Ford memperkenalkan generasi keempat Mercury Grand Marquis pada tahun 2003 dan, empat tahun kemudian, ia harus memperbarui model. Dengan krisis keuangan dunia yang memotong pekerjaan dan memusnahkan merek seperti mereka tidak pernah ada, masalah terbesar pembuat mobil bukan bagaimana meningkatkan pendapatan mereka tetapi bagaimana untuk bertahan hidup. Ford dengan putus asa berusaha bertahan dan menjual Volvo, Aston Martin, Jaguar, Land Rover dan Mazda. Merek biru-oval, dengan lebih dari satu abad pengalaman, selamat setelah dua perang dunia dan beberapa krisis besar lainnya. Tetapi yang 2007 adalah yang paling keras. Dalam upaya putus asa untuk menjaga merek merkuri tetap hidup, Ford menghentikan mahkota Victoria dan mengalihkan pelanggannya ke arah Grand Marquis, yang menerima versi facelifted. Tapi Merkurius tidak mati tanpa pertarungan dan meletakkan Grand Marquis di peta dengan fitur Crown Victoria, bagus untuk keluarga. Merek mobil tidak peduli dengan pelanggan yang berorientasi kemewahan dan lebih peduli pada mereka yang tidak mampu membeli merkuri sebelumnya tetapi masih mencoba untuk mendapatkannya. Bagi mereka, Grand Marquis banyak. Itu ditawarkan hanya dalam satu opsi trim tetapi sudah selesai dan dengan banyak fitur di dalamnya. Di luar, ada modifikasi kecil yang menyertakan lampu kabut tambahan di bawah bumper depan. Di dalam, perubahan utama adalah untuk panel instrumen, yang menampilkan komputer perjalanan dan penambahan tachometer. Grand Marquis adalah salah satu kendaraan terakhir yang dibangun oleh Ford tanpa satu. Tetapi terlepas dari semua modifikasi, Grand Marquis terakhir diluncurkan dari jalur perakitan pada 4 Januari 2011. Itu juga merkuri terakhir yang dibangun.