Nissan Leaf Disiksa Balapan Reli Lintas Benua, 12.800 Km Tidak Mengalami Kerusakan

Mobil listrik umumnya digunakan di kota-kota besar dengan kondisi jalan yang mulus. Namun tidak dengan Nissan Leaf (Spesifikasi | Berita) generasi pertama ini.

Dalam kegiatan reli antar benua, Nissan Leaf digunakan berlaga di acara Reli Mongol dengan kategori kendaraan listrik. Ajang olahraga balap reli ini dilakukan mulai dari Eropa Barat hingga Asia Timur.

Kompetisi reli antar benua, Nissan Leaf melewati jalan berlumpur

Nissan Leaf yang digunakan merupakan mobil listrik pertama yang mengikuti kompetisi tersebut. Mulai dari Inggris, mobil melewati semua pos pemeriksaan perbatasan 13 negara sebelum berhenti di Ulan-Ude, Rusia, dengan garis finish dekat perbatasan Mongolia. Tercatat jarak yang ditempuhnya sejauh 12.800 km.

Dalam kompetisi balap reli, tentu jalan yang dilewati sebagian besar tidak mulus. Mobil diharuskan bertemu dengan medan kerikil, pasir dan berlumpur yang tentu saja dapat merusak segala sistem kelistrikan dan baterai.

Baca juga: Naik Rp10 Juta, Ini 4 Ubahan Nissan Leaf 2023

Kondisi Baterai Penuh, Nissan Leaf Bisa Tempuh Jarak 185 Km

Nissan Leaf yang digunakan dalam kompetisi reli kali ini dibekali baterai Lithium-ion (Li-Ion) berkapasitas 30 kWh dengan jarak tempuh maksimum 185 km. Dengan jarak tempuh yang sedikit, maka pengemudi dibutuhkan perencanaan rute yang cermat.

Hal tersebut dilakukan supaya pengemudi dapat menemukan akses titik pengisian daya listrik. Guna membuat perjalanan menjadi lebih singkat, maka sistem pengecasan mobil ini dilakukan modifikasi.

Dengan pengisian cepat, untuk melakukan charging hingga 80% hanya memerlukan 30 menit. Dalam kondisi tersebut mobil dapat menempuh jarak rata-rata 152 km, sebelum kembali melakukan pengisian daya.

Disebutkan dalam setiap radius perjalanan di bawah 152 km, pengemudi melakukan pengecasan dengan meminta bantuan ke rumah-rumah penduduk, hotel, kantor polisi, dll untuk memasang charger darurat.

Baca juga: Trend Mobil Retro Listrik, Pickup Nissan Sunny 1987 Bertampang Hakosuka Ini Berjantung Nissan LEAF

Nissan Leaf reli melakukan pengisian di tiang listrik umum

Bahkan dalam satu kondisi tertentu pengendara mobil meminta bantuan terhadap teknisi listrik untuk melakukan pengisian daya dengan cara menyambungnya ke tiang listrik umum. Hal ini dilakukan saat berada di salah satu pedesaan di Rusia.

Menempuh perjalanan sejauh 12.800 km dengan waktu tempuh kurang dari 2 bulan, tercatat mobil ini melakukan sebanyak 111 kali charging hingga mencapai garis finish. Sesampainya di tujuan akhir, mobil tanpa mengalami kerusakan serius. Hanya saja masalah yang menimpa mobil ini seperti mud guard lepas, pecah ban, dan velg bengkok, seperti yang umumnya dialami pembalap reli.

Dengan Nissan Leaf membuktikan bahwa mobil listrik juga bisa digunakan untuk kompetisi reli dunia. Namun hal yang wajib diperhatikan dalam menggunakan mobil listrik untuk balapan ekstrim selain durabilitas yakni kapasitas baterai yang besar serta pengisian daya lebih cepat.

Baca juga: Calon Digunakan Sebagai Mobil Dinas Pemerintahan, Segini Biaya Service Nissan Leaf di Bengkel Resmi

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Leaf

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2017 Toyota AGYA G TRD 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

18.936 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 175,00 Juta
Rp 3,57 Juta/bln

5.503 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 148,00 Juta
Rp 3,02 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nissan Indonesia Meluncurkan Mobil listrik Canggih All-New Nissan Leaf

Berita Terbaru

Noisekill Sediakan Peredam Kabin yang Tetap Enteng, Cocok Buat Pengguna Mobil Listrik

Peredam kabin mobil dibutuhkan untuk membuat area interior jadi makin kedap suara, yang pada akhirnya menambah kenyamanan berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang. Namun terkadang muncul kekhawatiran saat pemilik mobil ingin memasang peredam, yaitu bobot kendaraan jadi bertambah signifikan yang membuat mesin jadi bekerja ekstra berat. Baca juga: 5 Cara Mengurangi Panas Kabin Mobil, Mana yang Paling Cepat? Apalagi seiring bertambahnya populasi kendaraan listrik (EV) terjadi dilematis yait

Subaru Indonesia Resmikan Dealer Pertama di Jakarta, Dekat Kawasan Elite Pondok Indah!

Guna memberikan kenyamanan sekaligus kemudahan terhadap pelanggannya, Subaru Indonesia bersama dengan Subaru Corporation Japan meresmikan dealer kempatnya. Melalui Plaza Subaru Pondok Indah, ini merupakan dealer Subaru Indonesia pertama yang ada di Jakarta dengan membawa layanan lengkap. Baca juga: Subaru Legacy Outback akan Ikuti WRX Wagon ke Indonesia, Rilis di GIIAS 2023 Setelah comback tahun lalu, segala persiapan kami kembangkan untuk pelanggan Indonesia. Hal ini tandai besarnya komitmen be

Gak Mau Ribet Datang ke GIIAS 2023? BMW Astra Siap Antar dan Kasih Tiket Gratis

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 berlangsung 10-20 Agustus di ICE BSD City, Tangerang. Mengingat ini adalah pameran tahunan yang menampilkan teknologi terkini otomotif di Indonesia, pastinya akan hadir ribuan orang ke acara tersebut. Baca juga: Banyak Mobil dan Motor Baru yang Diluncurkan, Segini Harga Tiket GIIAS 2023 Apalagi perhelatan GIIAS 2023 diklaim menjadi yang terbanyak dari segi jumlah peserta, lantaran diikuti 49 merek kendaraan yang terdiri dari 34 merek

4 Produsen Mobil China dan Eropa Kepincut Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Eksistensi Indonesia di kancah otomotif dunia akan semakin berkembang, terlebih bakal muncul produsen otomotif yang ingin mendirikan pabrik di Tanah Air. Ya, informasi ini disampaikan langsung Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier. Menurut Taufiek, sudah ada empat brand yang ingin mempunyai pabrik di Indonesia, menandakan bahwa animo pabrikan otomotif untuk masuk pasar Indonesia cukup tinggi. Baca juga: Kejar Harga Kompetitif, Neta

Bukan Orang Indonesia, Perancang Jalan Makadam di Pedesaan Ternyata Berasal Dari Skotlandia

Jalan di daerah pedesaan umumnya berupa gravel atau jalan tanah yang dipadatkan dengan kombinasi batu split. Jalan yang umum disebut sebagai jalan makadam atau makadaman ini ternyata bukan ide asli orang Indonesia. Jalan makadam biasanya digunakan untuk jalan raya atau jalan desa yang tidak membutuhkan permukaan jalan yang sangat halus dan keras. Jalan makadam umum dibangun di pedesaan karena prosesnya mudah dan lebih murah daripada jalan beton atau aspal. Baca juga: Ingat, Nyalip dari Bahu Jala

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan Leaf
Lihat