Ketahui Soal Transmisi CVT Honda Brio 2021, Si Metik Biangnya Irit

Honda Brio sukses menjadi mobil terlaris 2020, dan penjualannya melampaui Toyota Avanza. City car ini begitu disukai karena fun to drive dan irit. Salah satu penunjang kenyamanan berkendara di Brio ialah dari performa CVT yang halus.

Memang, transmisi dengan sabuk baja ini jadi andalan di hampir seluruh model Honda yang ada di Indonesia. Teknologi Earth Dream yang digaungkan Honda pada CVT ini bertujuan menghasilkan performa berkendara yang halus dan efisien. Dengan kinerja transmisi yang halus dan mengalir, mobil bertransmisi CVT terasa nyaman untuk berkendara sehari-hari di dalam kota.

CVT atau Continuously Variable Transmission adalah transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi otomatis konvensional.

Jadi untuk posisi gigi 1,2,3,4 tetap pada satu posisi transmisi (Drive). Pengemudi tidak perlu mengoper tuas perseneling setelah pindah ke posisi Drive.

Sebelum membahas lebih jauh soal transmisi CVT di Honda Brio, kita harus tahu keunggulannya. Berikut ini beberapa kelebihan Transmisi CVT di mobil Honda sebagaimana dikutip dari Honda Mitra:

  • Lebih mudah dikendarai karena tinggal bermain gas dan rem saja, layaknya mengendarai motor metik.
  • Akselerasinya lebih lembut tanpa ada hentakan perpindahan gigi perseneling.
  • CVT juga mempunyai engine brake yang cukup kuat sehingga jika melewati turunan, kerja rem tidak terlalu berat ketimbang mobil otomatis konvensional.
  • Kerja transmisi CVT di mobil Honda lebih irit bahan bakar karena penggunaan rpm mesin relatif stabil.

Transmisi CVT Honda Brio, Sederhana Tapi Punya Performa Jumawa

Manfaat CVT ini dibilang sangat canggih, karena fakta bahwa rasio pulley penggerak belt sangat bervariasi. Rentangnya bisa melebihi transmisi manual atau otomatis konvensional 5 atau 6 percepatan. 

Perbandingan pulley dan panjang belt ini menjaga putaran mesin supaya dapat berada pada tingkat efisiensi yang tinggi setiap saat.  Ini juga memiliki desain yang cukup sederhana, karena perangkat transmisi yang tidak rumit inilah membuat biaya produksi lebih murah.

Risiko Kerusakan di Transmisi CVT Honda Brio 2021 

Jika Anda mengemudi dengan normal seperti yang diperhitungkan oleh insinyur perancang mobil, kemungkinan besar tidak akan ada masalah pada CVT.  Untuk itu kamu perlu tahu kelemahan transmisi CVT terutama di mobil Honda Brio 2021:

  • Kelemahan dari sistem transmisi CVT adalah lebih susah untuk diperbaiki ketika rusak, karena memiliki sistem yang kompleks.
  • Mobil bertransmisi CVT tidak bisa dibuat berkendara secara kasar karena mesin akan mudah rusak.
  • Mobil dengan transmisi CVT kerap dianggap loyo ketika di tanjakan. 

Kerusakan di Transmisi CVT Honda Brio 2021

Transmisi ini juga menyimpan risiko yang menyeramkan pada transmisi CVT, yaitu ada risiko belt baja putus. Apabila sudah rusak maka harus ganti semuanya satu bagian belt dan pulley-nya. 

Biaya penggantian komponen tadi kisarannya tiga kali lipat lebih mahal dari mengganti perangkat transmisi AT konvensional.

Faktanya sabuk baja ini bisa rusak disebabkan oleh perilaku berkendara yang jauh buruk daripada yang diperkirakan oleh seorang insinyur. Maksudnya, kerusakan ini disebabkan oleh penggunaan dan perawatan yang asal-asalan.

Kita harus memastikan bahwa mengganti oli transmisi CVT tidak menggunakan cairan transmisi otomatis ATF konvensional.  Namun, kita harus menggunakan oli transmisi khusus CVT saja. 

Perilaku yang Haram Dilakukan dengan Transmisi CVT

Ada satu perilaku yang bisa dilakukan dengan transmisi otomatis konvensional, namun tidak dengan CVT, yaitu menggunakan pedal rem, dan gas secara bersamaan.  Untuk membuat putaran mesin lebih tinggi sebelum dihidupkan supaya lebih cepat panas. 

Karena pada sistem transmisi CVT, tidak bisa dengan menginjak rem sambil menginjak gas seperti matik tradisional.  Pulley akan bergesekan dengan sabuk karena bergerak bersama tapi roda mobil tidak berputar. 

Mengutip Autofun Thailand, pada transmisi otomatis memiliki Torque Converter yang berputar dan persnelingnya menyatu jadi tidak ada kerusakan seperti pada CVT. Sementara pada CVT ini kedua pulley ini membesar dan mengecil untuk mengatur posisi belt, di situ ada perubahan rasio untuk menggerakkan roda. 

Transmisi CVT hanya menggunakan tiga komponen utama untuk keseluruhan percepatan transmisi yaitu primary pulley, secondary pulley, dan sabuk baja. 

Nah, bila kita masuk posisi D tapi menginjak rem terus menerus hingga roda tidak bergerak maka akan ada gesekan sabuk baja dan pulley. Gesekan ini bila dibiarkan pastinya membuat belt rentan putus atau pulley jebol. 

Menjaga Transmisi CVT Honda Brio Tetap Kuat di Jalan Menanjak

Transmisi CVT sebenarnya tidak didesain untuk menahan beban besar, sehingga berbeda dengan transmisi matik konvensional. Ini membuat mobil transmisi CVT cenderung susah nanjak dan diperparah karena driving behavior pemilik mobil yang tidak sesuai aturan.

Seringkali mobil membawa muatan berlebih sehingga menambah beban tarik ke belakang. Ini pastinya aka semakin menyulitkan mobil menanjak. Pengemudi juga melakukan kebiasaan gantung gas untuk menahan mobil di tanjakan supaya tidak melorot. 

Semestinya, kita gunakan kombinasi rem, bisa itu injak pedal rem atau pakai rem tangan. Cara gantung gas bisa menyebabkan transmisi CVT lebih cepat panas dan mengalami selip.

Penyebabnya, oli transmisi senantiasa menerima beban besar sehingga membuat peningkatan suhu. Ini memicu lemahnya pressure oli untuk menggerakan pulley yang mencengkeram sabuk baja. Kondisi ini membuat power loss dari sabuk baja yang tidak kuat lagi memutar pulley. 

Kesimpulan 

Sebagai mobil perkotaan, Honda Brio 2021 dibekali transmisi CVT yang rasionya cukup efisien. Perbandingan putarannya berada dalam kondisi senantiasa optimal sehingga membuat konsumsi bahan bakar bisa lebih irit. 

Dengan perawatan rutin dan pemakaian normal, transmisi CVT di Honda Brio masih sanggup melewati situasi jalan menanjak dan menurun di kota pegunungan. Untuk itu, jangan sembarangan memperlakukan transmisi CVT apabila kalian tidak ingin tekor akibat biaya perbaikan yang sangat mahal. 

 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat