/70 - 13 M/C 63P
    Rem Depan Hydraulic Single Disc Brake
    Rem Belakang Hydraulic Single Disc Brake
  • Desain

    Desain Yamaha Nmax 

    Skuter Yamaha mengusung gaya modern dan dinamis, tak terkecuali NMax. Fascia depan memiliki visor panjang yang membentang dari meteran digital ke lampu depan yang tajam. Lampu utama menggabungkan lampu LED dengan DRL untuk desain yang jauh lebih baik. Ujung belakang sangat terpahat, berkat twin cluster tail lamp bersama dengan indikator belokan. Secara keseluruhan, desain Yamaha Nmax gagah dan keren. Skuter yang dirancang secara ergonomis ini memiliki tinggi kursi 765 mm yang membuat postur berkendara santai untuk orang Asia. 

    Yamaha Nmax juga memiliki ground clearance yang layak yang berukuran 135 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1350 mm, sehingga mudah dilalui lalu lintas yang macet. Ada roda berukuran 13 inci dengan ban tubeless 110/70 di bagian depan dan ban tubeless 130/70 di bagian belakang. Hadir di fitur praktis Yamaha NMax, tangki bahan bakar diberikan di bawah lantai dan dapat dengan mudah diakses melalui terowongan pusat.

    Bagasi Yamaha Nmax dibawah kursi cukup besar untuk memegang helm full-face dan dapat dibuka dengan tombol di dekat kunci. Klaster instrumen juga dirancang dengan sangat baik. Ini menampung tampilan mono LCD, yang sederhana namun informatif. Ini memberikan visibilitas yang jelas di siang hari, dengan teks hitam pada putih.

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Yamaha NMax

    Dibuat dengan rangka backbone, Yamaha NMax dilengkapi teleskopik di bagian depan dan twin shock absorbers di bagian belakang. Namun, mereka diatur pada pengaturan yang lebih sulit, yang dapat disesuaikan untuk preload. Kursi ini juga mendukung dan tidak terlalu banyak ketidaknyamanan. Semua ini membuat skuter paling cocok dikendarai untuk jalan kota yang mulus.

    Dengan berat basah 136 kg, Yamaha NMax menawarkan penanganan yang ringan dan gesit. Selain itu, radius belokannya yang pendek membuatnya nyaman untuk naik dalam kondisi lalu lintas yang padat.


  • Mesin dan BBM

      

    Mesin Yamaha Nmax

    Yamaha NMax memiliki mesin 4-katup silinder tunggal, berpendingin cair, SOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 14,9 bhp pada 8000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm pada 6000 rpm. Mesin ini ditambah dengan unit transmisi otomatis V-belt yang mentransfer tenaga ke roda. Meskipun angkanya tidak banyak tinggi, itu masih lebih tinggi dari pesaingnya, Honda PCX

    Yamaha telah menggerakkan mesinnya dengan teknologi Blue Core yang membuatnya semakin efisien. Karakteristik lain yang menarik dari mesin ini adalah teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang menyesuaikan asupan bahan bakar pada putaran yang telah ditentukan. Dengan demikian, memberikan torsi yang kuat pada kisaran rpm rendah dan memastikan daya maksimum pada kecepatan tinggi. Kecepatan tertinggi skuter ini dinilai pada 124 kmph. Dan, angka jarak tempuh dengan mudah keluar menjadi 30 kmpl. Dengan tangki 6,6 liter, dapat bertahan selama 200 km.




     

  • Pengereman dan Keamanan

      

    Fitur Keamanan Yahama Nmax

    Sistem pengeremannya menggabungkan rem cakram di kedua ujungnya. Ini adalah rem cakram hidrolik tunggal berukuran 230 mm yang menggunakan kaliper piston tunggal. Meskipun sistem tampaknya cukup dan juga berkinerja baik, itu akan lebih baik dengan sistem pengereman anti-kunci. Yamaha mengatakan bahwa ABS tidak termasuk dalam lembar spesifikasi NMax untuk menjaga harga tetap kompetitif. Perusahaan juga mengklaim bahwa mereka akan memiliki varian yang dilengkapi dengan ABS pada model yang akan datang.


  • Kesimpulan

    Ini bukan hanya harga tetapi juga fitur yang membuat Yamaha NMax pilihan yang lebih disukai daripada yang lain di segmen tersebut. Skuter ini canggih dan modern dan terlihat jauh lebih baik, sehingga lebih menarik.

FAQ Yamaha Nmax

    • Climber23089...

      Climber23089...

      Yamaha NMax tipe ABS sudah memiliki sebuah teknologi canggih yaitu konsep ”Connected” merupakan yang pertama di Indonesia, yang mana itu berfungsi untuk mengetahui kondisi motor dari layar smartphone. Selain itu motor New Nmax 155 ini juga telah memakai teknologi keyless dengan smart key system yang sudah disematkan dengan adanya fitur Immobilizer dan juga Answer Back System. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan adanya fitur Electric Power Socket dan juga disematkan fitur Handle Bar Switch Control. Untuk fitur keselamatan, motor ini juga telah dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel dan juga telah didukung fitur Traction Control System (TCS) dan juga fitur Stop Start System (SSS) yang akan mati secara otomatis sejenak ketika sedang berhenti. 

    • Alysha R

      Alysha R

      Yamaha All New Nmax 155 sudah hadir dengan Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) terbaru yang menjaga mesin 155 cc menjadi tetap lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dengan menghasilkan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesinnnya. Mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain ruang bakar (combustion chamber) yang kompak dan menggunakan piston YZF-R15 dan memiliki kapasitas 155 cc dengan kompresi 11.6:1dan tenaga yang dihasilkanpun cukup besar sekitar 11,3 kW/8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm/6.500 rpm. Selain itu, untuk meningkatkan performa yang lebih bertenaga, desain kepala silinder baru juga dengan katup intake dibuat lebih besar agar pasokan bahan bakar yang lebih lancar. 

    • Ripley03

      Ripley03

      Ya, Yamaha Nmax tersedia Travel Suspensi (depan). Travel Suspensi (depan) tersedia dalam varian Yamaha Nmax ABS, Yamaha Nmax Standard.

VS