window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan

Dhoni · 16 Feb, 2021 11:00

Pintu mobil model geser atau lebih akrab di sebut sliding door memang lebih hemat ruang ketika berada di tempat yang sempit. Hal ini membuat mobil dengan model sliding door dianggap memiliki keunggulan fitur. Bahkan mobil dengan pintu sliding door lebih sering terlihat pada mobil-mobil mewah.

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 01

Perhatikan perawatan pintu geser agar tidak merepotkan (credit: lemonlaw)

Cukup banyak produser mobil menghadirkan mobil dengan fitur sliding door. Bahkan beberapa produsen mobil menawarkan teknologi untuk membuka maupun menutup pintu secara otomatis. Walau pada dasarnya sistem sliding door atau pintu geser pada mobil hanya terdiri dari jenis manual dan elektrik.

Komponen pintu geser pada mobil

Perbedaan komponen antara pintu model geser konvensional dan elektrik adalah rel atau jalur pergerakan engsel dan bearing. Namun untuk model elektrik tentu terdapat motor listrik yang bertugas membuka maupun menutup pintu mobil.

Sementara pada mobil mewah atau premium ada yang telah menggunakan teknologi gesture control atau sensor gerakan dalam memerintahkan pintu mobil terbuka atau tertutup. Fitur ini hampir mirip dengan tailgate power yang biasa terdapat pada pintu belakang mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 01

Dengan berbagai komponen yang terdapat pada pintu mobil model geser, maka penggunaan tanpa perawatan dapat membuat pintu tak dapat dibuka. Untuk menjaganya dan merawatnya Anda dapat melakukan hal-hal yang juga dapat dikerjakan di rumah sendiri. Beberapa hal tersebut antara lain:

Pintu geser tidak boleh kotor

Pastikan selalu bagian dari komponen pintu geser tidak terdapat kotoran yang menumpuk. Paling tidak dengan membersihkan secara rutin dapat membuat pergerakan pintu mobil model geser dapat tetap lancar. Dengan membersihkan secara rutin, Anda juga dapat mengetahui komponen sistem kerjanya.

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 02

Perhatikan bagian rel yang kerap jadi tempat kotoran bertumpuk

Bersihkan jalur atau rel dari debu atau kotoran yang menempel. Gunakan kain dalam membersihkan, jika memang harus mengunakan air, pastikan tidak tertinggal agar tidak timbul korosi atau karat. Lebih baik, gunakan cairan penetran untuk memaksimalkan pembersihannya.

Kondisi real dan bearing pintu sliding door

Setelah komponen pada pintu mobil model geser bersih, anda dapat memperhatikan kondisinya. Jika bearing terlalu kering, anda dapat memberikan grease atau pelumas secukupnya. Paling tidak, rel maupun bearing tidak kering.

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 03

Perhatikan engsel, rel, bearing dan karet-karet pintu

Periksa kondisi karet pintu model geser

Kondisi karet pintu juga berpengaruh pada kinerja pintu mobil model geser. Jika karet telah rusak atau getas, bukan hanya debu atau air yang masuk ke dalam kabin mobil. Namun kebisingan dari luar juga dapat terdengar dari kabin. Daya elastis karet pintu mobil juga dapat menjaga pintu dari getaran ketiga mobil berjalan. Jadi pastikan kondisinya, jika telah rusak, Anda wajib menggantinya.

Jangan memaksa pergerakan pintu elektrik

Pada pintu mobil model geser yang menggunakan sistem elektrik, Anda harus sabar dalam membuka maupun menutupnya sesuai pergerakan motor listrik. Jika Anda kerap terburu-buru, ubah mode pergerakannya menjadi sistem manual agar dapat ditutup sesuai keinginan.

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 04

Matikan fungsi elektrik pintu geser jika memang tidak banyak digunakan

Selain itu, anda jangan menghentikan secara paksa pergerakan pintu ketika akan menutup maupun membuka. Jika anda melakukan maka dapat merusak motor listrik.

Menjaga Kinerja motor listrik pintu geser

Usahakan Anda tidak terlalu sering menggunakan pintu geser secara otomatis atau elektrik ketika mesin mobil masih padam. Tujuannya agak kondisi aki mobil Anda tetap terjaga. Motor listrik pada pintu mobil model geser memang tidak langsung menguras tenaga pada baterai mobil. Tetapi terlalu sering melakukan hal tersebut tentu dampaknya lama kelamaan dapat Anda rasakan.

Perhatikan Perawatan Pintu Geser Mobil Anda Agar Tidak Jadi Merepotkan 05

Bawa ke bengkel jika pintu geser kerap bermasalah 

Jika Anda mendengar ada bagian yang berbunyi atau getaran pada pintu mobil, kemungkinan terdapat masalah pada pintu model geser mobil Anda. Tidak ada salahnya memeriksa ke bengkel yang memang ahli atau minimal bengkel resmi mobil Anda.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil