Musim Pancaroba, Begini Cara Agar Motor Siap Hadapi Panas dan Hujan

Musim pancaroba, bisa panas tiba-tiba hujan.
  • Rajin cuci motor agar terhindar dari karat.
  • Perhatikan ketebalan tapak ban.
  • Cek busi dan penutupnya agar tak mogok.

Musim pancaroba seperti saat ini, jadi momentum yang sangat berpengaruh untuk bikers dan motor yang dipakai.

Pasalnya bikers lebih rentan terhadap perubahan cuaca, dari panas tiba-tiba turun hujan dan langsung dirasakan dibadan.

Faktor resiko korosi, keausan komponen, dan berbagai masalah lainnya bisa cepat terjadi.

Air hujan mengandung asam yang dapat merusak komponen dan menyebabkan pengapian basah, yang bisa sebabkan motor rusak bahkan mogok.

Maka ada beberapa hal yang harus kalian terapkan, agar kuda besi kesayangan siap hadapi panas dan badai pada musim pancaroba seperti saat ini.

1. Cuci Motor Secara Rutin

Perubahan dari panas ke hujan dan sebaliknya, kerap membuat motor lebih cepat kotor.

Mencuci motor harus lebih sering saat musim hujan.

"Mencuci motor tentu jadi hal krusial, sebagai langkah mencegah karat," ujar Ade Rohman, Sub Dept. Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, main dealer motor Honda di Jawa Barat.

"Yang sering terjadi adalah bagian bawah body motor yang sering terlupakan, sehingga lama kelamaan kerangka motor bisa retak karena karat," tambahnya.

2. Cek Kondisi Rantai

Dengan kadar asam tinggi, air hujan mudah memicu karat pada bagian besi sepeda motor kesayangan kalian.

Jika motor kalian menggunakan penggerak rantai, harus sering dilumasi karena posisinya yang terbuka.

Baca juga : Pembuktian Ketangguhan Busi NGK dan Rantai DID Dimotor Trail Kawasaki

Lumasi dan setel ketegangan rantai.

Selain itu air hujan dan kotoran, juga lebih cepat membuat rantai mudah kehilangan pelumasnya.

Selain rutin diberi pelumas dan dibersihkan pakai chain cleaner, sekalian periksa ketegangan rantai juga.

3. Kampas Rem

Rem motor berdecit saat basah adalah hal wajar, menurut Ade ini terjadi karena kampas mengembang terkena air.

Hal itu terjadi karena kampas yang mengembang, menyebabkan penyempitan ruang main bebas antara rem dengan cakram atau tromol.

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor adalah menyemprot bagian rem untuk membersihkan pasir yang mungkin terbawa saat berkendara.

4. Tapak dan Tekanan Ban

Perhatikan kondisi ban.

Dari kondisi panas yang bisa tiba-tiba hujan, maka jalan jadi licin dan rentan kecelakaan.

Sepasang ban menjadi titik tumpu motor, sehingga sangat krusial dalam hal ini.

Pastikan tapak ban masih tebal dengan melihat pada indikator TWI, dan jaga tekanan angin ban dalam kondisi standar.

"Saat musim hujan banyak lubang jalanan yang tertutupi air. Jika tanpa sengaja menerobos lubang dan tidak dalam kondisi baik, rentan terjadi kebocoran,” kata Ade.

Baca juga : Tutup Pentil Honda Stylo 160 kok Miring, Cacat Produksi?

5. Cek Kop Busi

Busi jadi bagian penting dalam sistem pengapian motor, tanpa adanya api busi, mesin tentu tak akan hidup.

Saat hujan banyak motor mogok karena bagian pengapian terkena air, terutama jika sering menerjang genangan.

Busi jadi salah satu komponen vital yang rawan terkena air.

Untuk menghindari hal itu, pastikan karet sil pada kop/tutup busi dalam kondisi baik (tidak retak atau mengeras).

Tentunya agar air dan kotoran tidak masuk ke dalam busi, menjaga busi tetap kering dan proses pengapian tetap lancar.

6. Laher Roda

Pemeriksaan laher roda sangat penting dilakukan agar kendaraan dapat berjalan dengan baik dan tidak terasa getaran saat bergerak. 

Pemeriksaan laher dapat dilakukan dengan mudah dengan memposisikan sepeda motor menggunakan standar tengah.

Setelah itu, goyangkan ke kiri dan ke kanan. Apabila terdapat goyangan, dapat dipastikan bahwa laher dalam kondisi rusak.

Laher roda yang rusak akan mempengaruhi stabilitas motor, menimbulkan suara kasar jika sampai ambrol membuat motor tak bisa dipakai.

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Mesin disiksa di trek tanah berlumpur. Busi NGK jadi part bawaan. Rantai DID tersedia tipe untuk offroad. Acara Get Out & Play Games yang diadakan akhir pekan kemarin (2/3/2024) di Jonggol, Bogor berlangsung seru. Melibatkan puluhan komunitas pengguna motor trail Kawasaki, untuk latihan bersama dengan bumbu balap sebagai kompetisi kecil-kecilan. Beragam motor trail Kawasaki pun hadir, dari KLX150, KLX140R, KLX230S, KLX230R hingga KLX110. Bahkan juga termasuk moor special engine Kawasaki KX85 dan
Punya 1.000 lebih cabang. Jual lebih dari 4 juta ban motor tahun lalu. Planet Ban ikut peduli lingkungan. Tentunya Anda sering melihat toko ban motor bernama Planet Ban (PB) di daerah kalian bukan? Tak heran karena PB yang dioperasikan oleh PT Surganya Motor Indonesia telah memiliki lebih dari 1.000 cabang. Kalau dirunut, wilayah yang telah disinggahi PB ada Palembang, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga Kalimantan Utara. Dengan menawarkan beragam merek ban motor dan cabang yang segitu banyak, berap
Motor lebih aman dari pencurian. Banyak motor yang sudah pakai kunci keyless. Jadi fitur wajib saat ini. Ada yang bilang, jika semakin canggih teknologi keamanan motor, maka pencuri motor juga akan lebih canggih. Bukti nyata adalah motor-motor dengan kunci berpengaman magnet, kala muncul pertama kali sukses bikin pencuri gigit jari, tapi kini mereka sudah bisa membobolnya. Motor jenis skutik dengan kunci berpengaman magnet yang kerap jadi buruan pencuri ini ada Honda BeAT, Yamaha Nmax tipe terte
Harga termurah mulai Rp 31 jutaan. Termahal tembus Rp 36 jutaan. Pakai mesin 155 cc Blue Core. Selain Honda PCX 160, Yamaha Nmax 155 jadi salah satu motor matic premium yang diinginkan banyak orang. Dikenalkan pertama kali pada tahun 2015, kini motor tersebut sudah masuk generasi kedua. Pada generasi kedua yang dirilis akhir tahun 2019, motor ini mendapatkan banyak upgrade. Perubahan desain dan teknologinya terhitung masif, ada fitur Traction Control System dan Smart Key System untuk tipe ABS. P
Langsung meraih podium di debut pertamanya. Masih terkendala persiapan yang agak mepet. Fokus di Mandalika Racing Series 2024. MS Glow For Men Racing Team memulai debut balapnya di Mandalika Racing Series (MRS) 2024 Round 1 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok pada 2-3 Maret 2024 lalu. Tim balap ini turun di 2 kelas sekaligus, pertama di kelas National Supersport 600cc menggunakan Honda CBR600RR yang digeber oleh Dimas Ekky Pratama. Kelas berikutnya National Sport 250cc menggunak

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor