Uji Performa Honda Stylo 160 2024, Performa Oke Bikin Bensin Boros?

Review performa dan bahan bakar Honda Stylo 160
  • Mesin bisa diajak kalem dan responsif.
  • Konsumsi bahan bakar berbeda antara full to full dan MID.

Kehadiran Honda Stylo 160 2024 mendapat respon positif, ada yang suka performanya dan tampilannya.

Tapi ada pula yang suka performa namun kurang sreg dengan desainnya, ya walau soal desain itu masalah selera.

Nah, soal performa jelas jadi catatan tersendiri, karena meski bergaya retro modern, namun kinerja mesinnya terhitung memuaskan.

Bagi yang ingin meminang motor ini namun masih menimbang-nimbang di sisi performa dan konsumsi bensin Honda Stylo 160 bisa simak dulu nih ulasan berikut ini.

Tim AutoFun Indonesia sudah menjajal Honda Stylo 160 selama beberapa hari sehingga bisa menyimpulkan hasil atau impresi selama pengetesan.

Motor ini memiliki spesifikasi mesin 4 langkah, SOHC 4 katup, eSP+ dan tentunya mengandalkan radiator atau pendingin cairan untuk menjaga suhu mesinnya.

Baca juga: Honda Vario 125 KZR Tampil Proper, Usung Tema Batik!

Pakai mesin generasi 160 cc eSP+

Kapasitas murni mesinnya 156,9 cc hasil dari kombinasi diameter piston 60 mm dan panjang langkah 55,5 mm, sama seperti yang digunakan Vario 160 dan matic Honda 160 cc lainnya.

Dibekali rasio kompresi 12:1, mesin ini klaimnya memiliki tenaga maksimal 15,4 ps pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Tenaga Responsif

Dari sini sudah terbaca kalau mesin dengan overbore-nya bisa dapat tenaga dan torsi puncak di putaran mesin tinggi.

Namun yang perlu dicatat kalau itu adalah hasil dyno on crank atau diukur melalui putaran kruk as.

Artinya kondisi akan berbeda ketika sudah dipakai jalan karena karakternya bisa diatur kembali melalui settingan CVT dari masing-masing pabrikan.

Baca juga: Pilihan Matic 250 Cc Terkini, Honda Forza Menggoda Buat Dibeli!

Radiator digunakan untuk menjaga suhu mesinnya

Honda Stylo 160 dengan roller berat 19 gram ketika sedang cruising santai punya karakter smooth di putaran rendah.

Jadi lebih mudah dikendalikan dan tidak terlalu menghentak sehingga tetap nyaman meski dipakai dalam kondisi boncengan.

Ketika butuh tenaga lebih, cukup putar selongsong gas lebih dalam maka seluruh tenaganya akan tersalurkan cukup merata hingga putaran tinggi.

Semakin tinggi putaran mesin dorongan tenaga mesinnya akan semakin terasa khas overbore.

Namun saat dijajal dari kondisi berhenti, memang Stylo 160 ini terasa sedikit berat atau ngeden.

Butuh sedikit momentum selama beberapa detik sampai rasa ngeden tersebut hilang.

Akan terasa kurang nyaman ketika diajak menanjak dari kondisi berhenti terutama saat menopang beban cukup berat.

Mesin ini punya karakter yang halus dan minim vibrasi, tidak ada getaran keras yang terasa baik di jok maupun pada setang sehingga memberi rasa nyaman selama dikendarai.

Baca juga: Honda ADV 160 dan CB150X Jadi Andalan Susuri Alas Purwo Dalam Mall

Suara knalpot halus dan mesin minim vibrasi

Suara yang dihasilkan juga senyap, hanya ada sedikit suara ‘ngorok’ pada Stylo 160 ketika gas dibuka penuh, namun rasanya tidak terlalu mengganggu.

Akselerasi Honda Stylo 160

Untuk mengetahui seberapa cepat motor ini bisa melaju, maka tidak lupa ada pengujian menggunakan alat Racebox yang berbasis GPS agar bisa mendapatkan hasil akurat.

Untuk mencapai kecepatan 0-60 km/jam Stylo 160 hanya perlu waktu 5,05 detik dan untuk mencapai jarak 0-201 meter hanya butuh waktu 11,94 detik di kecepatan 90,2 km/jam.

Honda Stylo 160 sendiri top speednya tembus di angka 111,73 km/jam di Racebox dan di spidometer menunjukan angka 119 km/jam, cukup kencang ya?

Baca juga: Update Harga Matic 160 Cc Honda, Vario 160 Mulai Rp 26 Jutaan!

Top speed di spidometer mentok 119 km/jam

Konsumsi Bensin Honda Stylo 160

Lanjut dengan membandingkan konsumsi bensin Honda Stylo 160, diuji menggunakan bensin RON 92 yang masih mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia.

Kemudian diajak berkendara melewati berbagai kondisi jalan mulai dari macet, boncengan, menanjak, sampai sesekali gaspol untuk merasakan performa mesinnya.

Meski sudah punya fitur average fuel consumption di spidometernya, tapi pengujian tetap dilakukan dengan metode full to full agar akurat.

Baca juga: Harga Honda CRF150L Bekas Menggiurkan, Lebih Hemat Buat Trabasan!

Sekali isi penuh tangki bensin bisa berjalan sejauh hingga 200-an kilometer

Yang unik justru karena ada perbedaan angka, lebih dari 200 kilometer pengujian informasi MID menunjukan angka 48,5 km/liter, namun hasil dari pengetesan full to full hanya ada di angka 43,2 km/liter.

Irit atau boros? Sebenarnya relatif, karena ada beberapa penyebab konsumsi bensin mendapat angka tersebut.

Diantaranya adalah penggunaan diameter piston besar sehingga membutuhkan debit bahan bakar lebih kaya.

Apalagi dikombinasi stroke pendek yang membuat putaran mesinnya jadi lebih sering bermain di putaran tinggi.

Kalau mau efisien harus pintar-pintar menjaga putaran mesin dan berkendara secara statis tanpa sering membuka gas terlalu dalam.

Data Tes Honda Stylo 160
0-60 km/jam 5,05 detik
0-80 km/jam 9,25 detik
0-100 km/jam 15,48 detik
0-100 meter 7,56 detik @73,5 km/jam
0-201 meter 11,94 detik @90,2 km/jam
0-402 meter 19,29 detik @106,5 km/jam
Top speed Racebox 111,73 km/jam
Top speed spidometer 119 km/jam
Konsumsi BBM 48,5 km/liter (MID) 43,2 km/liter (full to full)
Spesifikasi Honda Stylo 160
Tipe mesin 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan
Kapasitas mesin 156,9 cc
Bore x stroke 60 x 55,5 mm
Rasio kompresi 12:1
Tenaga maksimal 15,4 Ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 13,8 Nm @7.000 rpm
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Sistem starter Elektrik
Sistem transmisi Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Oli 0,8 liter (Penggantian Periodik)
Tipe rangka Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Ukuran ban depan 110/90 - 12 M/C Tubeless
Ukuran ban belakang 130/80 - 12 M/C Tubeless
Rem depan 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS)
Rem belakang 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS)
Sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS)
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
P x L x T  1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS)
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS)
Jarak sumbu roda 1.275 mm
Jarak terendah ke tanah 151 mm
Tinggi tempat duduk 768 mm
Berat kosong 118 kg (ABS)

115 kg (CBS)

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Akan datang di Q2 tahun 2024. Kisaran harga di Rp 2,3-2,5 Miliar. Berjayanya Ducati di ajang balap membuat pabrikan asal Borgo Panigale, Italia ini membuat model replika seperti yang digunakan para pembalapnya baik di MotoGP maupun di WorldSBK. Tentu saja model racing replica ini hadir di Ducati Panigale V4 sebagai top of the line dari motor fairing Ducati. Ducati Indonesia pun sudah memiliki line up ini yang dipajang saat acara buka bersama di Janto Building beberapa hari lalu. Model yang dipaj
Jadi solusi bagi para pemudik yang enggan naik motor. Tarif jasa pengiriman sepeda motor tergantung dimensi dan jarak. Jasa pengiriman sepeda motor kerap mengalami peningkatan order, saat menjelang musim mudik lebaran. Hal ini dilakukan agar saat di kampung halaman lebih praktis untuk silahturahmi, tak repot pakai angkutan umum atau sewa motor. Apalagi pemerintah menghimbau tidak melakukan mudik dengan sepeda motor karena alasan keamanan dan keselamatan. Meski faktanya si kuda besi jadi transpor
Maxi Yamaha dengan dek rata. Dijual mulai Rp 25 jutaan. Tak memakan pasar Yamaha Aerox 155. Motor matic terbaru Yamaha yakni Lexi LX 155 yang meluncur awal tahun 2024, diklaim mendapat sambutan positif. Pasalnya penjualannya terus meningkat, berkat perubahan besar terutama pada sektor mesin. Seperti diketahui, motor ini sebelumnya mengusung mesin 125 cc dan kini menjadi 155 cc. Jantung mekanis yang dipakai pun generasi terbaru 155 Blue Core, yang punay torsi lebih kuat. Namun yang jadi pembeda a
Berjayanya di ajang balap jadi salah satu penyebabnya. Layanan aftersales dan berbagai campaign yang bikin konsumen nyaman. Biasanya motor yang laris dari tiap pabrikan itu yang memiliki harga terjangkau, tapi dengan desain menarik, fitur kekinian dan tentu saja performa mumpuni. Tapi ternyata beda dengan Ducati Indonesia yang mana tiga varian terlarisnya justru hadir dari tipe-tipe tertinggi dengan harga mencapai di atas Rp 1 miliar! Karena ada dari line up Panigale series yang punya harga Rp 9
AHM berharap penjualan 2024 capai 6,5 juta unit. Banyak tantangan untuk tahun ini. Penjualan dua bulan awal AHM terkoreksi. PT Astra Honda Motor (AHM) optimis tahun ini penjualan motor secara nasional bisa meningkat. Atau setidaknya menyamai penjualan motor tahun 2023 lalu, yang berkisar 6,2 juta unit. Sebagai penguasa pasar, AHM mendominasi dengan torehan mencapai lebih dari 78 persen. "Tahun ini kami harap bisa tumbuh 6,2 juta sampai 6,5 juta unit," ucap Thomas Wijaya, Executive Vice President

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor