Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Enda · 8 Nov, 2021 18:00

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 01

Suzuki Grand Escudo diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2001 yang merupakan mid-size SUV 4x2. Berbeda dengan model sebelumnya, generasi kedua Escudo ini hadir dengan tampilan yang lebih segar sekaligus modern.

Hal ini terlihat dari tampilan luar dan dalamnya yang dibuat lebih membulat dan nyaman, terlebih adanya tambahan control panel yang semakin modern. Meski demikian, aura kental SUV ladder framenya tidak hilang berkat adanya ban cadangan yang diletakan menggantung di pintu belakang serta ground clearance yang dibuat tinggi.

Sebagai pesaing utama Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Kia Sportage, sosok Grand Escudo sendiri mampu bertahan hingga 2006 sebelum digantikan oleh Suzuki Grand Vitara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Perlu kalian ketahui, Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.6L dan 2.0L. Untuk harga bekasnya saat ini, mobil ini kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan hingga Rp70 jutaan.

Tertarik membeli Suzuki Grand Escudo sebagai mobil keluarga ataupun mobil hobi? Sebelum memutuskan untuk meminangnya, ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Nissan X-Trail T31, SUV Andalan Polisi dan Militer

Kelebihan Suzuki Grand Escudo

1. Memiliki Ruang Kabin yang Cukup Luas dan Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 01

Kabin Suzuki Grand Escudo cukup luas

Secara konfigurasi, Suzuki Grand Escudo memiliki kapasitas daya angkut hingga lima penumpang sekaligus. Menurut data di atas kertas, mobil ini mempunyai panjang 4.178 mm, lebar 1.781 mm dan tinggi 1.709 mm. Untuk jarak sumbu rodanya tercatat 2.479 mm.

Dengan dimensi yang dimiliki serta penataan ruang didalamnya, mobil ini terbukti memiliki ruang kabin cukup lega. Dengan begitu setiap orang yang berada di dalam akan merasa nyaman meskipun berkendara berjam-jam.

2. Varian 2.0L Lebih Bertenaga dan Memiliki Akselerasi yang Lembut

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 02

Varian 2.0L lebih bertenaga dan lembut

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, 1.6L dan 2.0L.

Secara data mesin G16A multi-point injection 1590 cc 4 silinder segaris SOHC yang digunakan mampu melecutkan tenaga hingga 109 PS @6.000 rpm dengan torsi 144 Nm @4.500 rpm. Sedangkan varian 2.0L dibenamkan jantung pacu J20 DOHC 1995 cc 4 silinder segaris berkombusi injeksi yang diketahui dapat memeras tenaga sebesar 130 PS @5.900 rpm serta torsi

174 Nm @2.900 rpm. Selain bertenaga, varian 2.0L nya diketahui memiliki akselerasi lebih lembut.

3. Fitur Suzuki Grand Escudo Terbilang Cukup Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 03

Fitur Suzuki Grand Escudo cukup lengkap di zamannya

Bicara fitur, Suzuki Grand Escudo memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap. Seperti yang diketahui varian terendahnya sendiri telah dilengkapi dengan optitron meter cluster, AC dan ventilasi yang diatur secara elektrik serta adanya sensor kualitas udara.

Selain itu, lampu kabinnya sendiri dilengkapi dengan dimmer, immobilizer key, wiper dengan intermittent dengan interval waktu yang dapat diatur dan wiper belakang dengan intermittent. Pada varian 2.0L nya sendiri mendapat tambahan jok kulit dengan kualitas premium yang terasa nyaman serta adanya fitur keselamatan berupa Anti-Lock Braking System (ABS).

Oh iya, pada varian ini untuk tampilan luarnya telah mendapatkan tambahan cover penutup ban cadangan serta spion tanduk yang diletakan di bonnetnya.

4. Selain Perawatan yang Mudah, Sparepart Suzuki Grand Escudo Juga Melimpah

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 04

Sparepart Suzuki Grand Escudo melimpah dan mudah ditemukan dimana-mana

Setelah membeli mobil ini, kalian tidak perlu merasa takut maupun bingung. Pasalnya perawatan mobil ini terbilang sangat mudah. Karena sudah menggunakan teknologi injeksi, maka untuk perawatannya sangat gampang.

Yang perlu kalian lakukan hanyalah cukup mengecek busi, melakukan tune up serta mengganti oli secara rutin. Oh iya, untuk ketersediaan sparepartnya dengan mudah bisa kalian jumpai di seluruh penjuru nusantara.

5. Kaki-kaki Suzuki Grand Escudo Terbilang Bandel

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 05

Kaki-kaki Suzuki Grand Escudo cukup kuat

Sebagai SUV berpenggerak roda belakang, tentunya lebih siap diajak berpetualang. Suzuki Grand Escudo terbukti memiliki kaki-kaki yang terbilang cukup tangguh. Hal ini dialami sebagian besar pemiliknya karena jarang sekali mengalami masalah pada bagian ini.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Kekurangan Suzuki Grand Escudo

1. Varian 1.6 Hanya Tersedia Transmisi Manual

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 06

Varian 1.6 Suzuki Grand Escudo hanya mendapat pilihan transmisi manual 5-percepatan

Pada varian 2.0L, diketahui tipe ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sedangkan tipe 1.6L, hanya disediakan transmisi manual 5-percepatan saja.

2. Konsumsi BBM Cenderung Boros

Memiliki bobot kendaraan yang mencapai 1,3 ton lebih, rata-rata penggunaan bahan bakar untuk kedua variannya di dalam kota berkisar antara 7-9 km/liter. Sedangkan luar kotanya dapat meraih angka 10-12 km/liter.

3. Akselerasi Mesin 1.600 cc-nya Sedikit Lemot

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan! 07

Varan 1.600 cc dianggap lebih lemot

Sebagian besar pengguna Suzuki Grand Escudo merasakan bahwa akselerasi yang dimiliki mesin 1.6L lebih lemot dibandingkan 2.0L. Selain memiliki kapasitas yang lebih kecil, faktor yang membuat akselerasi varian 1.6L terasa lebih berat karena bobot kendaraannya yang tidak jauh berbeda dengan model 2.0L.

4. Suzuki Grand Escudo Memiliki Bantingan yang Keras

Karakter mobil SUV, Suzuki Grand Escudo memiliki bantingan yang cukup keras. Meski demikian, handling mobil ini terbilang cukup stabil.

Kesimpulan

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo berhasil kami sampaikan di atas. Pada umumnya, mobil ini terbilang cukup tangguh serta mudah dalam perawatan. Seperti para kompetitornya yang bermain di segmen mid-size SUV 4x2, suspensi Grand Escudo ini memiliki bantingan yang cukup keras.

Keunggulan lain yang tidak dimiliki para rivalnya, mobil ini menggunakan penggerak roda belakang yang mana dapat dengan mudah menaklukan berbagai medan cukup ekstrim. Untuk kelemahan yang cukup signifikan, konsumsi BBM Suzuki Grand Escudo ini terbilang boros.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru