BMW memperkenalkan sedan 1 seri untuk Cina dan membuat pesaing sejati untuk Cla Mercedes-Benz di pasar lokal. Sementara di A. dan Eropa CLA Mercedes-Benz adalah satu-satunya pesaing di segmen premium kelas kecil, BMW menganggap bahwa itu mungkin ide yang baik untuk menantang pesaing tradisional mereka hanya di Cina. Alasan di balik keputusan itu adalah setengah juta mobil dijual pada tahun 2016 di sana. Ian Robertson, anggota Dewan Manajemen BMW Ag yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran BMW, menyatakan bahwa pelanggan Cina meminta kendaraan kecil, yang sangat cocok dalam lalu lintas yang padat. Berkat mesin depannya, tata letak roda belakang-roda belakang, pembuat mobil dapat membuat sedan 1 seri pendek tetapi dengan segmen wheelbase ukuran menengah. Di bagian depan, tampilan agresif dari lampu miring dan lebar "ginjal-grille" khusus untuk merek Bavarat. Garis cairannya, dengan panel pintu melengkung dan pahatan, menawarkan gambar yang sama dari mobil yang lebih besar, tetapi dalam paket yang lebih kecil. Sedan 1 seri menampilkan gaya 3-seri untuk lampu belakang dan batang tinggi di belakang. Tergantung pada versi mesin, itu memakai satu atau dua knalpot di bagian bawah celemek belakang. Di dalam, pembuat mobil menggunakan bagian dan bit yang sama yang ditawarkan dalam hatchback 1-seri. Dasbor hitamnya dengan bahan lunak dan layar sentuh tipe apung di atas tumpukan tengah tampak akrab untuk seluruh BMW berkisar dari masa itu. Bergantung pada opsi pelanggan dan versi mesin, pembuat mobil menawarkan sepasang kursi bucket standar atau kursi olahraga, dengan kain atau pelapis kulit. Bangku adalah 40/20/40 split-folding, memungkinkan pengguna untuk memperluas area bagasi. Di bawah kap, BMW memasang pilihan tiga mesin berkisar antara 136 hp dan 231 hp. Semua versi dipasangkan dengan transmisi otomatis.