window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport?

Yongki Sanjaya · 26 Jan, 2023 08:30

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rilis di IIMS 2023, Harga New Nissan Terra Senggol Pajero Sport Ultimate 4x4!

Adu Fitur Nissan Terra 2023 vs Mitsubishi Pajero Sport, Mana yang Paling Siap Diajak Offroad?

Nissan Terra VL 4x4 yang diimpor dari Thailand diharap bisa menjawab akan kebutuhan konsumen saat ini. Mobil ini perpaduan dari ketangguhan Nissan Terrano dan kenyamanan Nissan Patrol. Platform yang digunakan berasal dari Nissan Navara, sehingga dari segi rangka, mesin dan lainnya memiliki kesamanaan. 

Sebagai pendatang baru, Nissan Terra harus berhadapan dengan dedengkot di segmen SUV medium ladder frame yaitu Toyota Fortuner. Sebagai gambaran, Nissan Terra sudah punya Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), dan menjadi satu-satunya mobil Jepang di segmen ini yang memilikinya. 

Seperti apa kelengkapan fitur di Nissan Terra yang bisa mengungguli rival seniornya? Simak perbandingan dari kedua model berikut ini.

Nissan Terra 2023, Tampil Premium dan Canggih dengan Fitur ADAS

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 01

Nissan Terra 2023 resmi diumumkan untuk memulai penjualannya di Indonesia. Harganya antara Rp725 juta-Rp745 juta dan cuma tersedia satu varian yakni VL 4x4. Dari sisi luar, grill dengan aksen V-Motion dibuat lebih besar.  Lampu utamanya lebih pipih dan menyiku serta menggunakan teknologi Quad LED yang terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL) yang juga pakai LED plasma.

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 02

Interiornya tampil premium dengan aksen hitam dikombinasikan merah burgundy berpadu pengaturan AC kini ada layar digitalnya. Nissan sudah menyediakan roof monitor 11 inci. Kemudian tata suara di kabin mobil ini juga menggagumkan berkat terhubung dengan 8 speaker Bose.

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 03

Setir dengan berbagai tombol fitur termasuk audio steering switch dan cruise control. Meter cluster berukuran 7 incinya kombinasi digital dengan analog yang memiliki banyak menu untuk diakses pengemudi.

 

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 04

Konsol tengahnya juga berubah, dan pada bagian ini ada beberapa tombol untuk kebutuhan melintas di medan offroad berikut Electric Parking Brake. Pengaturan sistem penggerak 4x4 Nissan Terra 2023 menggunakan Shift-On-The-Fly 4x4 system. Transfer case ini menganut teknologi modern yang tangguh serta mudah digunakan hanya dengan memutar knob di bawah tombol pengaturan AC.

Nissan Terra Punya Nissan Intelligent Mobility

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 05

Nissan juga sudah memasang Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang dinamai Nissan Intelligent Mobility. Fitur yang tersedia antara lain Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning, Intelligent Driver Alertness, Intelligent Rear View Mirror Camera, Intelligent Stability Control, dan Vehicle Dynamic Control.

Demi menunjang berkendara di medan berat, Terra juga didukung fitur Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, Electronic Locking Rear Differential, dan Brake Limited Slip Differential. 

Toyota Fortuner, Harga Lebih Murah Fitur Ikut Kalah

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 06

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport merupakan tipe teratas dalam keluarga Fortuner. Sebagai tipe termahal, tentu konsumen memiliki ekspektasi tinggi soal kelengkapan fitur dan performa dari mobil ini. Meskipun demikian, ekspektasi tersebut harus realistis karena terbentur dengan harga Fortuner yang lebih murah. 

PT Toyota Astra Motor menjual Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dalam beberapa varian yaitu:

  • 4x2 2.8 GR Sport AT Rp624.950.000
  • 4x4 2.8 GR Sport AT Rp715.350.000
  • 4x4 2.8 GR Sport AT Two Tone Rp720.350.000

Dari sisi fitur, Fortuner sebenarnya tidak bisa dianggap superior. Sesama mobil 4x4, harga Fortuner 2.8 GR Sport versi single tone bisa lebih murah sekitar Rp10 jutaan dari estimasi harga terendah Nissan Terra 2023. Fitur yang tersedia di Fortuner sudah proporsional namun tidak cukup beragam. 

Guna memberikan tampilan yang lebih sporty varian 2.8 GR Sport ditawarkan tambahan aksesoris OEM dengan total ada 9 item. Aksesoris yang ditawarkan meliputi Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier. 

Fitur di Interior Toyota Fortuner Mirip di Nissan Terra

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 07

Dari segi desain interior, mobil ini tidak mengalami perubahan saat facelift 2022. Desainnya masih sama seperti sejak pertama Fortuner diperkenalkan pada 2016 lalu. Untungnya terdapat beberapa improvement soal fitur yang membuatnya tidak dicap kemahalan.

Kalian bisa menemukan adanya fitur di interior Fortuner 2.8 GR Sport berupa tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, surround monitor, Variable Fluid Control (VFC), switch control steering dan terakhir electro-chromic rearview mirror.

Bukan cuma itu, agar terlihat advance, mobil ini telah dilengkapi New 4.2 Inch meter cluster design dengan improvement seperti new TFT opening animation, power seat adjuster, power back door switch status display, clearance sonar detection status display, tire turning angle display, wireless charger dan Eco-Normal-Power mode display.

Pada konsol tengah, terpampang head unit berlayar sentuh 9 inci yang menyuguhkan konektivitas ke ponsel pintar via Miracast. Head unit yang digunakan juga telah mendukung fitur NFC E-Toll card checking sehingga memudahkan pengguna ketika mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik. 

Untuk fitur hiburan lainnya terdapat rear seat entertainment berupa layar monitor di atap bagian tengah. Monitur ini dapat menampilkan video yang berasal dari head unit atau stik penyimpanan USB. 

Fitur Keselamatan Proporsional, Minus ADAS

Harga Lebih Mahal Mulai Rp10 Jutaan, Fitur Nissan Terra 2023 Apakah Lebih Keren Dari Toyota Fortuner GR Sport? 08

Toyota Fortuner 2.8 belum dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS. Sebagai kelengkapan standar, mobil ini sudah dibekali dengan ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). Selain itu terdapat emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer.

Khusus tipe GR Sport 4x4, New Toyota Fortuner 2.8 mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), rem cakram di semua roda dan terakhir Downhill Assist Control (DAC). 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil