window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Perbandingan Biaya Isi BBM Toyota Kijang Innova Venturer Bensin dan Diesel Sampai Varian Nissan Livina

Prasetyo · 2 Jan, 2024 08:01

toyota kijang innova venturer

Artikel mengenai Toyota Kijang Innova dan Innova Venturer memang tak ada habis-habisnya dibahas dan disukai para pembaca Autofun.

Terbukti di pekan terakhir menutup tahun 2023, Top 5 artikel diisi oleh informasi yang banyak berkaitan dengan Kijang Innova.

Misalnya mengenai daftar varian Toyota Kijang Innova generasi pertama dan kedua, sampai bagaimana konsumsi BBM antara Toyota Innova Venturer diesel dan bensin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski begitu, selain Innova, artikel yang membahas mengenai Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander juga banyak pembacanya.

Mungkin dengan profil yang hampir seluruhnya sama, Livina cukup menarik untuk dilirik, apalagi Nissan memberikan diskon yang besar untuk unit produksi dengan NIK lama.

Nah kalau penasaran apa saja artikel-artikel di Autofun yang menjadi Top 5 selama sepekan menjelang pergantian tahun 2024, berikut rinciannya:

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Heboh Skandal Daihatsu Sampai Beda Kijang Super dan Grand

1. Perbedaan Nissan Livina VE dan VL, Selisih Rp10 Jutaan Mending Pilih Mana?

nissan livina ve

Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander

Masih banyak yang belum mengetahui apa perbedaan Nissan Livina VE dan VL.

Sebagai informasi, Livina merupakan produk rebadge dari Mitsubishi Xpander.

Meluncur pertama kali pada 2019 atau dua tahun setelah kemunculan Xpander, Livina hingga kini masih dijual oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Meski memiliki model, teknologi serta mesin yang sama dengan Xpander, Livina juga mempunyai sejumlah perbedaan sebagai ciri khasnya.

Sebagai ikoniknya, mobil ini mewariskan bentuk dengan ciri khas kendraan Nissan yaitu pada bagian wajahnya disematkan grill berbentuk V-Motion.

Mengenai harganya, per Desember 2023 tipe VE dibandrol Rp309,5 juta dan Rp320 juta OTR Jakarta pada varian teratasnya VL.

Selisih harga baru mencapai Rp10,5 juta, berikut ini perbedaan antara kedua varian.

2. Kaleidoskop 2023: Daftar Mobil Baru dari yang Murah Sampai Mahal, Ada Bensin dan Listrik

wuling binguo ev

Wuling Binguo EV, satu dari beberapa mobil yang rilis di penghujung tahun 2023

Pasar otomotif nasional kehadiran berbagai mobil baru di tahun 2023, yang modelnya sangat beragam mulai dari yang murah sampai termahal, dari bensin hingga elektrifikasi.

Bahkan di tahun ini berbagai mobil dengan teknologi listrik semakin bermunculan, setelah pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan khusus elektrifikasi.

Tidak hanya itu, kendaraan seperti truk juga turut melakukan berbagai penyegaran, sehingga kendaraan komersial terbaru dianggap dapat meningkatkan penjualan.

Di artikel ini Autofun urutkan mobil-mobil baru selama tahun 2023 mulai dari Januari hingga Desember.

3. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Venturer Bensin dan Diesel, Mana yang Irit Uang Jalan?

konsumsi bbm toyota innova venturer

Toyota Kijang Innova Venturer

Konsumsi BBM Toyota Innova Venturer bermesin bensin dan diesel kerap jadi perdebatan, pasalnya versi diesel dianggap jauh lebih irit, benarkah?

Ya, Toyota Kijang Innova Venturer merupakan varian termewah dari keluarga Kijang Innova yang belakangan ini pamornya sedang menanjak.

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 atau setahun setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Innova Reborn.

Tipe Venturer ini disodorkan sebagai pengganti Innova Reborn tipe Q yang sudah ada sejak 2015

Sebagai ikoniknya, Venturer memiliki kosmetik dengan tampilan lux yang tidak ada di tipe lainnya.

Antara lain untuk eksterior mendapat tambahan front bumper spoiler dengan aksen krom, side rocker moulding juga dengan aksen chrome, dan rear bumper spoiler juga dengan imbuhan krom.

Nuansa krom juga disisipkan pada front grille ornament dan garnish belakang. Sementara untuk gril depan, velg 17 inci yang terpasang, dan wheel arch diberi warna hitam.

Di dalam, untuk jok mobil ini sudah dibungkus dengan bahan kulit premium, aksen wood panel di beberapa bagian, serta jok captain seat yang dilengkapi meja dan arm rest.

Innova Venturer hadir dengan mesin bensin 2.000 cc dan diesel 2.400 cc.

Versi bensinnya menggendong mesin 1TR-FE 4 silinder segaris 16 katup, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1.998 cc yang dapat menghasilkan tenaga 139 PS di 5.600 rpm dan torsi sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan untuk varian diesel disematkan jantung pacu 2GD-FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc yang sanggup meletupkan tenaga 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsinya maksimal 359 Nm di angka 1.200-2.600 rpm.

Jadi mana yang lebih irit dalam hal biaya isi BBM?

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pilihan Mobil Baru Rp 150 Jutaan dan Tarif Tol Menjelang Liburan

4. Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

toyota kijang innova gen 1

Toyota Kijang Gen 5 sekaligus Innova Gen 1

Varian Toyota Kijang Innova yang sudah diproduksi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar Indonesia tentunya sudah banyak sekali.

Varian ini ada yang dibedakan berdasarkan penamaan tipe, jenis mesin yang dipakai apakah Innova bensin atau diesel, hingga adanya opsi pemakaian gearbox manual 5 percepatan serta yang dibekali transmisi otomatis (A/T).

Kemudian mobil ini juga telah diproduksi di beberapa negara lainnya seperti India, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Innova juga dijual di Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Singapura, Thailand, negara-negara di Teluk Arab (GCC), Ekuador, Mesir, Jamaika, dan Argentina.

Sosok Toyota Kijang Innova memang sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat Tanah Air.

Melihat kilas balik sejarahnya, kendaraan Multi Purpose Vehicle yang diperkenalkan oleh PT TAM pada 1 September 2004 ini memiliki kode AN40.

Tentunya Innova juga telah mengalami tiga kali pergantian generasi, dimana untuk Kijang Innova generasi kedua dijuluki Innova Reborn, sementara Innova generasi ketiga kini dinamakan Innova Zenix.

Nah apa saja ragam varian Toyota Kijang Innova yang beredar di Indonesia?

5. Gak Sampai Rp150 Juta, Daihatsu Ayla 2023 Tipe 1.0 M Dapat Apa Saja?

daihattsu ayla tipe d

Daihatsu Ayla 2023 tipe termurah

Saat ini memang tak banyak mobil keluaran terbaru yang memiliki harga jual Rp150 jutaan. Satu dari sedikit mobil baru dengan rentang harga tersebut adalah Daihatsu Ayla 2023 yang sudah meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.

Sebagai sebuah mobil Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu juga punya tipe terendah Ayla yaitu 1.0 M MT. Daihatsu Ayla tipe ini dijual Rp134 juta on-the road Jakarta.

Jika pada generasi sebelumnya, tipe terendah Ayla dikenal sebagai tipe 1.0 D MT, maka pada model terbaru ini posisinya digantikan oleh tipe M.

Ini membuat pilihan tipe pada Ayla terbaru menjadi lebih sederhana, yaitu 1.0 M MT, 1.0 X MT, 1.0 X CVT, 1.2 R MT, 1.2 R CVT, termasuk opsi aksesoris Astra Daihatsu Styling (ADS).

Dengan ditiadakannya tipe D maka sejumlah fitur yang sebelumnya tak dimiliki oleh Ayla D, kini telah disematkan pada Ayla 1.0 M MT. 

Baik itu dari sisi tampilan eksterior, interior, hingga fitur-fitur lainnya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pilihan Varian Toyota Innova Reborn Bekas dan Mitsubishi Xforce Tanpa Sunroof

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil