Fakta Daihatsu Zebra Espass, Mobil Bersosok Futuristik Pada Jamannya, Mirip Hyundai Staria

Hyundai Staria dan Daihatsu Zebra Espass punya lekuk bodi yang mirip.

Hadirnya Hyundai Staria memberi warna baru produk mobil di Indonesia. Lewat desain tersebut, bentuk MPV premium tak lagi full mengotak atau memiliki bentuk depan yang melandai dan hampir tegak lurus seperti Toyota Alphard atau Honda Odyssey. 

Namun sadar atau tidak, desain Staria seperti mengingatkan kita akan mobil lain yang punya bentuk serupa, tapi sekarang sudah tak diproduksi lagi, yakni Daihatsu Zebra Espass. Lihat saja bagian depannya sama-sama punya bentuk menumpul. 

Selain itu Zebra Espass memiliki beberapa fakta menarik yang harus diketahui. Sebagai penyegar ingatan, mari kita kupas bersama mobil minibus andalan masyarakat Indonesia era 90-an hingga 2000-an awal ini. 

Daihatsu Zebra Espass merupakan suksesor Daihatsu Hijet.

1. Pengganti Daihatsu Hijet dan Hidupnya Diteruskan oleh Granmax dan Luxio 

Sejarah mencatat awal kemunculan mobil ini diawali pada 1972. Saat itu Daihatsu memasarkan Hijet S38 yang masih didatangkan langsung dari Jepang. Beberapa tahun berikutnya tepatnya 1977, pabrikan mulai memproduksi secara semi knock down Daihatsu Hijet 55 Wide pakai mesin 550 cc. 

Sejumlah pengembangan dan rombakan desain pun dilakukan Daihatsu. Hingga pada akhirnya pada 1986, pabrikan menyempurnakan generasi Hijet 1000 dan menamainya Daihatsu Zebra. Tapi tetap pakai mesin 1.000 cc lawas yang dikembangkan sejak 1983. Jadi secara silsilah, Daihatsu Zebra merupakan suksesor Hijet di Indonesia. 

Inilah mbahnya Daihatsu Espass.

Lanjut awal 1990, Daihatsu mengembangkan Zebra pakai mesin yang lebih besar 1.300 cc. Ciri khas model ini sudah pakai bentuk yang mengerucut ke depan, tetap pilar A-nya masih mengotak. 

Daihatsu Zebra.

Barulah pada 1995, Daihatsu merombak total bodi keseluruhannya. Pakai struktur rangka monokok sehingga didapatlah kabin yang lebih lega. Kemudian eksteriornya juga punya desain yang revolusioner, beraerodinamika, dan lebih modern, hingga lahirlah Daihatsu Zebra Espas atau Daihatsu Espass. 

Model ini memiliki lampu yang tak lagi mengotak. Kalau dilihat dari depan seperti orang bermata sipit yang sedang tersenyum malu-malu. Lampu utamanya berbentuk segitiga, namun sudut melandainya dibuat mengurva sesuai bahasa tubuh si mobil. 

Daihatsu Zebra Espass punya lekuk bodi revolusioner.

Pada bagian belakang tetap pakai lampu vertikal. Bila ingat dulu, orang awam yang baru memilikinya bisa kecele pada cover lampu pelat nomornya. Karena banyak yang mengira di sanalah tuas atau mekanisme pembuka pintu bagasi. 

Tak jarang, banyak Daihatsu Espass yang ditemui tanpa cover lampu yang bertuliskan Daihatsu itu, karena kemungkinan besar terlepas lantaran dikira gagang untuk membuka bagasi. Padahal sebenarnya masih tetap menggunakan anak kunci.  

Cover lampu pelat nomor Espass yang sering copot.

Kemudian pada 1997, lahir varian baru Daihatsu Espass Supervan yang memiliki AC, head unit (radio tape, serta penggunaan velg cast wheel). Masuk tahun 2000, Zebra Espass terus disempurnakan lagi bentuk bodinya, hingga lahir Neo Zebra pada 2003 dengan pilihan mesin 1.300 cc atau 1.600 cc. 

Di generasi terbaru ini Daihatsu seakan mengerti permasalahan pada mobilnya, yakni soal mekanisme pembuka bagasinya. Maka dari itu si desainer menyematkan tuas yang posisinya terpisah dan di bawah housing pelat nomor. Tujuannya agar orang mudah membedakannya. 

Generasi terbaru Daihatsu Zebra Espass.

Pada 2005, Daihatsu membuat gebrakan dengan menyematkan sitem teknologi Electronic Fuel Injection (EFI). Tapi sayang umurnya tidak bertahan lama, pada 2007 disuntik matik dan kiprahnya dilanjutkan Daihatsu Granmax serta Daihatsu Luxio. 

2. Varian Mesin 1.300 dan 1.600 cc

Tadi disebutkan bahwa Daihatsu Zebra Espass memiliki dua varian mesin, 1.300 dan 1.600 cc. Varian pertama yang disebutkan paling populer menjadi idaman masyarakat karena irit dan sudah cukup mumpuni di perkotaan. 

Minibus pintu geser yang melekat bagi masyarakat Indonesia, ya Daihatsu Zebra Espass.

Di atas kertas kapasitas mesinnya 1.298 cc, 4-silinder, SOHC yang mampu memuntahkan tenaga hingga 76 dk dan torsi 112 Nm pada 4.300 rpm. Adapun tipe mesin 1.600 cc, kapasitas isi silindernya 1.598 cc SOHC, bertenaga 87 dk pada 5.400 rpm dan torsi 130 Nm pada 3.600 rpm. 

Kedua mesin di atas untuk generasi Espass berpengabut karburator. Tak ada opsi matik, semuanya manual 5-percepatan. Selanjutnya untuk mesin yang sudah injeksi mampu menjanjikan performa yang lebih baik lagi. 

Daihatsu Zebra Espass 1.300 cc banyak dipilih karena lebih irit.

Platform mesinnya masih sama, tapi karena jeroannya diubah, untuk mesin 1.300 tenaganya naik menjadi 80 dk pada 6.000 rpm dan torsi 114 Nm di 4.500 rpm. Serta mesin 1.600 cc tenaganya menjadi 95 dk pada 6.000 rpm serta torsi 138 Nm di 4.200 rpm. 

Baca Juga: Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan

3. Salah Satu Dedengkot Mobil Pintu Geser di Indonesia

Boleh dibilang sejak kemunculannya, Daihatsu Zebra Espass seperti tak memiliki lawan sepadan. Suzuki Carry? Memang benar sekelas, tapi fiturnya tak semewah Espass yang punya pintu geser

Suzuki Carry sebagai lawan Daihatsu Zebra Espass.

Ada model lain yang menawarkan fasilitas serupa, Mazda E2000 atau Mazda Bongo generasi ketiga yang tahun kelahirannya hampir persis, 1996. Jadi sederhananya pilihan MPV atau minibus pintu geser dulu cuma Daihatsu Espass atau Mazda E2000. Menariknya generasi terbaru Bongo menggunakan model yang sama, yakni Daihatsu Granmax yang ganti emblem. 

4. Daihatsu Zebra Espass Muat Banyak

Sebagai sebuah minibus atau mobil multiguna, interior Daihatsu Espass terbagi ke dalam banyak konfigurasi kursi. Pilihannya mulai jok berkapasitas 7-penumpang yang jok tengahnya terdapat gang, atau bisa muat 9-penumpang karena bagian belakangnya berupa jok menyamping seperti angkot. 

Kabin atau desain jok Daihatsu Espass.

Bagi yang tertarik meminangnya kembali sebagai obat rindu atau karena butuh kabin yang lega, harga Daihatsu Zebra Espass bekas sudah murah. Malah lebih murah dari Yamaha Nmax terbaru sekitar Rp 30 jutaan. 

Baca Juga: Perbandingan Suzuki Katana vs Daihatsu Feroza, SUV 4X2 Rp50 Jutaan yang Populer Era 90-an

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Staria

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

New Daihatsu Luxio Cicipi Rasa Semangat Baru

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Staria
Lihat