Beda Gak Sampai Rp2 Juta, Mending Pilih Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom?

Baru-baru ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penyegaran terhadap produknya yang bermain di segmen Low SUV 7-seater, yakni Suzuki XL7 Hybrid dan New Daihatsu Terios.

Sebagai varian flagshipnya, Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT dibandrol Rp304.900.000 sedangkan Daihatsu Terios R AT Custom diniagakan Rp303.250.000. Secara hitungan matematika, varian teratas XL7 Hybrid lebih mahal Rp1.650.000 OTR Jakarta dari Terios R AT Custom.  

Memiliki selisih harga baru tidak sampai Rp2 juta, pilih XL7 Hybrid atau New Terios?

Baca juga: Daftar Harga LSUV Penantang Daihatsu Terios 2023, Ada Suzuki XL7 Sampai DFSK Glory 560

Material Interior Suzuki XL7 Hybrid Lebih Nyaman Digunakan

Jok baris kedua Suzuki XL7 Hybrid

Bila dibandingkan dengan Terios, dari segi berkendara XL7 Hybrid lebih nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan Low SUV berlogo ‘S’ pabrikan Jepang tersebut memiliki bantingan lebih empuk serta material dan kekedapan kabin yang lebih baik.

Tak hanya itu, pada baris pertama dan kedua XL7 Hybrid juga dilengkapi arm rest di tengah. Untuk Terios R Custom, arm restnya hanya tersedia di baris pertama. Namun uniknya di balik arm rest tersebut terdapat wirless charger yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada gawai.

Bicara nuansa interior, XL7 Hybrid mendapat sentuhan aksen Black Wood Panel di area dashboard yang membuatnya terlihat premium. Berbeda dengan pesaingnya, Terios R Custom beberapa bagiannya dibungkus menggunakan meterial soft touch.

Adu Fitur Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom

Interior Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Untuk fitur, di bagian eksterior keduanya sama-sama mendapatkan teknologi LED pada lampu utamanya dengan DRL LED serta foglamp. Hanya saja pada XL7 Hybrid untuk sistem pencahayaannya dibekali pengaturan tinggi rendahnya lampu serta fitur Autolight with Guide Me Light.

Seperti diketahui, fitur ini dapat mengotomatisasi headlamp ketika berkendara dalam kondisi gelap, sekaligus memberikan fungsi lain berupa penerangan beberapa saat ketika pengendara akan keluar maupun masuk ke dalam kabin.

Keunggulan lain fitur ini dapat membaca kondisi cahaya sekitar dan secara otomatis mengaktifkan headlight jika sudah diperlukan. Selain itu sinar headlight juga dapat mati secara otomatis ketika kondisi sudah terang atau saat mesin dimatikan.

Selain electric mirror, pengaturan spion keduanya mendapatkan auto retractable mirror. Di bawah spion, Terios R Custom mendapatkan kamera 360 derajat yang dapat menampilkan kondisi sekitar mobil melalui sistem infotaimentnya.

Melihat bagian dalam, XL7 Hybrid Alpha dibekali head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan smartphone connection yang bisa dikendalikan melalui tombol pada setir. Melalui setir, kalian juga bisa melakukan penyetingan atau mengetahui informasi seputar mobil melalui layar yang ditampilkan pada MID.

Terbaru dari XL7 Hybrid Alpha, mobil ini disematkan fitur Smart E-Mirror yang kini telah menganut teknologi touchcreen. Dengan begitu saat melakukan pengaturan fitur yang ada didalamnya terasa lebih mudah.

Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera baik tengah dan di belakang. Spion pintar ini memiliki memori penyimpanan sebesar 16 GB yang bisa di-upgrade hingga 64 GB dengan kemampuan merekam aktivitas mobil baik pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung.

Dengan begitu fitur ini dapat memudahkan pengguna ketika ingin menangkap momen tak terduga dan menjadi bukti rekaman.

Baca juga: Bikin Iri, Suzuki XL7 Hybrid 2023 Indonesia Fiturnya Kalah Lengkap dari Versi India

Interior New Daihatsu Terios R Custom

Bagaimana dengan Terios R Custom? Tidak kalah menarik, mobil ini juga dibekali head unit layar sentuh yang dapat mendukung fitur smatphone connection. Hanya saja sistem hiburannya dari segi ukuran tipe teratas Terios lebih kecil 1 inci.

Pengaturan sistem hiburannya pun bisa dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi. Sama seperti XL7, untuk melakukan setingan serta informasi kendaran juga bisa dilakukan melalui tombol pada setir yang diteruskan ke MID.

Oh iya, untuk pengaturan AC keduanya menggunakan tombol dan knob putar meski memiliki tampilan digital. Selain itu juga terdapat AC double blower guna memberikan kenyamana kepada setiap penumpang.

Fitur Keselamatan Daihatsu Terios R Custom Lebih Komplit

Airbags Daihatsu Terios facelift 2023 pada pilar B

Mengenai fitur keselamatan, Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT dilengkapi dengan dual SRS airbag, ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur, dan cruise control. Untuk keamanannya terdapat keyless entry, immobiliser dan security alarm. 

Daihatsu Terios R Custom untuk fitur keselamatan mendapatkan 6 airbag, ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter.

Bukan cuma itu, mobil ini juga dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta Eco Idle yang dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Fitur keamananya berhasil disematkan keyless entry serta immobilizer dan alarm system yang dapat meminimalisir pengguna dari tindak pencurian.

Mesin Suzuki XL7 Hybrid Dilengkapi Teknolgi SHVS

Mesin K15B dengan SHVS

Suzuki XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC VVT yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk transmisinya menggunakan otomatis torque converter 4-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke roda depan (FWD).

Sekedar informasi, mesin XL7 kini dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien. SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin.

Perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start-stop yang bekerja untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan. Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

Terios R Custom AT, mobil ini dibekali mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i.

Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm yang kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD).

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan antara Suzuki XL7 Hybrid Aplha AT dengan New Daihatsu Terios R Custom AT, secara konklusi XL7 Hybrid lebih nyaman digunakan berkat material, peredam, fitur unggulan, serta penggerak roda depan yang digunakan.

Selain itu juga mobil ini lebih maju dan modern berkat adanya teknologi SHVS yang diklaim sanggup memberikan konsumsi BBM lebih irit dari pesaingnya.

Namun jika bicara keselamatan berkendara, New Daihatsu Terios R Custom AT lebih komplit. Telebih mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda belakang sehingga sangat cocok bagi kalian yang tinggal di daerah dengan kontur jalan menanjak dan berbatu.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur New Suzuki XL7 Hybrid di Varian Alpha, Beta dan Zeta

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Terios ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 263,00 Juta
Rp 5,36 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2022 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 201,00 Juta
Rp 4,10 Juta/bln

9.761 km

1,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2019 Daihatsu TERIOS R 1.5

Rp 211,00 Juta
Rp 4,30 Juta/bln

16.243 km

4 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 212,00 Juta
Rp 4,32 Juta/bln

12.286 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2021 Daihatsu TERIOS R 1.5

Rp 227,00 Juta
Rp 4,63 Juta/bln

10.438 km

2,5 tahun

Java East

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Nyari LMPV & LSUV Keluarga Paling Bertenaga Daihatsu Terios

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

Suzuki XL7 Facelift VS Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Menarik?

Jika melihat wujud Suzuki XL7 Facelift, khususnya tipe Beta dan Alpha, maka tak ada salahnya kita bandingkan dengan kompetitor, Mitsubishi Xpander Cross yang sama-sama mampu menampung tujuh orang penumpang. Maka dari itu, kali ini AutoFun akan mengulas Suzuki XL7 Facelift khususnya tipe Beta dan Alpha dengan Mitsubishi Xpander Cross yang sudah melakukan facelift tahun lalu. Baca juga: Ini Perbedaan Fitur New Suzuki XL7 Hybrid di Varian Alpha, Beta dan Zeta Desain Suzuki XL7 Facelift Karena XL7 i

Dihujat Akibat Kurang Bertenaga, Honda WR-V Ternyata Lebih Laris dari Toyota Raize

Honda WR-V yang datang sebagai pemain paling muda di kelas small SUV, punya tugas menantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Seperti halnya Avanza dengan Xenia atau Rush dan Terios, dua produk kolaborasi antara Daihatsu-Toyota itu juga menguasai segmen masing-masing. Baca juga: Penjualan Honda WR-V 2023 Langsung Kalahkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Kehadiran WR-V pun sempat mendapat sandungan, lantaran viralnya di media sosial tentang kemampuan akselerasi SUV terkecil Honda itu yang tidak se

Huayou Cobalt, Perusahaan China yang Siap Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Perusahaan asal China, Huayou Cobalt Co., Ltd akan melebarkan kuku bisnisnya di Indonesia dengan melakukan investasi Rp320,9 triliun. Rencana Huayou Cobalt Co.,Ltd tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Rabu (14/6/2023). "Selama lima tahun ini, investasi dari Huayou Cobalt Co., Ltd telah digelontorkan sebesar USD21,5 M atau sekitar Rp320,9 T untuk 9 proyek yang menyerap 52.000 tenaga kerja," ungkap Airlangga. Baca

Harga Suzuki XL7 Zeta Lebih Mahal Hampir Rp9 Jutaan, Fiturnya Kalah Dari Daihatsu Terios X ADS?

Suzuki baru saja merilis facelift untuk XL7, dimana low SUV itu mendapat penyegaran pada sisi penampilan dan fitur. Lantas apakah Suzuki XL7 Zeta bisa lebih baik dari Daihatsu Terios X ADS yang juga baru mendapat facelift? Baca juga: Ketahui Semua Varian Suzuki XL7, Mana yang Paling Pantas Kalian Pilih? FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki Menghitung Biaya Service Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Hingga 100.000 Km, Semahal Apa Komponen EV-nya? Agak disayangkan karena seba

Toyota Masih Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Mei 2023, Chery Mulai Naik

Toyota masih menjadi jawara merek mobil terlaris selama Mei 2023 dengan torehan wholesales atau penjualan pabrik ke dealer mencapai 28.178 unit. Catatan wholesales Toyota ternyata mengalami peningkatan sebanyak 31 persen dibandingkan April 2023 yang hanya terjual 21.518 unit. Demikian juga dengan catatan retail sales, dimana raksasa otomotif asal Jepang tersebut terjual 25.791 unit atau naik 6,9 persen dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat 24.134 unit. Baca juga: 30 Mobil Terlaris

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat