• Segmen Mobil Sport
  • Tipe bodi Coupe
  • Jenis penggerak -
  • Kapasitas mesin - L
  • Tenaga - PS
  • Tempat Duduk 4
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Subaru BRZ menghadirkan generasi terbarunya dengan berfokus menjadi mobil sport berbobot ringan dan kontrol yang baik. Sebelumnya, memang sempat ada kabar bahwa Subaru BRZ akan menggunakan platform TNGA, tetapi ternyata Subaru BRZ ini menggunakan sasis Subaru Global Platform yang juga bisa kita temukan pada Subaru Impreza generasi terbaru.

    Melihat penampilannya, Subaru BRZ kini memiliki desain yang tidak terlalu tegas lekukan bodinya dan terkesan lebih elegan, berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagi yang belum tahu, Subaru BRZ ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dan Subaru.

    Subaru BRZ generasi terbaru ini diketahui tidak dibekali dengan tubocharger. Pihak Subaru sendiri mengklaim bahwa hal ini ada kaitannya dengan handling, karena penggunaan turbocharger akan mempengaruhi titik berat mobil. Selain itu, jika Subaru BRZ ini dipasangi turbocharger, bobot mobil juga akan bertambah. Secara otomatis, hal ini akan mengurangi kemampuan akselerasinya.

  • Eksterior

    Desain Subaru BRZ

    Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, desain yang dimiliki Subaru BRZ generasi terbaru ini memiliki nuansa yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Desain Subaru BRZ tampak lebih elegan dan dinamis, tidak memiliki garis-garis yang tajam pada lekukan bodinya.

    Dimensi Subaru BRZ

    Subaru BRZ memiliki bodi yang ramping dan tampak dinamis. Sebagai sebuah mobil sport, Subaru BRZ memang didesain sedemikian rupa agar dimensinya memiliki sisi aerodinamika yang baik untuk meningkatkan kemampuan akselerasinya.

    Dimensi BMW X7
    P x L x T 4.234 mm x 1.775 mm x 1.321 mm
    Wheelbase 2.570 mm
    Jarak Pijak Depan 1.519 mm
    Jarak Pijak Belakang 1.539 mm
    Ground clearance 124 mm
  • Interior

    Interior Subaru BRZ

    Pihak Subaru mendeskripsikan interior generasi terbaru dari Subaru BRZ sebagai desain interior yang "pure", tetapi masih banyak konsumen yang beranggapan bahwa kesan maskulin dan gagah tidak bisa terhindarkan dari bagian interiornya. Subaru BRZ menekankan kenyamanan dan fungsionalitas pada bagian interior Subaru BRZ. Hal ini bisa terlihat dari penempatan fitur-fitur pada bagian dashboard. Desainnya terkesan minimalis dan modern, membuatnya semakin atraktif.

    Subaru BRZ menggunakan desain driver-oriented yang mengutamakan kemudahan pengemudi dalam mengendalikan mobil tersebut. Secara keseluruhan, memang tidak ada perubahan yang signifikan pada bagian interior Subaru BRZ dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

    Subaru BRZ sendiri akan dihadirkan dalam dua varian berbeda, yakni varian Limited dan tS. Di pasar Amerika sendiri, Subaru BRZ dibanderol dengan harga USD28,845 untuk varian limited dan USD31,495 untuk varian tS. Untuk kedua varian ini Subaru BRZ generasi terbaru menawarkan interior yang lebih terkesan sporty dengan penggunaan material Alcantara dan kulit dengan aksen warna merah pada kursi-kursinya, serta setir yang juga dibalut dengan material kulit.

  • Mesin dan Performa

    Performa Berkendara Subaru BRZ

    Subaru BRZ mengandalkan mesin berkode FB20 denan kapasitas 2,0 liter yang juga bisa kita temukan pada Subaru Impreza. Mesinnya ini dikawinkan dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan.

    Di atas kertas, mesin yang digendong SUbaru BRZ ini bisa menghasilkan tenaga yang cukup mumpuni. Tenaga yang dihasilkan mesin Subaru BRZ bisa mencapai 199 PS pada putaran mesin 7.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 151 lb-ft pada putaran mesin 6.400 hingga 6.600 rpm. Memang keluaran tenaganya tidak besar, tetapi sudah cukup untuk membawanya berakselerasi dengan baik.

    Kenyamanan Berkendara Subaru BRZ

    Di pasar otomotif, Subaru BRZ bersaing langsung dengan Porsche Cayman R, dan unggul dalam hal bobot. Subaru BRZ memang didesain agar memiliki bobot yang lebih ringan untuk memaksimalkan kemampuan akselerasinya.

    Berkat adanya Toyota-derived Cylinder Head dan Direct Injection, mesin yang digendong Subaru BRZ bisa memberikan performa yang lebih responsif dibandingkan dengan mesin boxer Subaru pada umumnya.

    Subaru BRZ bisa memberikan handling yang mantap, bahkan pada tikungan tajam sekalipun. Mobil ini juga sangat stabil meski digunakan dalam kecepatan tinggi berkat wheelbase-nya yang cukup panjang. Selain itu, varian transmisi otomatisnya menawarkan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan oleh pengemudinya. Ketiga mode berkendara tersebut antara lain Auto, Manual, dan Temporary Manual.

    Konsumsi Bahan Bakar Subaru BRZ

    Mengingat statusnya sebagai mobil sport, Subaru BRZ ini tentu diperkirakan akan memiliki konsumsi bahan bakar yang boros. Tetapi ternyata, tingkat efisiensi bahan bakar yang dimiliki Subaru BRZ ini tidak terlalu buruk.

    Untuk penggunaan di dalam kota dengan jarak 100 km, Subaru BRZ bisa menghabiskan bensin sebanyak 11,2 liter. Hal ini berarti Subaru BRZ bisa menempuh jarak sejauh 8,9 km dengan satu liter bensinnya.

    Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota dengan jarak 100 km, Subaru BRZ bisa menghabiskan bensin sebanyak 8,2 liter atau tingkat konsumsi bahan bakar yang setara dengan 12,1 km per liter.

  • Kesimpulan

    Subaru BRZ merupakan model mobil sport yang bisa menjadi pilihan tepat bagi para konsumen yang ini menjajal pengalaman berkendara dengan mobil sport. Bukan hanya memiliki desain yang atraktif dan fitur yang lengkap, Subaru BRZ ini juga dibekali dengan kemampuan handling yang mantap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
VS