Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda WRV

Honda WR-V adalah mobil crossover berukuran compact, yang awalnya ditujukan khusus untuk pasar Brazil dan India. Sebelum Honda WRV hadir di Indonesia pada tahun 2020, yuk kita simak dulu kelebihan dan kekurangan Honda WRV di luar negeri!

Apa Fitur-fitur yang Dihadirkan pada Honda WRV di Indonesia?

Mobil ini berbasis Honda Jazz generasi ketiga, alias yang sedang dipasarkan saat ini, dengan ground clearance yang lebih tinggi.

Selain platformnya yang sama dengan Jazz, WR-V juga sama-sama menggunakan panel body serupa, namun mengalami perubahan pada kap mesin dan pintu bagasi, yang kini dilengkapi garnish yang tersambung ke lampu rem.

Di samping itu, ditambahkan pula ornamen yang semakin menambah kesan sebuah crossover. MIsalnya over fender dan roof rail. Di balik kap mesin, lagi-lagi terpasang jantung mekanis L15 yang serupa Jazz/City. 

Kelebihan Mobil WRV

Eksterior Honda WRV

Penampilan WR-V lebih terinspirasi oleh Honda BR-V daripada Jazz. Kap mesinnya kini lebih tinggi dengan lampu utama persegi yang mengapit slat tebal yang terlihat seperti kumis. Bumpernya tampak berkontur, dengan lipatan-lipatan serta plat yang menegaskan tampilan SUV yang garang.

Bagian sampingnya, terutama setelah pilar A, menampilkan atap Jazz sampai ke bagian ekornya. Dilengkapi cladding dan roof rail yang memperkuat tampilan sebuah SUV.

Interior Honda WRV

Di bagian dalamnya, WR-V tampak menyerupai Jazz, dengan tata letak dasbor, tombol telepon, konsol pusat dan setir yang sangat mirip.

Walaupun perlengkapannya juga sama dengan Jazz, Honda WR-V dilengkapi sunroof yang digerakkan secara elektrik untuk mobil dengan spesifikasi tinggi, sehingga fitur-fitur yang disematkan untuknya mendekati fitur-fitur pada Honda City.

Di bagian keamanan, mobil ini dilengkapi dua buah airbag di depan dan ABS yang disertai EBD yang sudah standar di semua variannya.

Mesin dan Transmisi

Dari segi dapur pacunya, mobil ini menawarkan pilihan mesin yang sama dengan Jazz – mesin i-Vtec berbasis bensin dengan kapasitas 1,2 liter dan mesin i-Dtec berbasis diesel dengan kapasitas 1,5 liter.

Mesin bensinnya yang berkekuatan 91 PS ditawarkan dengan transmisi manual lima percepatan, sedangkan mesin diesel dengan 100 PS tersedia dengan transmisi manual enam percepatan.

Performa

Beranjak ke bagian lain dari mobil ini, Honda tetap mempertahankan mesin bensin dan dieselnya, dengan pilihan transmisi manual 5 dan 6 percepatan. Diawali dengan yang lebih populer di antara kedua pilihan ini, mesin tipe dieselnya menyemburkan daya 1498cc, dengan unit turbo 4 silinder, sehingga dihasilkan tenaga 100 PS dan torsi maksimal sebesar 200Nm.

Walau begitu, mobil Honda WR-V tetap mampu bersaing dengan adanya daya yang cukup linier. Terlepas dari gempuran kuat dari mobil-mobil lain di kisaran menengah. Lebih baiknya lagi, transmisi manual 6 percepatannya terasa nyaman digunakan – perpindahan gigi terasa sangat mulus serta pedal kopling yang tekanannya pas.

Selain mesin diesel 1,5 liter, mesin bensin 1,2 liter yang diusungnya juga terasa nyaman, walaupun menurut kami mesin ini sendiri cukup mantap. Dengan kekuatan mesin sebesar 89 PS dan torsi maksimal 110Nm, WR-V yang bermesin bensin bisa bergerak lincah di perkotaan.

Respons mesin secara keseluruhan terasa ‘tenang’, dan meskipun tidak ada kendala saat berpindah kecepatan, performa WR-V sudah sesuai spesifikasinya, hanya saja sedikit agak kasual.

Lagi-lagi, transmisi 5 percepatannya (dengan rasio berkendara yang lebih rendah dibandingkan dengan Jazz) terasa menyenangkan – karena mesinnya tidak sekeras pesaing-pesaingnya, versi perbaikan ini memanfaatkan daya yang ada dengan transmisi yang mulus. Crossover berbasis hatchback biasanya memanfaatkan suspensi yang sama dengan kendaraan yang menjadi basisnya.

Tapi WR-V sedikit berbeda. Untuk pemula, dia dilengkapi wheelbase yang lebih panjang dan roda yang berukuran lebih besar daripada Jazz. Sesuai perkiraan, ground clearance-nya juga lebih tinggi.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, performa Honda WR-V saat dikendarai jelas terlihat lebih baik dibandingkan Jazz – kualitas berkendaranya lebih baik saat melewati jalan berlubang yang pinggirannya tajam, dan juga tidak terlalu kaku.

Walaupun jalanan di tepi pantai termasuk jalanan paling enak di negara ini, kami tetap menemukan bagian jalan yang kurang bagus, tapi kualitas berkendara dengan mobil ini tetap konsisten dan nyaman, meskipun sedikit melonjak-lonjak.

Kekurangan Mobil WRV

Mesin dan Transmisi

Transmisinya keras, pedal koplingnya juga bikin kaki sakit karena kerasnya, konsumsi BBM tidak pernah sesuai klaimnya, katanya mesin 1,2 itu yang paling jelek di kelasnya, nggak bisa pakai gigi 2 di tanjakan atau bahkan di tengah kota

Suara mesinnya terlalu keras dan mengganggu. Digipak-nya yang udah ketinggalan zaman terus-terusan restart. Baru 30 ribu km tapi jendelanya sudah berisik. Spionnya juga bergetar.

Performa

Kata Honda, level NVH-nya secara umum sudah mereka kurangi. Apa memang sudah berkurang? Tidak sepenuhnya. Walaupun suara berisik mesin di kabin sudah berkurang dibandingkan Jazz, WR-V tidak lebih baik dari pesaingnya dan suara berisik di mesin dieselnya hampir selalu jelas terdengar.

Secara umum

Dengan teknologi, ada benda-benda yang ukurannya jadi lebih kecil. Anda sekarang bisa punya komputer di pergelangan tangan yang kemampuannya melebihi apa yang dilakukan komputer desktop Anda lima tahun lalu. Sedangkan mobil malah tambah besar. Setiap hatchback kini punya SUV crossover yang ukurannya membesar dan Honda Jazz adalah mobil terbaru di daftar mobil yang ukurannya meningkat.

Honda WR-V diperkirakan akan meluncur bulan Januari 2020 di Indonesia. Menurut perkiraan juga, harganya dibanderol mulai dari Rp 208 Juta (berdasarkan harga Honda WRV facelift di India, yang mulai dari Rp178 jutaan hingga Rp242 jutaan).

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda WR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 248,00 Juta
Rp 5,05 Juta/bln

9.027 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V E 1.5

Rp 250,00 Juta
Rp 5,09 Juta/bln

28.269 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Beli Honda WR-V!

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    WR-V vs Almaz
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    WR-V vs XL7
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    WR-V vs Rush
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    WR-V vs Raize
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    WR-V vs Terios
Honda WR-V
Lihat