Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Ketahui Kelemahan Suzuki XL7, Grand Escudo, Sampai Toyota Innova Gen 1

Memahami kelemahan sebuah mobiladalah hal yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya, terlebih untuk mobil bekas.

Mengingat usia pakai, kendaraan-kendaraan ini tentu mulai muncul berbagai "penyakit", apalagi kita tidak mengetahui bagaimana karakter berkendara dan perawatan yang dilakuakn pemilik sebelumnya.

Mungkin mobil tersebut masih punya sosok yang menarik, seperti Suzuki Grand Escudo yang tetap terlihat gagah hingga kini.

Atau mobil bekas ini harganya sudha jauh lebih terjangkau dibanding saat pertama kali di luncurkan belasan tahun lalu, contohnya Toyota Kijang Innova generasi pertama.

Tapi perlu diingat, setiap buatan masnusia pasti akan kelemahannya, begitu pula mobil.

Nah, artikel-artikel yang terkait tentang kelemahan mobil bekas inilah yang tenryata menjadi Top 5 artikel yang banyak dibaca di Autofun selama sepekan terakhir.

Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini:

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Perbandingan Biaya Isi BBM Toyota Kijang Innova Venturer Bensin dan Diesel Sampai Varian Nissan Livina

1. Kelemahan Suzuki XL7 2023 yang Jarang Disadari, Apakah Itu?

XL7 berbasis Suzuki Ertiga

Selain kelebihan tentunya kelemahan Suzuki XL7 2023 juga layak untuk diperhitungkan terutama bagi Anda yang hendak membeli Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tersebut.

Kalau sedikit melihat kilas balik hadirnya XL7, LSUV 7-seater tangguh yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga itu pertama kali dilahirkan di India pada Agustus 2019.

XL7 merupakan versi crossover dari Suzuki Ertiga generasi kedua, namun di Negeri Bollywood tersebut, namanya Suzuki XL6, serta dijual melalui jaringan dealer ekslusif Maruti Suzuki NEXA.

Barulah pada Februari 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan XL7 versi kembaran dari XL6.

Tetapi sama seperti Ertiga, XL7 juga diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, mulai Maret 2020.

Dengan harga under Rp300 juta, XL7 menjadi opsi realistis bagi masyarakat yang mencari low SUV nyaman, terjangkau, maskulin, tapi juga tak merepotkan soal perawatan. 

Meski begitu ada beberapa kelemahan Suzuki XL7 2023 yang membuatnya kurang totalitas di segmen Low SUV.

2. Memahami Arti dari Transmisi MT, AT, DCT, AMT dan CVT, Anda Pilih yang Mana?

Tiap jenis transmisi punya cara kerja yang berbeda

Kalau Anda pembaca setia Autofun pasti pernah medengar istilah transmisi MT, AT, DCT, AMT dan CVT pada sebuah mobil yang diterapkan para produsen kendaraan tersebut.

Mungkin Anda juga sering membaca keterangan pada brosur mobil baru jika kendaraan itu pakai jenis transmisi MT, AT, DCT, AMT, dan CVT atau lainnya.

Misalnya ada Daihatsu Ayla yang menggunakan transmisi MT, kemudian Honda WR-V menggunakan transmisi CVT, lantas beberapa mobil Suzuki seperti Ignis ada varian yang pakai transmisi AMT.

Namun, kita jangan cuma familiar dengan transmisi tersebut, tapi juga harus memahami arti dari masing-masing transmisi ini, serta paham mengenai perbedaan masing-masing transmisi, misalnya antara MT dan CVT sesuai kebutuhan.

3. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

Innova gen 1 yang sudah alami facelift

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin 2004 dan 2008 diklaim oleh sebagian besar pemiliknya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Padahal kedua model Kijang Innova ini menggunakan mesin bensin yang serupa yakni 2.000 cc berkode 1TR-FE 4 silinder 16 katup DOHC.

Seperti yang diketahui, Toyota Kijang Innova pertama kali muncul di kancah otomotif Tanah Air pada 1 September 2004.

Memiliki kode AN40, Toyota Kijang Innova generasi pertama ini memiliki life time yang cukup panjang, lantaran diproduksi hingga 2015.

Namun beberapa kali PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan facelift atau minor change, seperti di tahun 2008 ketika Innova diketahui mendapat sedikit upgrade pada tampilan serta teknologinya.

Khusus di bagian mesin juga diaplikasikan teknologi VVT-I alias Variable Valve Timing Intelligent, yang tugasnya mengatur kinerja cahmshaft untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mesin serta menaikkan standar emisi gas buang jadi EuroII.

Dengan adanya upgrade teknologi, membuat konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin model facelift diyakini lebih efisien dibandingkan model sebelumnya.

4. Daftar 20 Mobil MPV Terlaris Saat Ini, Bukan Lagi Toyota Avanza

Penjualan Avanza disalip Innova Zenix

Di tengah serangan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV yang semakin bermunculan, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap banyak dicari, seperti halnya Toyota Kijang Innova yang laku hingga 7.463 unit.

Ya, melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Kijang Innova Zenix terjual 5.354 unit dan Toyota Kijang Innova (Rebond masih dijual) tercatat 2.109 unit.

Tingginya penjualan Toyota Kijang Innova Zenix memang tak lepas dari pamor mobil tersebut yang dipercaya oleh konsumen di Indonesia.

Belum lagi, Toyota Kijang Innova Zenix juga dilengkapi varian dengan teknologi hybrid, sehingga performa mumpuni namun tetap irit dalam urusan bahan bakar. 

Adapun untuk Toyota Kijang Innova Reborn, mobil ini masih dipercaya tangguh dalam berbagai kondisi jalanan di Indonesia. 

Kondisi tersebut membuat posisi Toyota Avanza (Spesifikasi | Berita) sebagai Mobil Sejuta Umat yang selama ini menguasai segmen MPV, tergeser ke urutan kedua.

5. Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Masih pakai ban cadangan model konde

Suzuki Grand Escudo merupakan SUV tangguh yang sempat menjadi salah satu pilihan favorit di pasar otomotif Indonesia, lantaran menggabungkan gaya elegan dengan performa yang handal.

Kendaraan ini hadir sebagai pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan keseimbangan antara kenyamanan berkendara dan kemampuan off-road.

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo, ada baiknya kita sedikit kilas balik terlebih dulu mobil yang tak lagi dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut.

Menurut catatan Wikipedia, Grand Escudo diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2001 yang sejatinya merupakan Suzuki Vitara generasi kedua di global yang hadir dalam bentuk mid-size SUV 4x2.

Nama Vitara berganti jadi Escudo bukan hanya di Indonesia, namun untuk pasar Jepang pun melakukan hal serupa.

Berbeda dengan model sebelumnya, generasi kedua ini hadir dengan tampilan yang lebih segar, bodi lebih lebar, sekaligus modern.

Hal ini terlihat dari tampilan luar dan dalamnya yang dibuat lebih membulat dan nyaman, terlebih adanya tambahan control panel yang semakin modern.

Meski demikian, aura kental SUV ladder framenya tidak hilang berkat adanya ban cadangan yang diletakan menggantung di pintu belakang serta ground clearance yang dibuat tinggi.

Sebagai pesaing utama Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Kia Sportage, sosok Grand Escudo sendiri mampu bertahan hingga 2006 sebelum digantikan oleh Suzuki Grand Vitara.

Perlu kalian ketahui, Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000 cc dan mesin bensin 1.600 cc yang dipasarkan mulai tahun 2003.

Walau harga bekasnya sudah mulai dari Rp50 jutaan, tapi perlu diketahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Beberapa waktu lalu sosok Jaecoo 7 tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di wilayah Palembang yang diketahui merupakan unit kepunyaan Chery Indonesia. Dikatakan Rifkie Setiawan selaku Head of Marketing and Public Relation PT Chery Motor Indonesia kepada Autofun Indonesia, Jaecoo 7 yang tertangkap kamera oleh salah satu warganet tersebut merupakan model SUV terbarunya yang bakal di pasarkan di Tanah Air. Sebagai informasi, Jaecoo merupakan sub brand Chery layaknya Omoda. Sebagai brand luxu
Merek otomotif asal Vietnam, VinFast siap turut meramaikan pasar otomotif untuk bersaing dengan sejumlah brand ternama yang ada Indonesia di tahun ini. Tak tanggung-tanggung, VinFast berencana mengucurkan dana investasi cukup tinggi, yaitu senilai US$1,2 miliar atau setara Rp18,6 trilun. Menurut Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho, investasi yang dilakukan VinFast di Tanah Air termasuk pembangunan pabrik seluas 200 hektar yang rencananya berlokasi di Bekasi, Jawa
Daihatsu Ayla 2023 pertama kali diperkenalkan di Februari 2023 yang kemudian harganya resmi diumumkan sebulan setelahnya, tepat di acara pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023. Masih tetap bermain di segmen LCGC, All New Ayla hadir dengan banyak pilihan varian. Untuk tipe yang ditawarkan pada generasi kedua Dahatsu Ayla ini adalah 1.0 M, 1.0 X MT, 1.0 X MT ADS, 1.0 X CVT, 1.0 X CVT ADS, 1.2 R MT, 1.2 R MT ADS, 1.2 R CVT dan 1.2 R CVT ADS. Yang menarik dari Daihatsu Ayla 2023 adalah tipe X dan R
Kalau Anda pembaca setia Autofun pasti pernah medengar istilah transmisi MT, AT, DCT, AMT dan CVT pada sebuah mobil yang diterapkan para produsen kendaraan tersebut. Mungkin Anda juga sering membaca keterangan pada brosur mobil baru jika kendaraan itu pakai jenis transmisi MT, AT, DCT, AMT, dan CVT atau lainnya. Misalnya ada Daihatsu Ayla yang menggunakan transmisi MT, kemudian Honda WR-V menggunakan transmisi CVT, lantas beberapa mobil Suzuki seperti Ignis ada varian yang pakai transmisi AMT. N
Membahas kelebihan dan kekurangan Nissan Evalia merupakan satu hal yang menarik, mengingat mobil ini sempat populer di masanya. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan boxy beratapkan tinggi ini pertama kali hadir pada 2012. Di negara lain, mobil ini dikenal dengan nama Nissan NV200, yang versi konsepnya muncul perdana pada pameran Tokyo Motor Show 2007. Untuk pasar Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan saat itu menawarkan dua varian Eval

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat