Segini Konsumsi BBM Nissan Terra 2023, Harga Tembus Rp750 Juta Lebih Irit dari Fortuner?

Generasi terbaru Terra resmi diluncurkan PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di Tanah Air melalui pagelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang dilangsungkan pada Maret lalu.

Didatangkan secara utuh dari Thailand, untuk pasar otomotif Indonesia, Terra hanya dijual satu varian saja yakni VL 4x4 dengan bandrol Rp749,9 juta OTR Jakarta.

Dikatakan Bima Aristantyo, Head of Product planning PT NMDI, hadirnya Terra VL 4x4 karena melihat permintaan pasar yang membutuhkan mobil penggerak 4WD sebagai mobil sekaligus hobi.

Sebagai mobil keluarga sekaligus hobil, simak beberapa fakta penting terkait Nissan Terra VL 4x4 berikut ini.

Berapa Cc Mobil Nissan Terra?

Mesin YD25DDTi I4

Generasi terbaru Nissan Terra untuk pasar otomotif Tanah Air dibekali mesin diesel turbo 4-silinder segaris, DOHC with Variable Turbocharger (VGS) and Intercooler.

Jantung pacu berkode YD25DDTi I4 dengan kapasitas silinder 2.488 cc Common Rail Direct Injection yang digunakan mampu meletupkan tenaga sebesar 190 PS pada 3.600 rpm serta torsi sebesar 450 Nm pada putaran 2.500 rpm.

Baca juga: Toyota Fortuner Masih Lebih Perkasa dari Pajero Sport, Nissan Terra Curi Perhatian

Nissan Terra Punya Transmisi Manual?

Transmisi matic Terra

Untuk menggerakan mobil, putaran mesin yang dihasilkan diatur menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan yang ditranslasi ke sistem penggerak 4x4.

Menariknya, transfer case Shift-On-The-Fly 4x4 system yang digunakan terbilang canggih.

Disebutkan bahwa pengemudi bisa merubah menggunakan penggerak 4x4 dari 4x2 disaat mobil melaju dalam kecepatan maksimal 100 km per jam.

Seberapa Irit Konsumsi BBM Nissan Terra 2023?

Tampilan belakang Terra

Bicara penggunaan bahan bakar, Nissan mengklaim bahwa konsumsi BBM Terra terbilang cukup irit di kelas SUV medium ladder frame.

Disebutkan Bima, PT NMDI sudah melakukan uji coba jalan untuk mengetahui berapa konsumsi BBM Nissan Terra yang mana untuk pemakaian dalam kotanya kurang lebih dapat menempuh jarak 10 km/liter sampai 12 km/liter.

Disisi lain, pengetesan luar kotanya dengan gaya berkendara variasi berada di angka 14 km/liter sampai 18 km/liter.

Baca juga: Nissan Terra 2023 Meluncur di China, Pakai Mesin Bensin Garapan Mitsubishi

Apakah Nissan Terra Bisa Pakai Biosolar?

Usung teknologi common rail dengan standar Euro4, Nissan Terra direkomendasikan minimal menggunakan solar dengan angka Cetane Number (CN) 51 atau setara dexlite.

“Terra tidak direkomendasikan untuk memakai biosolar. Minimal dexlite (Cetane 51),” ucap Bima.

Apa Fitur Unggulan Nissan Terra?

Interior Terra 2023

Dibanding model sebelumnya, Terra 2023 mengalami ubahan pada sistem pencahayaannya yang mana sudah menggunakan headlamp yang dilengkapi teknologi Quad LED projector.

Tak hanya itu, lampunya pun turut dikombinasikan LED daytime running light bermodelkan plasma dengan tampilan menyudut.

Selain sistem pencahayaan, fitur unggulan lain yang dimiliki yakni penggunaan bahan kulit premium kombinasi hitam dan merah serta material soft touch di beberapa bagian.

Pada center cluster Terra 2023 didukung head unit layar sentuh 9 inci yang mendukung format smartphone connectivity dengan audio system garapan BOSE sebanyak 8 buah yang menghasilkan kualitas suara tingkat atas.

Roof monitor 11 inci

Menariknya, sistem infotaiment yang digunakan terhubung secara langsung dengan roof monitor 11 inci yang dapat memberikan kenyamanan selama berkendara bagi penumpang baris kedua dan ketiga.

Oh iya, Terra kini juga dibekali dengan wireless charger di depan yang memudahkan pengguna ketika ingin menambah daya pada gawai hanya dengan meletakannya.

Dari segi keselamatan berkendara Nissan Terra 2023 berhasil dilengkapi Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, serta 6 buah airbags dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang dinamai Nissan Intelligent Mobility.

Fitur Nissan Intelligent Mobility yang ada di Terra diantaranya; Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Intelligent Emergency Braking.

Tak berhenti sampai di situ, ada juga Rear Cross Traffic Aller, Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, 6 airbags dan Electric Parking Brake (EPB).

Baca juga: Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Terra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nissan Terra balik lagi, makin mewah dan makin gagah

Nissan Terra Balik Lagi, Pajero Sport dan Fortuner Mesti Hati-hati! | First Look

Mitsubishi Pajero Sport facelift hadir di Indonesia pada Februari 2021. Sebagai salah satu produk tulang punggung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), versi penyegaran Pajero Sport muncul dengan bentuk lebih atraktif dan futuristik dibandingkan model sebelumnya. Pada bagian fascia, pesaing terberat Toyota Fortuner ini mendapatkan wajah layaknya Xpander dan Triton dengan menganut gaya bahasa desain Dynamic Shield. Bicara soal harga barunya, Pajero Sport facelift per November
Kredit Honda Brio 2023 adalah satu solusi jika ingin memiliki kendaraan ini dengan segala keunggulannya demi menunjang mobilitas Anda. PT Honda Prospect Motor (HPM) tercatat menghadirkan Honda Brio 2023 dengan beberapa perubahan pada Mei 2023 di Jakarta. Sebagai pemimpin di kelas city car, Honda tentunya tak mau berdiam diri ketika rival terberatnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah lebih dulu hadir dengan model baru. Dengan mempertahankan performa mesin terbesar di kelasnya, karakter Fun to
Razia tilang uji emisi kendaraan bermotor, kembali digelar serentak di sejumlah titik di wilayah Jakarta, mulai Rabu 1 November 2023. Pemeriksaan yang dikhususkan untuk kendaraan bermotor tidak lulus uji emisi ini dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta, dibantu Polda Metro Jaya, serta Dinas Perhubungan Jakarta. Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, pelaksanaan razia uji emisi yang memberikan sanksi tilang pada kendaraan bermotor ini tak akan menyusahkan masyarakat.
Kalau melihat foto di artikel ini Anda mungkin akan berpikir sebuah Hyundai Staria dengan tampilan yang berbeda. Apakah ini versi faceliftnya? Atau ini Hyundai Staria varian listrik, mengingat tidak telihat gril besar di bagain depan mobil tersebut? Ternyata bukan! Kenalkan, ini adalah sebuah MPV terbaru dari perusahaan Cina, Li Auto Mega yang hadior dengan desain ramping namun panjang menyerupai kereta peluru. Gambar-gambar MPV ini dipublikasikan sendiri oleh Li Xian selaku CEO perusahaan start
Harga BBM November 2023 mengalami penurunan cukup menggiurkan, setelah beberapa bulan kemarin terus meningkat. Penurunan harga BBM di awal bulan ke-11 ini akan cukup membantu masyarakat, meskipun penurunan sekitar Rp1000 per liter untuk jenis non subsidi. Seperti halnya harga BBM Pertamina, dimana sejumlah jenis produknya yang non subsidi mengalami penurunan, contohnya Pertamax kini menjadi Rp13.400 per liter, yang sebelumnya tembus Rp14.000 per liter. Baca juga: Harga BBM Terbaru Oktober 2023 S

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan Terra
Lihat