Honda BR-V 2022 Kemungkinan Pakai Mesin City Hatchback, Bagaimana Tenaga dan Konsumsi BBM-nya?

Honda All New BR-V akan resmi diperkenalkan PT Honda Prospect Motor (HPM) Selasa (21/9/2021). Kemungkinan besar Honda BR-V 2022 mendapat mesin baru untuk menggantikan generasi sebelumnya.

Menurut kabar yang beredar, Honda akan membenamkan mesin berkodekan L15ZF. Mesin ini juga telah berteknologi DOHC. Kalau kita membandingkan dengan mesin Honda Jazz L15A, maka meski sama-sama berkubikasi 1.498cc tapi Jazz masih menggunakan teknologi SOHC.

Honda N7X Concept

Sedikit penjelasan Single Over Head Camshaft (SOHC) dan Dual Over Head Camshaft (DOHC), kedua teknologi ini sebetulnya sudah lama diadaptasi oleh pabrikan mobil untuk pembakaran dalam (ICE). Pada SOHC kepala silinder hanya memiliki camshaft tunggal yang berfungsi mengatur katup masuk bahan bakar(intake) dan katup has buang (exhaust). Sedangkan DOHC sebaliknya, kepala silinder memiliki dua buah camshaft yang masing-masing mengatur katup masuk dan gas buang. 

Tentunya dengan ubahan pada mesin baru, konsumen mengharapkan sejumlah kelebihan. Lantas apa saja yang termasuk kedalam kelebihan DOHC pada mesin baru BRV ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Bocoran Honda BR-V 2022 Berbasis Honda N7X Concept: Daftar Varian dan Prediksi Harga!

Tenaga Naik 1 PS dan Torsi Lebih Awal Ketimbang SOHC

Mesin Baru L15ZF

Mesin DOHC Honda ini sebenanrya sudah terpasang di Honda City Hatchback. Masih menggunakan seri L itu berarti mesin inline empat silinder yang juga masih satu keluarga dengan yang dipakai di Honda Brio, Jazz, Mobilio, serta BR-V lawas. Tapi bedanya mesin ini punya internal yang benar-benar baru dan dirancang ulang khusus.

Diatas kertas mesin berkapasitas 1.498cc DOHC ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin sudah dipakai di City Hatchback RS

Sebaliknya mesin Honda Jazz memiliki kapasitas 1.498cc SOHC mampu menghasilkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Dari data itu terlihat ada kenaikan tenaga 1 PS, tetapi yang paling penting yaitu putaran tenaga dari mesin L15ZF sudah lebih cepat dirasakan karena berada di kisaran 4.300 rpm sementara mesin L15A di angka 4.600 rpm.

Artinya putaran bawah alias torsi mesin terbaru sekitar 300 rpm lebih responsif. Sangat cocok untuk keadaan stop and go di kemacetan.

Teknologi i-VTEC DOHC Buat Irit Bahan Bakar

Lebih irit 3 persen menurut klaim Honda

Dengan membenamkan teknologi i-VTEC DOHC pada mesin L15ZF ini, Honda mampu menaikkan kompresi dari sebelumnya 10,3 : 1 untuk mesin lawas Honda Jazz, menjadi 10,6 : 1. Nilai kompresi ini erat kaitannya dengan efisiensi suatu mesin.

Pasalnya semakin tinggi rasio kompresi suatu mesin, maka akan membuat ruang bakar semakin sempit yang mana campuran bahan bakar dan udara semakin mudah untuk dinyalakan di sekitar busi. Hal ini menghasilkan keiritan dalam pengunaan BBM.

Menurut klaim Honda, mesin ini mampu mencatatkan keiritan hingga 3 persen untuk dibandingkan mesin lawas. Angka yang terbilang sangat baik mengingat tenaga dan torsi tidak berkurang.

Baca Juga : Apakah ini Honda BR-V 2022 Berbasis N7X? Honda Siapkan Debut Globalnya Minggu Depan!

Sesuai Kebutuhan Konsumen Indonesia

Banyak yang masih pakai oktan dibawah minimum

Large Project Leader Honda City Hatchback Satoru Mizami sewaktu peluncuran mengatakan ada tiga hal yang membuat mesin ini cocok untuk pasar Indonesia. Pertama adalah dari kebutuhan konsumen, kedua dari kondisi lingkungan dan kecocokan implementasi mesin dan ketiga marketability.

Poin terbesar sebetulnya ada di nomor 2, karena sebagian besar pemilik Jazz, BR-V,dan Mobilio masih menggunakan bahan bakar dengan oktan dibawah standar pabrikan. Perlu mesin tangguh dan sudah teruji, maka dari itu Honda memutuskan untuk tetap menggunakan basis mesin dari Jazz lawas. 

Karena yang paling penting adalah realibility dari mesin itu sendiri, jangan sampai gejala mesin knocking hanya karena nilai RON tidak sesuai. Efeknya jika terus dibiarkan akan merusak mesin.

Hal ini juga menjadi penyebab mengapa mesin 1.000cc turbo milik City Hatchback di Thailand tidak dimasukkan ke Indonesia.

Spesifikasi Mesin Honda L15ZF
Tipe DOHC 16 valve i-VTEC
Isi silinder 1.498 cc
Diameter x Langkah 73 mm × 89.4 mm
Rasio kompresi 10.6:1
Daya maksimum 121 PS @ 6.600 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @ 4.300 rpm

Baca Juga : Honda BR-V 2022 Segera Meluncur, Lalu Bagaimana Nasib Honda Mobilio?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City Hatchback

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 272,00 Juta
Rp 5,54 Juta/bln

23.843 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya!

Hal-hal Tanggung di Honda BR-V Terbayar dengan Ini

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda City Hatchback
Lihat