window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX?

Yongki Sanjaya · 28 Sep, 2020 12:00

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 01

Suzuki Ignis menjadi salah satu city car yang cukup fenomenal karena bentuknya. Mobil ini menganut desain dengan lekuk yang tegas dan tajam, serta terkesan kotak. 

Desain out of the box ini terlihat unik, menonjolkan kesan crossover berukuran sangat kecil, dengan panjang keseluruhan 3,7 meter dan dilengkapi dengan ground clearance 180 mm. 

Suzuki memperkenalkan Urban SUV Suzuki Ignis dengan dua tipe, GL dan GX. Masing-masing memiliki varian transmisi manual dan otomatis AMT. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru pun naik, berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berikut ini daftar harga Suzuki Ignis 2020:

  • Ignis GL MT Rp 171 juta
  • Ignis GL AT Rp 181 juta
  • Ignis GX MT Rp 190 juta
  • Ignis GX AT Rp 200 juta

Ternyata, dari kedua tipe yang tersedia ini New Ignis GX lah yang paling komplit. Secara harga memang paling mahal tapi kelengkapan fiturnya tidak main-main. Aksesoris yang tersedia di mobil juga lengkap, sehingga membuat penampilannya keren maksimal.

Aksesoris Interior Ignis GX Paling Lengkap

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 01

Suzuki Ignis tipe GX sudah dilengkapi dengan foglamp serta lampu depan projector LED. Bumper depan yang dibuat lebih sporty menggunakan aksen silver dan ada guard diffuser berwarna silver. Rumah foglamp dibuat lebih besar dibandingkan pra-facelift.

Sebagai perbandingan, tipe GL tidak terlalu banyak gimik aksesoris tambahan yang diberikan. Seperti aksen silver pada bumper yang dihilangkan serta tanpa lampu kabut. Anda bisa menemukan roof rail pada tipe GX, sedangkan atap tipe GL masih polos.

Interior Ignis GX Lebih Fun dan Bergelimang Fitur 

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 02

Tidak cuma di luar, karena penampilan Ignis tipe GL dan GX pada interior juga banyak bedanya. Mulai dari aksen warna interior hingga kelengkapan fitur menjadi pembeda tipe murah dan tipe mahal. 

Konsol tengah dan gagang penutup pintu New Ignis GX mengadopsi warna yang senada dengan warna eksteriornya. Ubahan motif kotak-kotak pada Ignis tipe GX terkesan lebih mewah dibandingkan corak titik-titik pada tipe GL. 

Hal lain yang membedakan dua trim ini yaitu adanya setir multi-fungsi pada mobil Ignis GX. Tombol pengatur audio akan memudahkan Anda selama perjalanan.

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 03

Tak seperti Suzuki Ignis pre-facelift, kini New Ignis sudah menggunakan AC digital. Tak ditemukan lagi kenop putar untuk mengatur kesejukan kabin karena tinggal pencet saja. 

Bahkan kini AC milik mobil Ignis sudah berfitur Auto Climate, namun fitur ini hanya dimiliki varian GX. Sistem ini akan menyesuaikan suhu di dalam kabin secara otomatis, apalagi ketika sedang berkendara di siang hari yang terik.

Perangkat baru di mobil Suzuki Ignis 2020 adalah pemasangan sistem infotainment layar sentuh SmartPlay Studio terbaru berukuran 7 inci. 

Di dalamnya sudah ada fitur navigasi, mendukung konektivitas Apple CarPlay, dan Android Auto. Hanya saja bagi Anda yang memiliki tipe GL belum mendapatkan head unit layar sentuh dan tanpa pengaturan AC digital climate control.

Mesin New Ignis Tipe GX dan GL Tetap Sama

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 04

Karena sebagian besar perubahan yang diberikan merupakan ubahan minor, dapur pacunya masih tetap sama. Tenaganya didapatkan dari mesin K12M 1.2L DOHC VVT 16 katup berkapasitas 1.197 cc dengan teknologi multipoint injection.

Anda bisa menikmati tenaga maksimal 82 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 113 Nm pada putaran 4.200 rpm. Sama dengan mobil baru lainnya, Ignis sudah mendapatkan fitur start-stop button. Namun tombol engine start-stop ini hanya bisa didapat jika Anda membeli Ignis varian GX.

Kesimpulan

Cuma Ada Dua Opsi, Pilih Suzuki Ignis Tipe GL atau GX? 05

Mengusung tema Urban SUV, Suzuki Ignis mendapatkan perubahan kosmetik yang membuatnya menjadi salah satu mobil perkotaan yang paling sporty di kelasnya. Ignis memberikan diferensiasi yang cukup besar di antara para pesaing. 

Pembaharuan model memberikan update desain dan fitur yang dibutuhkan Ignis untuk bersaing dengan model lainnya. Anda yang menginginkan mobil mungil, mampu melewati kemacetan kota serta punya banyak fitur, tak salah lagi, Suzuki Ignis mampu menjawab kebutuhan Anda. 

Hanya dihadapkan pada dua tipe, kalian pun bisa makin mudah menentukan pilihan. Dengan harga yang semakin mahal, kelengkapan fitur di tipe GL tidak sebanding dengan kenaikan harga yang dilakukan. Pilihan yang tepat yaitu memilih tipe GX, dengan varian transmisi sesuai selera kamu. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil