Itu adalah generasi terakhir dari rekord setelah beralih ke nama omega pada tahun 1988. Itu diperkenalkan pada tahun 1977 dan di-refresh pada tahun 1982, dengan peningkatan teknis dan estetis utama. Nama Rekord adalah level trim untuk Opel Olympia sejak 1953. Lima tahun kemudian, nama Olympia dijaga hanya untuk bentuk stasiun-gerobak, sedangkan sedan hanya dinobatkan sebagai Rekord. Pada tahun 1960, penggantian generasi berbasis Olimpiade diubah dan kendaraan baru hanya dinobatkan sebagai Rekord. Maju cepat pada tahun 1982 ketika facelift terakhir untuk generasi Rekord terakhir diperkenalkan. Mobil itu menerima tampilan yang didesain ulang. Di depan, kap diperpanjang dan melengkung di atas grille, sedangkan lampu depan disapu dan dibentuk kembali dengan tepi dalam bundar. Untuk versi diesel, kap menerima tonjolan di tengah. Bumper metalik diganti dengan plastik, berbentuk, bumper dengan celemek lebih rendah di depan. Di belakang adalah batang yang lebih tinggi 20 mm (0,8 ") daripada sebelum ditingkatkan aerodinamika dan juga sedikit peningkatan kapasitas bagasi. Hampir setengah dari dasbor lebih besar, dengan cluster instrumen dan tumpukan tengah dalam satu bagian. Ini menampilkan pemutar kaset radio dan kontrol ventilasi. Sebagai pilihan, mobil dilengkapi dengan jendela listrik dan sunroof. Lajaran mesin ditingkatkan secara drastis. Unit 1,7 liter dan 1,9 liter yang lebih tua diambil dari produksi dan lineup baru diperkenalkan dengan versi 1,8 liter dan 2.0 liter, yang menampilkan injeksi bahan bakar. Peningkatan lebih lanjut adalah unit 2,2 liter, disuntikkan bahan bakar. Dua versi unit diesel diluncurkan di kemudian hari.