Honda CR-V 2021 Lebih Sporty Dibandingkan Sebelumnya, Intip Perbedaannya!

Honda CR-V 2021 mendapatkan perubahan di negara tetangga. Kali ini CR-V edisi terbaru diperkenalkan di Malaysia pada awal November lalu. Tak menutup kemungkinan pasar Indonesia akan mendapatkan versi facelift dari generasi kelima ini. Tak perlu ragu memilih mobil ini atau versi lama. Berikut perbedaan SUV bergaya sporty khas Honda ini.

CR-V 2021 yang lebih stylish

Honda Malaysia secara resmi meluncurkan edisi facelift Honda CR-V yang mendapatkan perubahan eksterior minor dan fitur baru. Versi yang dipasarkan di Malaysia merupakan model rakitan lokal (CKD) dengan revisi pada line up yang ditawarkan.

Ubahan eksterior bisa dirasakan pada revisi desain bumper depan bergaya plastik dan kelir, dibuat lebih lebar dibandingkan edisi sebelumnya. Di bagian atas, bilah grille chrome terlihat lebih menonjol ditukar dengan aksen hitam gloss.

Di bagian belakang terdapat desain bumper baru dengan trim silver matte dan tak lagi menggunakan knalpot chrome yang hanya digunakan untuk varian turbo. Knalpot kini berbentuk trapesium, bukannya membulat. Perubahan lainnya termasuk warna lampu belakang yang lebih gelap.

Pada varian entry level, velg 17 inci tak mengalami perubahan, masih dengan desain palang lima. Sedang varian turbo menggunakan velg 18 inci dengan desain velg palang lima gaya baru. Hanya varian CR-V Turbo yang mendapatkan fungsi hands-free power tailgate.

Beberapa revisi di dalam kabin memang tak terlalu jelas terlihat. Misalnya roda kemudi mendapatkan trim hitam pada sisi bawah. Semua varian mendapatkan dua port USB tepat di bawah tuas presneling. Berbeda dengan CR-V versi Thailand yang mendapatkan pengisi daya nirkabel.

Fitur standar yang ditawarkan termasuk lampu kabut LED, keyless entry, cluster instrument TFT 7 inci, AC otomatis dual zone, jok depan elektris, head unit layar sentuh 7 inci dengan Advanced Display Audio sudah dengan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Untuk sistem keselamatan, Honda CR-V 2021 terlihat lebih lengkap dengan kehadiran sistem Honda Sensing. Ada fitur Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Forward Collision Warning (FCW), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Low Speed Follow (LSF).

Varian dasar masih menggunakan mesin bensin 2.0L SOHC i-VTEC bertenaga 152 hp dan torsi maksimal 189 Nm. Dua varian lainnya menggunakan mesin turbo, yaitu 1.5T 2WD dan CR-V 1.5T 4WD bertenaga 190 hp dan torsi maksimal 243 Nm yang lebih sangar.

Sejarah Honda CR-V

Sejak awal kemunculannya, Honda CR-V selalu dikenal sebagai SUV yang sporty dan tangguh untuk semua medan. Hingga saat ini, sudah ada lima generasi yang dipasarkan. Simak sejarah Honda CR-V dari masa ke masa di bawah ini.

Generasi pertama Honda CR-V

Meski Honda CR-V generasi pertama sudah diproduksi sejak tahun 1997, masyarakat Indonesia baru mendapatkan servis SUV tangguh ini pada tahun 2000-an. Dengan tampang yang maskulin, desain muka dilengkapi lampu depan halogen berbentuk kotak dan lampu kabut.

Kesan SUV yang tangguh terlihat dari ground clearance yang cukup tinggi. Meski Honda merasa tak perlu memberikan foot step untuk mobil ini. Ada roof rail untuk memudahkan pengemudi membawa barang di atas atap serta ban serep bergaya ‘konde’ yang menjadi ciri khasnya.

Bagian dalam memang tak banyak mendapatkan fitur modern. Hanya ada head unit bergaya 1DIN dengan AC yang bisa diakses melalui knop putar. Pengaturan kursi masih manual ditambah setir palang empat khas Honda jadul menjadi pemanis bagi mobil ini.

CR-V generasi pertama yang masuk ke Indonesia menggunakan mesin F20A berkapasitas 2.0L serta pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Tenaga disalurkan ke roda depan dengan keluaran tenaga maksimal 126 hp dan torsi 180 Nm.

Generasi kedua Honda CR-V

CR-V mendapatkan ubahan penuh pada tahun 2001 yang dikembangkan dari generasi ketujuh Honda Civic. Tak lagi bergaya agresif, CR-V terlihat lebih elegan dan dibuat cocok untuk pengendaraan di jalanan perkotaan.

Tak banyak perubahan yang diberikan pada interior CR-V di generasi kedua. Tampilannya masih tetap sederhana dengan pengaturan AC yang lengkap. Tapi perbedaannya terletak pada tuas transmisi yang berada di sisi dashboard, tak lagi di belakang setir.

HPM menambah pilihan mesin. Memperkenalkan mesin K20A dan K24A1 dengan konfigurasi 4-silinder dan transmisi 5-percepatan otomatis serta 5-percepatan manual. Mesin 2.0L bertenaga 150 hp dengan torsi maksimal 194 Nm. Sedangkan mesin 2.4L menghadirkan tenaga 160 hp dan torsi maksimal 222 Nm.

Pada tahun 2005, CR-V mendapatkan penyegaran tengah siklus. Ada velg berukuran 16 inci yang menggantikan velg 15 inci. Perubahan termasuk lampu belakang dan lampu depan baru yang mendapatkan lensa bening.

Generasi ketiga Honda CR-V

Desain modern menawarkan tampilan yang gagah. Termasuk lampu utama yang dibuat lebih sipit serta lekukan bodi yang lebih mengkurva. Dipasarkan dari tahun 2007 hingga 2012, ada dua facelift minor diberikan.

Penambahan fitur di dalam kabin mulai dari Vehicle Stability Assist, pengaturan kursi elektris, kehadiran head unit baru, serta kehadiran beberapa teknologi baru yang membawa lebih banyak fitur untuk meningkatkan rasa berkendara bersama mobil ini.

CR-V kembali mendapatkan ubahan mesin yang digunakan, yaitu mesin R20A 2.0L dengan tenaga 150 hp serta torsi maksimal 197 Nm. Sedangkan mesin K24Z 2.4L mampu menghasilkan tenaga maksimal 170 hp serta torsi 231 Nm. Transmisi baru diperkenalkan, yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Honda mengembalikan posisi tuas transmisi pada bagian tengah di bawah head unit, membuatnya lebih praktis. Ada pula pengaturan tilt & teleskopik pada setir, layar head unit, pengaturan AC, dan beberapa fitur safety yang lebih lengkap

Generasi keempat Honda CR-V

Perubahan paling signifikan terasa pada generasi keempat. Dimana CR-V mendapatkan tampilan yang lebih futuristis. Banyak lekukan tajam, lampu depan dan lampu kabut yang dibuat sipit, serta aksen chrome yang ada pada eksterior dan desain velg baru.

Bagian dalam juga dibuat modern, termasuk head unit dan berbagai pengaturan baru di dalam dashboard. Fitur anyar yang ditawarkan seperti start/stop button, keyless entry, cruise control, Hill Start Assist, dan sunroof baru.

Mesin K24Z DOHC dan R20Z SOHC menghasilkan tenaga yang tak jauh berbeda, yaitu 190 hp dan 150 hp. Masih menggunakan sistem penggerak roda depan disandingkan dengan transmisi 5-percepatan otomatis dan 6-percepatan manual.

Model tahun 2015 merupakan edisi facelift dari Honda CR-V. Membawa mesin Earth Dreams yang diinjeksi langsung serta menerima kombinasi transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) yang pertama kali diperkenalkan pada Honda Accord generasi kesembilan.

Generasi kelima Honda CR-V

Model yang saat ini dijual di Indonesia merupakan generasi kelima yang diperkenalkan tahun 2018 lalu. Lekukan bodi dibuat lebih mengotak dengan kombinasi sudut-sudut tegas. Lampu depan dan stoplamp menerima pengaturan LED.

Tampilan kabin juga menerima berbagai perubahan. Desainnya dibuat mewah dengan ciri khas CR-V yang tetap sama. Seperti posisi tuas transmisi, head unit layar sentuh terintegrasi, pengaturan AC, serta aksen panel kayu yang membawa kesan premium pada mobil ini.

Tak ada lagi mesin 2.4L. HPM menyusupkan mesin 1.5L turbocharged layaknya Honda Civic Turbo, namun dengan pengaturan yang berbeda. Tapi tenaga mesin tetap sama, menghadirkan 190 hp dan torsi 240 Nm melalui transmisi CVT Earth Dreams ke roda depan.

Perbedaan Honda CR-V 2021 dan sebelumnya

Thailand dan Malaysia menjadi negara ASEAN yang sudah mendapatkan pembaharuan dari SUV bergaya sprty milik Honda ini. Dan tak menutup kemungkinan facelift Honda CR-V akan datang ke Indonesia tahun depan. Sebelum itu, mari kita lihat apa saja perbedaan pada penyegaran pertama generasi kelima ini.

Eksterior

Bisa dibilang perubahan pada eksterior Honda CR-V tak terlalu kentara dibandingkan edisi sebelumnya. Bagian depan menampilkan lebih banyak aksen plastik hitam dan perak untuk tampilan yang bersudut layaknya Honda Civic 2021.

Desain grille depan sebagian besar tetap sama, berpadu aksen chrome untuk kesan lebih elegan. Ada lampu sein sekuensial yang baru. Honda telah memberikan lampu depan dan belakang finishing Chrome Smoked bergaya sporty.

Bagian samping kurang lebih sama, kecuali set velg 18 inci dengan tampilan baru. Di belakang, pintu hands free power tailgate dibuat jadi fitur standar untuk semua varian. Ditambah pembaharuan pada bumper yang terasa lebih segar dibandingkan sebelumnya.

Interior

Masuk ke bagian dalam, tak banyak perbedaan yang bisa dirasakan. Honda memang tak mengubah apa yang sudah baik. Dimana sebagian besar komposisi tombol masih tanpa perubahan. Tetap menawarkan kabin yang ergonomis bagi pengemudi maupun penumpang.

Tapi ada sedikit pembaharuan untuk kenyamanan. Facelift Honda CR-V menyematkan fitur panoramic sunroof, menjadikannya terasa lebih elegan dan lapang untuk penghuni kabin. Meski ruang kaki dan ruang kepala yang banyak berubah.

Mesin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ubahan baru ini memberikan mesin bensin 2.4L naturally aspirated milik CR-V di Thailand. Berteknologi i-VTEC, mampu mengeluarkan tenaga 170 hp dan torsi maksimal 224 Nm dengan transmisi CVT.

Varian yang lebih tinggi mendapatkan mesin 1.6T 4-silinder i-DTEC turbodiesel. Meski menghasilkan tenaga 158 hp, tapi mampu menyemburkan torsi maksimal hingga 350 Nm. Tenaga disalurkan melalui girboks otomatis 9-percepatan.

Untuk urusan mesin, kemungkinan besar HPM masih akan mempertahankan dua pilihan mesin yang ditawarkan CR-V di Indonesia. Yaitu mesin 2.0L bertenaga 151 hp dan varian bertenaga turbo dengan total tenaga 187 hp.

Fitur

Perubahan paling besar mungkin bisa dibilang terletak pada sisi teknologi. Pasalnya ada beberapa fitur yang saat ini diberikan pada CR-V entry level, serta beberapa fitur baru yang ditawarkan untuk varian tertinggi.

Selain panoramic sunroof, Honda CR-V 2021 saat ini sudah mendapatkan bantalan pengisi daya cerdas nirkabel Qi untuk gadget, kaca spion yang bisa redup secara otomatis, dan fungsi memori pada kursi pengemudi untuk kemudahan mendapatkan posisi berkendara bagi seluruh anggota keluarga.

Enam airbag, kontrol stabilitas, dan LaneWatch menjadi fitur standar untuk semua varian. Sedangkan paket Honda Sensing hanya ditawarkan pada varian teratas, termasuk fitur seperti Autonomous Emergency Braking, Lane Keeping Assist, Adaptive Cruise Control with stop-and-go, serta Automatic High Beam.

Hanya saja masih belum ada kejelasan tentang fitur Honda Sensing di Indonesia. Pasalnya fitur ini seringkali dipangkas ketika model baru Honda masuk ke Indonesia. Tak menutup kemungkinan fitur ini tak dipakai untuk model terbaru CR-V di Tanah Air untuk mengurangi harga.

Harga

Harga Honda CR-V 2021 varian entry level mulai dari RM 139.913 (setara Rp487 jutaan). Varian yang lebih tinggi mendapatkan harga RM 157.616 (setara Rp549 jutaan) dan harga Honda CR-V 2021 varian tertinggi dibanderol RM 162.910 (setara Rp568 jutaan).

Sedangkan harga Honda CR-V yang ada di Indonesia saat ini dimulai dari Rp463 jutaan untuk varian All New CR-V 2.0L i-VTEC bertenaga 154 PS. Varian menengah adalah CR-V 1.5L Turbo dengan mesin 1.5L DOHC VTEC bertenaga 190 PS dihargai mulai dari Rp498 jutaan.

Yang ketiga dan varian tertinggi adalah Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo bertenaga 190 PS dan transmisi CVT. Dengan semua kelengkapan fitur yang ditawarkan, harga Honda CR-V 2020 untuk varian ini mulai dari Rp539 jutaan.

Kesimpulan

Akan ada lebih banyak penambahan teknologi pada facelift Honda CR-V terbaru ini. Hanya saja belum tentu semua fitur dibawa ke Indonesia untuk menekan harga Honda CR-V 2021 tetap terjangkau bagi konsumen Tanah Air. Namun penyegaran ini tetap menghasilkan model yang lebih stylish dan menarik sebagai SUV perkotaan dengan gaya sporty.

Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda CR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Tes Lengkap Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige 2021 | Test Drive

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

2021 Honda CR-V Touring | 360 Walkaround

HONDA CRV vs GEELY AZKARRA!! CROSSOVER BOXING MATCH!!

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda CR-V
Lihat