Toyota tidak memiliki banyak kesuksesan di segmen Supermini Eropa, tetapi hal-hal berubah ketika Yaris menjadi hidup. Toyota Yaris terungkap kepada publik pada tahun 1999 sebagai hatchback 3 pintu atau 5 pintu. Untuk memastikan bahwa mobil kecil akan menarik bagi orang Eropa, mereka memiliki Yaris yang dirancang di Eropa. Yaris menampilkan atap yang tinggi dan lantai rendah yang memastikan akses mudah, serta ruang kepala yang luar biasa untuk semua penghuninya. Secara estetika, yaris kecil itu tidak benar-benar terlihat tinggi tetapi memiliki desain eksterior yang agak bahagia dengan lampu depan besar dan grille chrome terintegrasi ke dalam kap mesin. Di dalam, dasbor tradisional digantikan oleh pod tengah dengan tampilan informasi digital. Pembuat mobil menganggap bahwa itu lebih aman karena pengemudi dapat mengawasi layar dan masih dapat melihat jalan di depan. Nissan mencoba tata letak yang sama dengan Primera dan itu tidak berfungsi dengan baik. Para pengemudi memiliki kebiasaan yang berbeda dan mereka tidak ingin mengubahnya. Interiornya terasa padat dan tampak buatan dengan baik, namun, plastik abu-abu yang digunakan memberi kabin tampilan kusam. Space-wise, kabin Yaris dapat memuat 4 orang dewasa dalam kenyamanan besar. Ketika Toyota membangun Yaris, mereka melakukannya dengan tiga kata dalam pikiran: terjangkau, ekonomis, dan praktis. Dengan demikian, terlepas dari pilihan mesin, 1,0 liter atau 1,3 liter, Yaris datang dengan konsumsi bahan bakar rendah dan kekuatan yang cukup untuk mengemudi kota. Tergantung pada level trim, yaris dapat dilengkapi dengan AC, roda paduan dan radio CD, power steering, dan lainnya. Toyota Yaris memenangkan mobil Eropa tahun ini pada tahun 2000, untuk merugikan Fiat Multipla dan Opel Zafira.