Mengungkap Kesaktian Mesin Honda BR-V

Honda BR-V adalah salah satu ow SUV (LSUV) dengan mesin yang memiliki tenaga terbesar. Walau sama-sama 1.500 cc, tanpa turbo, seperti kebanyakan kompetitornya, namun BR-V tetap paling unggul soal performa.

Tradisi mesin Honda yang powerful seolah ada dalam jantung pacu BR-V. Mesin yang diusungnya memang berteknologi i-VTEC, sebuah temuan kebanggaan pabrikan berlogo H satu ini yang terbukti sakti dalam menghasilkan performa.

Honda membekali mesin untuk BR-V dengan unit berkapasitas bersih 1.497 cc. Cukup mengejutkan, kepala silinder BR-V belum menganut noken as ganda, masih berteknologi Single Over Head Camshaft alias SOHC.

Nah, kesaktian mesin BR-V utamanya ada pada teknologi i-VTEC. Teknologi ini sendiri merupakan hasil pengembangan dari VTEC yang lebih dahulu sukses dan terbukti sukses di berbagai mobil Honda.

Apa itu VTEC?

Dilansir dari berbagai sumber, VTEC merupakan sebuah teknologi pengaturan bukaan katup atau klep dengan mengandalkan dua buah profil pada noken. Fungsi utamanya adalah mengkail torsi yang besar di putaran mesin rendah, namun tidak serta merta menghilangkan tenaga yang besar pada putaran tinggi.

Dengan kata lain, teknologi kebanggaan Honda ini mampu membuat tenaga mesin keluar secara merata dengan sangat kuat sejak putaran rendah hingga atas.

Untuk i-VTEC, saat mobil melaju pada kecepatan lebih tinggi, angkatan klep juga akan semakin tinggi. Ketika membuka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Sebaliknya, bila mobil berjalan lambat, tinggi angkat katup menurun. Waktu membukanya lebih lambat dan waktu menutup lebih cepat.

Ditambah rasio kompresi di angka 10,3:1, BR-V mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS pada 6.600 Rpm dan torsi mencapai 145 Nm di putaran 4.600 Rpm.

Tenaga yang besar untuk ukuran sebuah LSUV itu berpadu sangat baik dengan transmisi otomatis berteknologi CVT. Perpindahan gigi diyakini bisa lebih presisi sekaligus halus.

Kesimpulan

Honda BR-V memang sangat impresif dari segi mesin. Mobil ini sangat cocok bagi konsumen yang membutuhkan LSUV untuk melintasi beragam kontur jalan, namun tak memalukan jika dibawa melesat di jalan bebas hambatan.

Sayangnya kesaktian mesin i-VTEC BR-V ini sudah tergolong lama tak dapat improvisasi. Sejak awal kemunculannya di Indonesia, New Honda BR-V belum pernah mendapat major change baik dari segi dapur pacu maupun eksterior. Mobil ini masih dalam generasi pertama.

Atau mungkin Honda merasa tak perlu memberi improvisasi karena mesin dan mobil ini sudah mencapai puncak kesuksesannya? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya a...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda BR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya!

Hal-hal Tanggung di Honda BR-V Terbayar dengan Ini

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda BR-V
Lihat