Rp 1,07TBC Milyar

Harga di Indonesia

Honda Civic Type R Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiHatchback
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin2.0L
Tenaga301PS
Tempat Duduk5

Honda Civic Type R Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Desain Sporty, Lebih Aerodinamis

  • Interior Mewah, Bernuansa Sporty

  • Fitur Hiburan dan Konektivitas Mumpuni

  • Pengaturan AC Sudah Digital, Lebih Mudah Digunakan

  • Fitur Keamanan dan Keselamatan Mumpuni

  • Mesin Bertenaga, Akselerasi Lebih Baik

  • Handling Lebih Baik

Kekurangan

  • Hanya Menawarkan Pilihan Transmisi Manual

  • Raungan Mesin Masuk Ke Dalam Kabin

  • Biaya Perawatan Mahal

  • Suspensi Keras, Mengurangi Kenyamanan Berkendara

Honda Civic Type R Gambar

Eksterior

Interior

Honda Civic Type R Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar nama Honda Civic? Honda Civic memang bukan merupakan mobil yang asing di industri otomotif Indonesia. Kiprah Honda Civic di Indonesia bisa dibilang cukup panjang, mengingat mobil ini telah hadir dan aktif diproduksi sejak tahun 1972. Produksinya pun terus berlanjut hingga saat ini.

    Sepanjang kiprahnya di insdutri otomotif, Honda memang terus mengembangan Honda Civic agar bisa bersaing dengan mengikuti perkembangan zaman. Mobil ini pun telah berubah menjadi mobil yang semakin modern dan dilengkapi dengan teknologi yang semakin mutakhir.

    Selama ini, mobil yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu mobil populer keluaran Honda. Honda Civic juga hadir dengan beragam model, mulai dari mobil sedan hingga mobil hatchback yang dilengkapi dengan tenaga Turbo yang tidak tertandingi di kelasnya.

    Tetapi selain itu, Honda Civic juga memiliki satu varian lain, yakni Honda Civic Type R. Varian yang satu ini meruapakan salah satu varian Honda Civic mewah. Tidak tanggung-tanggung, mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp1 miliar.

    Mobil sport ikonik ini telah menjadi salah satu mobil andalan Honda yang desain dan kualitasnya patut diperhitungkan. Karena itu, kali ini kita akan mengulas tentang Honda Civic Type R.

    Harga

    Honda Civic sebenarnya hadir dalam beragam model, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Tetapi di antara semua model yang ditawarkan, Honda Civic Type R merupakan varian tertingginya.

    Tidak heran, jika kemudian harganya pun memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dengan varian lainnya. Satu unit mobil Honda Civic Type R dibanderol dengan harga Rp1,067 miliar.

    Spesifikasi

    Dimensi Honda Civic Type R

    Panjang

    4.557 mm

    Lebar

    2.076 mm

    Tinggi

    1.421 mm

    Wheelbase

    4.557 mm

    Mesin Honda Civic Type R

    Tipe Mesin

    4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

    Kapasitas

    2,0 Liter (1.996 cc)

    Power Output

    296 HP / 6.500 rpm

    Torsi

    400 Nm / 2.500 - 4.500 rpm

    Transmisi

    Transmisi Manual 6 Percepatan

    Sistem Penggerak

    Front Wheel Drive

    Bahan Bakar

    Bensin

    Kaki-kaki Honda Civic Type R

    Ukuran Ban

    245/30 R20

    Material Velg

    Alloy Wheel

    Suspensi dan Rem Honda Civic Type R

    Suspensi Depan

    Dual Axis

    Suspensi Belakang

    Multi-Link

    Rem Depan

    Brembo Ventilated Disc brake

    Rem Belakang

    Solid Disc brake

    Perlu diketahui bahwa Honda Civic Type R merupakan mobil sport mewah yang pertama kali diluncurkan Honda di Indonesia melalui ajang pameran otomotif kenamaan, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tahun 2017 lalu di Jakarta. Honda Civic Type R sendiri dikenal sebagai mobil sport legendaris Honda yang pada tahun tersebut telah memasuki usianya yang ke-25.


    Honda Civic Type R adalah mobil yang dikembangkan dengan menggunakan basis dari Honda Civic generasi ke-10. Tidak hanya ikonik, mobil Honda Civic Type R ini juga telah mencetak prestasi. Mobil ini berhasil mencatatkan rekor sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman dengan catatan lap time 7 menit 43,80 detik.

  • Eksterior

    Saat kita melihat bagian eksterior dari Honda Civic Type R, kebanyakan dari kita akan langsung membayangkan kata “sporty”. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh, mengingat mobil mewah yang satu ini memang kental dengan bahasa desain berkesan sporty.

    Sedikit berbeda dengan Honda Civic varian lainnya, Honda Civic Type R ini memang diketahui memiliki desain eksterior yang paling premium. Melalui penggunaan desain eksterior yang agresif dan aero kit dengan gaya racing yang terlihat kuat, mobil ini semakin terlihat maskulin.


    Selain itu, penggunaan front grille dengan full LED headlights dan LED fog light semakin memperkuat kesan sporty dan agresif yang terpancar dari mobil ini. Honda Civic Type R juga memiliki velg racing berukuran 20 inci dan Type R Triple Exhaust with Finisher yang semakin mempertegas penampilannya sebagai mobil sport andalan Honda.

    Bukan itu saja, Honda juga memberikan banyak pilihan warna agar konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya masing-masing. Honda Civic Type R ditawarkan dengan pilihan warna yang stylish, antara lain Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Sonic Grey Pearl, Crystal Black Pearl, Championship White, dan juga Polished Metal Metallic.

  • Interior

    Kesan premium ternyata tidak hanya bisa kita temukan pada bagian eksterior dari Honda Civic Type R. Bagian interior dari mobil sport yang satu ini juga tidak kalah mewah dan stylish.

    Kabinnya yang menggunakan bahasa desain modern ini dilengkapi dengan berbagai penunjang kenyamanan untuk para penumpangnya. Ada multimedia headunit berukuran 7 inci dengan latar berbasis Android yang juga bisa digunakan untuk sistem navigasi dengan dukungan Garmin. Demi memanjakan penumpang ketika mendengarkan musik, 8 buah speaker dengan suara jernih pun disematkan di seluruh bagian kabin.


    Kenyamanan Honda Civic Type R juga terjamin dengan penggunaan jok semibucket dengan dominan warna merah dan ornamen kabin dengan jahitan serupa. Sedangkan untuk setirnya sendiri menggunakan material kulit berkualitas dan dilengkapi tombol-tombol pengatur audio, MID, dan juga cruise control yang memudahkan dilakukannya pengaturan oleh pengemudi ketika sedang berkendara.

  • Fitur

    Bicara soal fitur secara keseluruhan, Honda Civic Type R memang disebut memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan varian yang lainnya. Hal ini karena Honda ingin berfokus pada performanya sebagai mobil sport mewah. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Cruise Control, Tweeter speaker, audio steering switch, dan MID.

    Tetapi jika kita bicara soal fitur keselamatan dan keamanan, mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, Lane Watch, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Assist.


    Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, dan Adjustable Seatbelts. Tidak hanya itu, untuk menjamin keamanan mobil, Honda Civic Type R ini juga dilengkapi dengan Alarm System dan Engine Immobilizer.

  • Mesin dan Performa

    Performa yang tinggi memang merupakan daya tarik utama dari Honda Civic Type R. Mobil ini dibekali dengan mesin yang jauh lebih bertenaga dibanding varian lainnya, mengingat mobil ini memang merupakan mobil sport.

    Honda Civic Type R dibekali dengan mesin 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 katup + DBW berkapasitas 2,0 liter. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 296 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dihasilkannya bisa mencapai 400 Nm pada putaran mesin 2.500-4.500 rpm. Untuk pilihan transmisinya sendiri, Honda Civic Type R hanya menawarkan satu pilihan transmisi, yakni sistem transmisi manual enam percepatan.


    Pada segmen yang sama, Honda Civic Type R bersaing dengan Toyota 86 di Indonesia. Kedua mobil ini memang memiliki pangsa pasar yang sama. Kendati demikian, ternyata Toyota 86 harus unggul dalam hal banderol harga, karena mobil ini dibanderol dengan harga Rp716 jutaan, Sementara Honda Civic Type R harganya telah menyentuh angka Rp1 miliaran.

    Tetapi jika bicara soal performa, Toyota 86 jelas kalah oleh Honda Civic Type R. Dengan kapasitas mesin yang sama, yakni 2,0 Liter, Honda Civic Type R mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar berkat penggunaan teknologi mesin Turbo. Sementara Toyota 86 hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 197 HP saja.

  • Kesimpulan

    Sebagai mobil sport mewah, desain eksterior dan interior Honda Civic Type R memang sangat menawan. Kesan mewah dan premium begitu kental terasa, tanpa menutupi kesan sporty yang diusungnya.

    Kendati memiliki fitur hiburan yang sederhana, tetapi mobil sport andalan Honda yang satu ini memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang sangat lengkap. Selain itu, mobil ini juga memiliki keunggulan dalam hal performanya, bahkan jika dibandingkan dengan pesaingnya di pasar otomotif.

Honda Civic Type R FAQ

  • Apakah Honda Civic Type R memiliki Merek Speaker?

    • Ali

      Ali

      Tidak, Honda Civic Type R tidak memiliki Merek Speaker.

  • Apakah Honda Civic Type R memiliki Jumlah airbag?

    • CaptainAhab112

      CaptainAhab112

      Ya, Honda Civic Type R memiliki Jumlah airbag, yaitu: Honda Civic Type R 6-Speed MT.

  • Apa Airbag sisi depan / belakang dari Honda Civic Type R?

    • Dale Holmes

      Dale Holmes

      Berikut adalah Airbag sisi depan / belakang dan varian Honda Civic Type R:

      VarianHonda Civic Type R 6-Speed MT
      Airbag sisi depan / belakangY/Y

Model Populer

VS